STANDAR KOMPETENSI GURU
Mata Pelajaran/ Bidang Studi Bahasa Indonesia pada Madrasah
Standar Kompetensi
|
Indikator
|
1. Memiliki kemampuan untuk
menjelaskan karakteristik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMU
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan tujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMU
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan fungsi tema dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
memilih tema sesai dengan situasi dan konteks
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menerapkan fungsi tema sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan
berbahasa
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menerapkan pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang sedang digunakan
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
mengaitkan komponen pembelajaran pemahaman, penggunaan, dan kebahasaan dalam
kegiatan belajar mengajar
|
2. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan berbagai jenis pembelajaran
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyimak dangkal
untuk mengetahui isi simakan
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyimak kritis untuk
menganalisis informasi
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyimak kreatif dan
aspiratif untuk melanjutkan isi simakan
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyimak intensif
untuk mengetahui isi simakan dan mendiskusikannya.
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyimak secara partisipatif
dan interaktif
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyimak untuk
merespon informasi
|
3. Memiliki kemampuan untuk
menggunakan berbagai metode dan dan bahan ajar pembelajaran menyimak
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan berbagai metode dalam pembelajaran menyimak
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran menyimak
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
memilih dan menentukan bahan ajar simakan yang tepat sesuai dengan materi
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menggunakan bahan ajar simakan yang tepat dan sesuai dengan materi
|
4. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan penilaian pembelajaran menyimak
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan aspek-aspek yang dinilai dalam pembelajaran menyimak
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian terhadap proses belajar menyimak
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian terhadap hasil pembelajaran menyimak
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
memanfaatkan/ menindaklanjuti hasil penilaian pembelajaran menyimak
|
5. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan pembelajaran berbicara
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan materi, contoh, dan menerapkan kegiatan menceritakan
pengalaman yang mengesankan dan tidak mengesankan
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan memberikan tanggapan
terhadap isi berita
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan mendeskripsikan
keindahan suasana alam
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan memperkenalkan diri
sendiri dan riwayat hidup pembicara dalam seminar
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyampaikan pesan/
informasi dari isi buku, majalah, dan surat kabar
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan mendiskusikan karangan,
pendapat orang lain atau laporan pengamatan
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan mengkritik atau
memberikan pujian dengan memberi alasan
<![if !supportLists]>8. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyatakan
persetujuan dan ketidaksetujuan dengan alasan
<![if !supportLists]>9. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyanggah/ menolak
usul dan mempertahankan pendapat dengan alasan
<![if !supportLists]>10. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyimpulkan
informasi dari berbagai media yang di dalamnya terdapat pola hubungan sebab-
akibat dan umum-khusus dalam beberapa kalimat
<![if !supportLists]>11. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan Mampu menjelaskan,
memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan berpidato
<![if !supportLists]>12. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan memerankan berbagai emosi tokoh dalam
drama
<![if !supportLists]>13. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan berwawancara dalam
gelar wicara
<![if !supportLists]>14. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan melaporkan hasil penelitian
<![if !supportLists]>15. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan mendiskusikan karya
tulis, laporan penelitian atau nilai-nilai dalam karya satra
|
6. Memiliki kemampuan untuk
menggunakan berbagai metode dan bahan
ajar pembelajaran berbicara
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan berbagai metode dalam pembelajaran berbicara
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran berbicara
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
memilih dan menentukan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran berbicara
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menggunakan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran berbicara
|
7. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan penilaian pembelajaran berbicara
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan aspek-aspek yang dinilai dalam pembelajaran yang dinilai dalam
pembelajaran berbicara
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian terhadap proses pembelajaran pembicara
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian terhadap hasil pembelajaran berbicara
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
memanfaatkan/menindaklanjuti hasil penilaian pembelajaran berbicara
|
8. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan berbagai jenis pembelajaran membaca
