Selasa, 03 Maret 2015

SEBARAN SK DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 7 s


Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sebagai  acuan dalam kegiatan belajar mengajar, untuk lebih memudahkan dalam menyusun RPP maka saya membuat sebaran SK dan KD yang dapat dilihat setiap kita akan mengajar.

SEBARAN SK DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMT GANJILTH20……-20…..
Bismillahirrohmanirrohiim
PERT
HARI/TGL
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1

1. mendengarkan
(memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1. menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
-  menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan dalam wacana (menunjukkan pokok berita)
2


1.2. – menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
3

2. berbicara
( mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman)
2.1.1 menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat yang efektif)
-  daftar pengalaman peserta didik
4


2.1.2. – cara menyampaikan cerita
-  bercerita
5


2.2.1. menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas
-  pokok-pokok pngumuman
6


2.2.2.  - cara menyampaikan pengumuman
7


2.2.3.  – menyampaikan pengumuman
8

Ulangan

9

3.  membaca ( memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca)
3.1  menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
-  pengertian membaca memindai
-  menemukan makna kata dalam kamus
10


3.2  menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
-  cara membuat kesimpulan
11


3.3.1.  membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
-  pengertian teks upacara
-  macam-macam teks upacara
12


3.3.2.  – membaca teks UUD 1945
13


3.3.2.  – membaca teks Pancasila
14

4. mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1.1.  menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
-  pengertian buku harian
15


4.1.2.  – menulis buku harian
16


4.2.1. menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
-  langkah-langkah menulis surat pribadi
17


4.2.2.  -  menulis surat pribadi
18


4.3.1.  menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
-  pengertian teks pengumuman
-  cara menulis teks pengumuman
19


4.3.2.  -  menulis teks pengumuman
20

Ulangan

21

5. mendengarkan
( mengapresiasi pementasan dongeng yang diperdengarkan)
5.1.  menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
-  pengertian dongeng
-  hal yang menarik dalam dongeng
22



5.2. menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
23

6.  berbicara
( mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita)
6.1.1. bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat
-  pengertian cerita
- pengertian lafal, intonasi, gesture,mimik dalam cerita
24


6.1.2.  -  contoh kata/ kalimat dengan lafal, intonasi, gesture,mimik
25


6.1.3.  -  bercerita dengan lafal, intonasi, gesture,mimik
26


6.2.1. bercerita dengan alat peraga
-  pengertian alat peraga bercerita
-  macam-macam alat peraga
27


6.2.2.  -  bercerita dengan alat peraga
28

Ulangan

29

7.  memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1.1. menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
-  macam-macam cerita/ dongeng
-  pengertian cerita anak
30


7.1.2.  – tema  untuk cerita anak
-  membaca cerita anak
31


7.1.3.  menceritakan kembali cerita yang sudah dibaca
32


7.2.1  mengomentari buku cerita yang dibaca
-  pengertian komentar
-  cara memberi komentar
33


7.2.2 -  mengomentari cerita
34

8.  mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1. menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
-  pengertian pantun
-  syarat pantun
-  menulis pantun
35


8.2.1.  menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
-  pengertian menulis
-  mengembangkan dongeng yang
didengar/dibaca dengan bahasa sendiri
36

Ulangan











SEBARAN SK DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMT GENAP TH20……-20…..
Bismillahirrohmanirrohiim
PERT
HARI/TGL
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1

9.  Mendengarkan
( Mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara)
9.1.1 Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/ narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
-  pengertian wawancara dan narasumber
2


9.1.2.  – menyimpulkan pendapat narasumber
3


9.2.1.  mampu menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumbet dalam wawancara
-  cara menuliskan hal-hal penting dari informasi yang didengar
4


9.2.2.  – menulis informasi yang didengar dari narasumber
5

10.  berbicara
( mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon.)
10.1.1. mampu menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
-  pengertian tokoh idola
-  daftar tokoh idola siswa
6


10.1.2. -  menuliskan tokoh idola
-  alasan mengidoakan tokoh
-  menuliskan data tokoh idola dan perjalanan kehidupannya
7


10.1.3.  -  menceritakan tokoh idola
8


10.2.1.  mampu bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
- pengertian kalimat efektif dan bahasa santun
-  cara bertelepon
9


10.2.2. -  bertelepon dengan teman di kelas
10

Ulangan

11

11.  memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
11.1.1  mampu mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
-  pengertian buku biografi dan otobiografi
12


11.1.2.  -  mengungkapkan hal-hal yang diteladani dari buku biografi
13


11.2.  mampu menemukan gagasan utama dalam teks
-  pengertian gagasan utama
-  menemukan gagasan utama
14


11.3.  mampu menemukan informasi secara ceat dari tabel diagram
-  pengertian tabel/ diagram
15

12.  mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
12.1.1  mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
-   pengertian narasi
- pengertian kalimat langsung dan tak langsung
16


12.1.2. -  mengubah teks wawancara menjadi narasi ( dengan contoh)
17


12.2.1.  menulis pesan singkat sesuai isi dengan menggunakan  kalimat efektif dan bahasa yang santun
-  pengertian pesan singkat/memo
18


12.2.2.  – menulis pesan singkat/memo
19

Ulangan

20

13.  memahami pembacaan puisi
13.1  menanggapi cara pembacaan puisi
-  pengertian puisi
-  macam puisi
-  menanggapi pembacaan puisi
21


13.2.1.  merefleksikan puisi yang dibacakan
-  syarat puisi
-  membaca puisi
22


13.2.2.  merefleksikan puisi
-  menanggapi isi puisi
23

14.  mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1.1.  menanggapi cara pembacaan cerpen
-  pengertian cerpen
-  macam cerpen
24


14.1.2.  - mendengarkan pembacaan cerpen
-  menanggapi isi cerpen (unsur intrinsik)
25


14.2.1.  menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas siswa
-  pengertian latar cerpen
-  menemukan latar cerpen
26


14.2.2. – hubungan latar cerpen dengan keadaan siswa
27

Ulangan

28

15.  memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1.1. membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
-  pengertian puisi
-  pengertian irama, volume dan kinesik
29


15.1.2. -  macam puisi
-  memahami puisi
30


15.1.3.  -  membaca puisi
31


15.2.1.  menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak, baik asli maupun terjemahan
-  identifikasi peristiwa dalam cerita anak
32


15.2.2.  – mencari hubungan peristiwa dalam cerita dengan realitas siswa
33


15.2.3. -  menulis cerita sesuai peristiwa yang dialami dengan menggunakan kata baku
-  pengertian kata baku dan tidak baku
34

16.  mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1.1.  menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
-  pengertian menulis kreatif
-  ciri-ciri anak kreatif
35


16.1.2.  -  syarat puisi 
-  menulis puisi tema keindahan alam
36


16.2.1.  menulis kreatif berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
-  menulis puisi dengan tema pilihan siswa
37

Ulangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.