Senin, 05 Oktober 2015

40 istilah batuan dan fosil

DAFTAR ISTILAH BATUAN DAN FOSIL

No

Istilah

Uraian

1.

Asteroid

Benda ruang angkasa yang bergerigi dan keras. Sebagian besar ditemukan mengorbit Matahari, di antara Mars dan Jupiter, di seluruh area yang disebut sabuk asteroid. Beberapa asteroid lebarnya ada yang hampir 1.000 kilometer.

2.

Bahan bakar fosil

Minyak, gas alam, dan batu bara. Semuanya itu disebut bahan bakar fosil karena tersusun dari sisa-sisa binatang atau tumbuhan serta organisme lain yang membusuk.

3.

Batu bata

Suatu bahan bakar fosil menyerupai batu hitam yang keras. Batau bata adalah sisa-sisa tanaman rawa yang terfosilisasi yang hidup 300 tahun lalu pada periode karbon.

4.

Batu kapur

Suatu batuan endapan yang tersusun sebagian besar dari mineral. Batu kapur terbentuk dari sisa-sisa binatang laut seperti kerang purba.

5.

Batu paras

Suatu batu endapan yang terutama  tersusun atas butiran mineral dan batuan seukuran pasir. Butiran ini secara alamiah menyatu.

6.

Batuan beku

Batuan yang terbentuk dari magma yang mencapai permukaan Bumi dan menjadi dingin

7.

Batuan ekstrusif

Batuan beku yang terbentuk dari lava yang meletus dari gunung berapi atau terdorong keluar melalui rekahan di permukaan Bumi. Lava mendingin dan mengeras membentuk batuan vulkanik.

8.

Batuan intrusif

Batuan beku seperti granit. Bata ini terbentuk dari magma yang menjadi dingin di bawah permukaan Bumi.

9.

Batuan malihan

Batuan yang telah berubah dari satu jenis batuan ke batuan yang lain. Sebagian batuan malihan  terbentuk karena panas dan tekanan tinggi jauh di dalam Bumi. Untuk mengingat proses ini pikirkan kata ‘malih’ yang berarti’berubah’.

10.

Batuan  sedimen

Batuan yang terbentuk dari lapisan endapan. Setelah bertahun-tahun, tekanan dari lapisan di atasnya dan panas yang rendah memadatkan endapan sampai membentuk batuan baru.

11.

Bijih

Suatu batuan dan mineral yang mengandung logam yang dapat diekstrak (dipisahkan). Bijih ditambang untuk diambil logam yang dikandungnya.

12.

Daratan benua

Daratan yang luas tempat kita hidup di atasnya, seperti Amerika Utara dan Eropa.

13.

Erosi

Proses material (seperti pecahan batuan) terbawa oleh gerakan angin, air, atau es.

14.

Gempa bumi

Getaran sangat keras di tanah. Ini disebabkan oleh retaknya batuan dan rekahan jauh di dalam tanah. Ini terjadi ketika batuan mendapatkan tekanan akibat gerakan lempeng tektonik Bumi.

15.

Geologi

Ilmu yang mempelajari bumi, bagaimana terbentuknya dan bagaimana berevolusi.

16.

Granit

Batuan beku intrusif yang tersusun dari mineral, kuarsa, feldspar, dan mika. Banyak monumen modern terbesar dari granit.

17.

Gunung berapi

Suatu lubang di kerak bumi yang dilewati gas, abu, dan magma ketika keluar dari mantel. Letusan gunung berapi dapat menyebabkan terbentuknya gunung dari lava yang telah dingin dan mengeras.

18.

Iklim

Cuaca rata-rata di suatu wilayah selama periode waktu yang lama.

19.

Kerak

Lapisan terluar Bumi. Kerak tebalnya kita-kira 40 kilometer di bawah dataran benua dan tujuh kilometer di bawah lautan.

20.

Kilang

Suatu tempat untuk memproses minyak atau logam. Kilang minyak mengubah minyak mentah menjadi produk yang berguna seperti minyak dan plastik.