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan pembelajaran membaca puisi
dan naskah berita secara nyaring
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan pembelajaran membaca ekstensif dari berbagai jenis dan bentuk
laporan
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan pembelajaran membaca memindai (kamus atau sumber lain)
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan pembelajaran membaca ekstensif berbagai teks dan menemukan pola
pengembangannya
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan pembelajaran membaca intensif berbagai laporan, teks berisi tabel
atau grafik, artikel, atau tajuk rencana
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan pembelajaran membaca ekstensif esai sosial budaya dan bacaan yang
mengandung alasan, uraian, atau contoh
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan pembelajaran membaca cepat untuk mencari gagasan utama dari
berbagai jenis dan bentuk teks
|
9. Memiliki kemampuan untuk
menggunakan berbagai metode dan bahan ajar pembelajaran membaca
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan berbagai metode dalam pembelajaran membaca
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menggunakan metode bervariasi dalam pembelajaran membaca
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
memilih dan menentukan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran membaca
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menggunakan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran membaca
|
10. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan penilaian pembelajaran membaca
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan aspek-aspek yang dinilai dalam pembelajaran membaca
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian proses pembelajaran
membaca
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian hasil pembelajaran membaca
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
memanfaatkan/menindaklanjuti penilaian proses dan hasil pembelajaran membaca
|
11. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan berbagai jenis pembelajaran menulis
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis paragraf
narasi
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis paragraf
deskripsi
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis paragraf
eksposisi
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis paragraf
argumentasi
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis intisari
bacaan
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis resensi
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan /menyusun dialog atau
percakapan
<![if !supportLists]>8. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis teks bukan
narasi
<![if !supportLists]>9. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyusun kamus kecil
<![if !supportLists]>10. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis komposisi
<![if !supportLists]>11. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis berbagai
laporan
<![if !supportLists]>12. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menulis kritik dan
esai
<![if !supportLists]>13. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menyusun karya tulis
<![if !supportLists]>14. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menarik kesimpulan
berdasarkan premis
<![if !supportLists]>15. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menggunakan, dan menulis catatan kaki
dalam karya tulis
|
12. Memiliki kemampuan untuk
menggunakan berbagai metode dan bahan ajar pembelajaran menulis
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan berbagai metode dalam pembelajaran menulis
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran menulis
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
memilih dan menentukan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran menulis
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menggunakan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran menulis
|
13. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan penilaian pembelajaran menulis
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Menjelaskan
aspek-aspek yang dinilai dalam pembelajaran menulis
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian proses pembelajaran menulis
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian hasil pembelajaran menulis
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
memanfaatkan/ menindaklanjuti hasil penilaian hasil dan proses pembelajaran
menulis
|
14. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan pembelajaran menggunakan
EYD
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan melafalkan kata
sesuai dengan maknanya
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan sinonim
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan antonim
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kata
berpolisemi
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan idiom
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan peribahasa
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan majas
|
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan istilah
dan mencari arti kata sulit
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kata yang
bermakna peyoratif daan amelioratif
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kata yang
bermakna leksikal dan gramatikal
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
mendeskripsikan perkembangan kosa kata baru
|
15. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan berbagai hubungan
makna antar kata dan jenis makna
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan sinonim
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan homonim
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan antonim
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kata berpolisemi
