Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sebagai acuan dalam kegiatan belajar mengajar, untuk lebih memudahkan dalam menyusun RPP maka saya membuat sebaran SK dan KD yang dapat dilihat setiap kita akan mengajar.
SEBARAN SK DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMT GANJILTH20……-20…..
Bismillahirrohmanirrohiim
PERT
|
HARI/TGL
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1
|
|
1. mendengarkan
(memahami wacana
lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1. menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
- menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
dalam wacana (menunjukkan pokok berita)
|
2
|
|
|
1.2. – menuliskan
kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
3
|
|
2. berbicara
( mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman)
|
2.1.1 menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat yang
efektif)
- daftar pengalaman peserta didik
|
4
|
|
|
2.1.2. – cara
menyampaikan cerita
- bercerita
|
5
|
|
|
2.2.1.
menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan
kalimat-kalimat yang lugas
- pokok-pokok pngumuman
|
6
|
|
|
2.2.2. - cara menyampaikan pengumuman
|
7
|
|
|
2.2.3. – menyampaikan pengumuman
|
8
|
|
Ulangan
|
|
9
|
|
3. membaca ( memahami ragam teks nonsastra
dengan berbagai cara membaca)
|
3.1 menemukan makna kata tertentu dalam kamus
secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan
membaca memindai
- pengertian membaca memindai
- menemukan makna kata dalam kamus
|
10
|
|
|
3.2 menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
cepat 200 kata per menit
- cara membuat kesimpulan
|
11
|
|
|
3.3.1. membacakan berbagai teks perangkat upacara
dengan intonasi yang tepat
- pengertian teks upacara
- macam-macam teks upacara
|
12
|
|
|
3.3.2. – membaca teks UUD 1945
|
13
|
|
|
3.3.2. – membaca teks Pancasila
|
14
|
|
4. mengungkapkan
pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1.1. menulis buku harian atau pengalaman pribadi
dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
- pengertian buku harian
|
15
|
|
|
4.1.2. – menulis buku harian
|
16
|
|
|
4.2.1. menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
- langkah-langkah menulis surat pribadi
|
17
|
|
|
4.2.2. -
menulis surat pribadi
|
18
|
|
|
4.3.1. menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik, dan benar
- pengertian teks pengumuman
- cara menulis teks pengumuman
|
19
|
|
|
4.3.2. -
menulis teks pengumuman
|
20
|
|
Ulangan
|
|
21
|
|
5. mendengarkan
( mengapresiasi
pementasan dongeng yang diperdengarkan)
|
5.1. menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
- pengertian dongeng
- hal yang menarik dalam dongeng
|
22
|
|
|
5.2. menunjukkan
relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
23
|
|
6. berbicara
( mengekspresikan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita)
|
6.1.1. bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang
tepat
- pengertian cerita
- pengertian
lafal, intonasi, gesture,mimik dalam cerita
|
24
|
|
|
6.1.2. -
contoh kata/ kalimat dengan lafal, intonasi, gesture,mimik
|
25
|
|
|
6.1.3. -
bercerita dengan lafal, intonasi, gesture,mimik
|
26
|
|
|
6.2.1. bercerita
dengan alat peraga
- pengertian alat peraga bercerita
- macam-macam alat peraga
|
27
|
|
|
6.2.2. -
bercerita dengan alat peraga
|
28
|
|
Ulangan
|
|
29
|
|
7. memahami isi berbagai teks bacaan sastra
dengan membaca
|
7.1.1.
menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
- macam-macam cerita/ dongeng
- pengertian cerita anak
|
30
|
|
|
7.1.2. – tema
untuk cerita anak
- membaca cerita anak
|
31
|
|
|
7.1.3. menceritakan kembali cerita yang sudah
dibaca
|
32
|
|
|
7.2.1 mengomentari buku cerita yang dibaca
- pengertian komentar
- cara memberi komentar
|
33
|
|
|
7.2.2 - mengomentari cerita
|
34
|
|
8. mengekspresikan pikiran, perasaan, dan
pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1. menulis
pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
- pengertian pantun
- syarat pantun
- menulis pantun
|
35
|
|
|
8.2.1. menulis kembali dengan bahasa sendiri
dongeng yang pernah dibaca atau didengar
- pengertian menulis
- mengembangkan dongeng yang
didengar/dibaca
dengan bahasa sendiri
|
36
|
|
Ulangan
|
|
SEBARAN SK DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMT GENAP TH20……-20…..
Bismillahirrohmanirrohiim
PERT
|
HARI/TGL
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1
|
|
9. Mendengarkan
( Mampu memahami
wacana lisan melalui kegiatan wawancara)
|
9.1.1 Mampu
menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/ narasumber yang
disampaikan dalam wawancara.