21.

Kristal

Mineral padat yang molekulnya membentuk pola, yang menciptakan bentuk teratur dengan sudut dan permukaan rata. Berlian amethis dan kuarsa semuanya adalah Kristal.

22.

Lava

Material meleleh yang terdiri dari batu, gas, dan serpihan-serpihan lain yang berasal dari letusan gunung berapi. Sebelum lava mencapai permukaan, material ini dikenal dengan magma.

23.

Lempeng tektonik

Potongan besar litosfer Bumi yang menyerupai jigsaw. Lempeng ini mengapung di mantel Bumi dan bergerak secara terus-menerus dengan sangat lambat.

24.

Litosfer

Lapisan terluar Bumi yang keras, yang tersusun dari kerak dan bagian terluar mantel. Rata-rata litosfer dalamnya sekitar 100 kilometer. Kata litosfer berasal dari kata Yunani ’lithos’ yang berarti batu.

25.

Magma

Campuran batuan cair yang berpijar yang terdapat di dalam mantel Bumi dan inti terluar. Panas dan tekanan di dalam Bumi tetap berada  dalam keadaan semi cair. Ketika magma berhasil keluar ke permukaan planet, ini disebut lava.

26.

Mantel

Lapisan tengah Bumi. Mantel memiliki ketebalan rata-rata 2.900 kilometer.

27.

Marmer

Suatu batuan malihan keras  yang dapat dipoles. Ini sering digunakan untuk memahat atau sebagai material bangunan.

28.

Mikroba

Makhluk hidup yang sangat kecil sehingga  hanya dapat dilihat dengan mikroskop, seperti bakteri.

29.

Mineral

Zat padat, biasanya anorganik (tidak hidup) yang terdapat secara alamiah di Bumi, emas, tembaga, besi dan halite (garam meja) semuanya adalah mineral.

30.

Nitrat

Sekelompok garam kimia yang mengandung nitrogen. Nitrat terdapat secara alamiah dan sangat  penting untuk pertumbuhan tanaman.

31.

Patahan

Suatu rekahan di kerak bumi.

32.

Pegunungan lipatan

Pegunungan yang terbentuk ketika lempeng tektonik saling mendorong, terlipat dan naik. Pegunungan terdorong pada lipatan ke atas, dan lembah terbentuk pada lipatan ke bawah. Rantai pegunungan Andes dan jajaran pegunungan Himalaya keduanya adalah contoh pegunungan lipatan.

33.

Pegunungan patahan

Pegunungan yang terbentuk sebagai akibat rekahan di permukaan Bumi sepanjang suatu garis patahan. Lapisan  batuan di salah satu sisi patahan dapat terdorong ke atas membentuk gunung.

34.

Pelapukan

Pecahnya batuan secara berangsur-angsur. Seiring waktu, angin, air, dan faktor permukaan lainnya mengikis permukaan batuan sampai batu itu hancur.

35.

Pluton

Suatu bongkahan besar batu yang dihasilkan ketika magma mengeras di bawah tanah.

36.

Poros

Suatu material yang  memiliki ruangan sangat kecil sangat kecil untuk dilewati udara atau air.

37.

Reservoir

Suatu tempat terkumpul dan tersimpannya cairan. Magma yang mencair terkumpul dalam reservoir alamiah, atau dapur magma, yang ada di dalam tanah. Orang membangun reservoir, seperti danau, untuk mengumpulkan air.

38.

Sedimen atau endapan

Butiran material batuan dan pasir.

39.

Silt

Lumpur atau kotoran yang sangat kecil di kolam, danau, dan sungai. Silt adalah jenis endapan.

40.

Trinite

Batu malihan yang berkilau berwarna hijau yang terbentuk dari panas tinggi dan tekanan uji atom di  gurun Muerro, AS, tahun 1945

 

Selamat belajar………………. Sukses yaaaa!

 

Sumber: Pipe,Jim. Batuan dan Fosil. Gramedia: Media Elex Komputindo.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.