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan idiom
<![if !supportLists]>6. <![endif]> Mampu menjelaskan, memberikan contoh, dan
menerapkan kegiatan menggunakan
peribahasa
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan majas
|
16. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan pembelajaran menggunakan
berbagai pilihan (kata) diksi
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan istilah
dan mencari arti kata sulit
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kata yang
bermakna peyoratif daan amelioratif
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kata yang
bermakna leksikal dan gramatikal
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
mendeskripsikan perkembangan kosa kata baru
|
17. Memiliki kemampuan untuk
melaksanakan pembelajaran menggunakan berbagai bentuk kata
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan variasi
bentuk imbuhan Bahasa Indonesia
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan berbagai
makna imbuhan Bahasa Indonesia
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan berbagai
imbuhan asing
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan imbuhan dengan partikel
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kata
ulang
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
mengenali kesalahan struktur pembentukan kata dan memperbaikinya
|
18. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran berbagai pembentukan frase
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kaidah perluasan frase
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kaidah pembentukan frase
dengan atribut berimbuhan
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
mengenali kesalahan struktur frase dan mampu memperbaikinya
|
19. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan berbagai kaidah
pembentukan kalimat
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kalimat
sapaan
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kalimat
aktif dan pasif
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kalimat
tunggal dan majemuk
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kalimat minor dan mayor
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kalimat majemuk setara
koordinatif dan subordinatif
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kalimat korelatif
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan kegiatan menggunakan kalimat positif dan negative
<![if !supportLists]>8. <![endif]>Mampu
mengenali dan memperbaiki kalimat yang ambigu
<![if !supportLists]>9. <![endif]>Mampu
mengenali kesalahan struktur kalimat dan memperbaikinya
<![if !supportLists]>10. <![endif]>Mampu
mengenali kesalahan bagian wacana dan penanda hubungan antar bagian wacana
|
20. Memiliki kemampuan untuk
menggunakan berbagai metode dan bahan ajar pembelajaran kebahasaan
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan berbagai metode dalam pembelajaran kebahasaan
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menggunakan bahan ajar kebahasaan yang sesuai
|
21. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran mengapresiasi
karya sastra
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan berbagai metode dalam pembelajaran kebahasaan
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian terhadap proses pembelajaran kebahasaan
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian terhadap hasil belajar pembelajaran kebahasaan
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
memanfaatkan penilaian hasil belajar pembelajaran kebahasaan
|
22. Memiliki kemampuan untuk
menggunakan berbagai metode dan bahan ajar pembelajaran sastra
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran menentukan tema karya sastra (puisi, prosa,
drama)
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran menelaah penokohan dalam prosa dan drama
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran menentukan latar/setting dalam prosa atau
drama (termasuk hikayah)
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran menentukan alur karya sastra
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran menentukan amanat/ nilai-nilai dalam karya
sastra (termasuk sastra Melayu)
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran membandingkan karya sastra lama dengan
modern
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran membandingkan nilai-nilai budaya dalam
karya sastra Indonesia dan asing
<![if !supportLists]>8. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran melisankan/ memerankan tokoh-tokoh dalam
drama
<![if !supportLists]>9. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran mengungkapkan irama, rima, larik, bait, dan
gaya bahasa dalam puisi
<![if !supportLists]>10. <![endif]>Mampu
menjelaskan, memberikan contoh, dan menerapkan pembelajaran melisankan puisi dan cerpen
|
23. Memiliki kemampuan untuk
menggunakan berbagai metode dan bahan ajar pembelajaran sastra
|
<![if !supportLists]>1. <![endif]>Menjelaskan
berbagai jenis metode dalam pembelajaran sastra
<![if !supportLists]>2. <![endif]>Mampu
menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran sastra
<![if !supportLists]>3. <![endif]>Mampu
meilih dan menentukan bahan ajar yang sesuai dan tepat dalam pembelajaran
sastra
<![if !supportLists]>4. <![endif]>Mampu
menggunakan bahan yang sesuai dan tepat dalam pembelajaran sastra
<![if !supportLists]>5. <![endif]>Mampu
memanfaatkan/menindaklanjuti penilaian hasil dan proses pembelajaran sastra
<![if !supportLists]>6. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian hasil pembelajaran sastra
<![if !supportLists]>7. <![endif]>Mampu
melaksanakan penilaian proses pembelajaran sastra
|
Sumber: Depag RI.2004. Standar Kompetensi Guru Pendidikan
Agama Islam pada Sekolah Umum dan Madrasah. Depag RI Dirjen Kelembagaan agama
Islam. Hal. 35
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.