- pengertian wawancara dan narasumber
|
2
|
|
|
9.1.2. – menyimpulkan pendapat narasumber
|
3
|
|
|
9.2.1. mampu menuliskan dengan singkat hal-hal
penting yang dikemukakan narasumbet dalam wawancara
- cara menuliskan hal-hal penting dari
informasi yang didengar
|
4
|
|
|
9.2.2. – menulis informasi yang didengar dari
narasumber
|
5
|
|
10. berbicara
( mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan
menanggapi cerita dan telepon.)
|
10.1.1. mampu
menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan
alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
- pengertian tokoh idola
- daftar tokoh idola siswa
|
6
|
|
|
10.1.2. - menuliskan tokoh idola
- alasan mengidoakan tokoh
- menuliskan data tokoh idola dan perjalanan
kehidupannya
|
7
|
|
|
10.1.3. -
menceritakan tokoh idola
|
8
|
|
|
10.2.1. mampu bertelepon dengan kalimat yang
efektif dan bahasa yang santun
- pengertian
kalimat efektif dan bahasa santun
- cara bertelepon
|
9
|
|
|
10.2.2. - bertelepon dengan teman di kelas
|
10
|
|
Ulangan
|
|
11
|
|
11. memahami wacana tulis melalui kegiatan
membaca intensif dan membaca memindai
|
11.1.1 mampu mengungkapkan hal-hal yang dapat
diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
- pengertian buku biografi dan otobiografi
|
12
|
|
|
11.1.2. -
mengungkapkan hal-hal yang diteladani dari buku biografi
|
13
|
|
|
11.2. mampu menemukan gagasan utama dalam teks
- pengertian gagasan utama
- menemukan gagasan utama
|
14
|
|
|
11.3. mampu menemukan informasi secara ceat dari
tabel diagram
- pengertian tabel/ diagram
|
15
|
|
12. mengungkapkan berbagai informasi dalam
bentuk narasi dan pesan singkat
|
12.1.1 mengubah teks wawancara menjadi narasi
dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
- pengertian narasi
- pengertian
kalimat langsung dan tak langsung
|
16
|
|
|
12.1.2. - mengubah teks wawancara menjadi narasi ( dengan
contoh)
|
17
|
|
|
12.2.1. menulis pesan singkat sesuai isi dengan
menggunakan kalimat efektif dan bahasa
yang santun
- pengertian pesan singkat/memo
|
18
|
|
|
12.2.2. – menulis pesan singkat/memo
|
19
|
|
Ulangan
|
|
20
|
|
13. memahami pembacaan puisi
|
13.1 menanggapi cara pembacaan puisi
- pengertian puisi
- macam puisi
- menanggapi pembacaan puisi
|
21
|
|
|
13.2.1. merefleksikan puisi yang dibacakan
- syarat puisi
- membaca puisi
|
22
|
|
|
13.2.2. merefleksikan puisi
- menanggapi isi puisi
|
23
|
|
14. mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan
cerpen
|
14.1.1. menanggapi cara pembacaan cerpen
- pengertian cerpen
- macam cerpen
|
24
|
|
|
14.1.2. - mendengarkan pembacaan cerpen
- menanggapi isi cerpen (unsur intrinsik)
|
25
|
|
|
14.2.1. menjelaskan hubungan latar suatu cerpen
dengan realitas siswa
- pengertian latar cerpen
- menemukan latar cerpen
|
26
|
|
|
14.2.2. – hubungan
latar cerpen dengan keadaan siswa
|
27
|
|
Ulangan
|
|
28
|
|
15. memahami wacana sastra melalui kegiatan
membaca puisi dan buku cerita anak
|
15.1.1. membaca
indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang
sesuai dengan isi puisi
- pengertian puisi
- pengertian irama, volume dan kinesik
|
29
|
|
|
15.1.2. - macam puisi
- memahami puisi
|
30
|
|
|
15.1.3. -
membaca puisi
|
31
|
|
|
15.2.1. menemukan realitas kehidupan anak yang
terefleksi dalam buku cerita anak, baik asli maupun terjemahan
- identifikasi peristiwa dalam cerita anak
|
32
|
|
|
15.2.2. – mencari hubungan peristiwa dalam cerita
dengan realitas siswa
|
33
|
|
|
15.2.3. - menulis cerita sesuai peristiwa yang
dialami dengan menggunakan kata baku
- pengertian kata baku dan tidak baku
|
34
|
|
16. mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman
melalui kegiatan menulis kreatif puisi
|
16.1.1. menulis kreatif puisi berkenaan dengan
keindahan alam
- pengertian menulis kreatif
- ciri-ciri anak kreatif
|
35
|
|
|
16.1.2. -
syarat puisi
- menulis puisi tema keindahan alam
|
36
|
|
|
16.2.1. menulis kreatif berkenaan dengan peristiwa
yang pernah dialami
- menulis puisi dengan tema pilihan siswa
|
37
|
|
Ulangan
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.