Sebaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) Bahasa
Indonesia kelas 9 disusun agar mudah menyusun RPP sebagai bahan mengajar yang
harus dibuat oleh guru agar KBM terarah. Sebaran ini saya susun dengan maksud memudahkan diri saat
akan mengajar, dan bagi teman-teman guru yang ingin memanfaatkan sebaran ini
silakan dan dapat dikembangkan lagi sesuai kebutuhan dan pengalaman dalam KBM
tiap guru. Semoga bermanfaat.
SEBARAN SK DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMT GANJIL TH 20…-20…
Bismillahirrohmanirrohiim
PERT
|
HARI/TGL
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1
|
|
1.Memahami dialog
interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
1.1. menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayagan televisi/
siaran radio
|
2
|
|
|
1.2.1 mengomentari
pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayagan televisi/ siaran
radio
|
3
|
|
|
1.2.2 Idem
|
4
|
|
2. mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
|
2.1.1 mengkritik/
memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan komentar dan laporan,
tayangan televise/ siaran radio
- mengamati karya
seni/produk
|
5
|
|
|
2.1.2 idem
-mengkritik atau
memuji suatu karya seni
|
6
|
|
|
2.2.1 melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang logis
- suatu peristiwa/
kejadian
|
7
|
|
|
2.2.2 idem
- memahami waktu, tempat, mengapa, bagaimana
peristiwa terjadi
|
8
|
|
|
2.2.3 idem
- mendeskripsikan suatu peristiwa
|
9
|
|
Ulangan
|
|
10
|
|
3. memahami ragam
wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca
intensif
|
3.1.1 membedakan
antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang
ada
|
11
|
|
|
3.2.2 menemukan
informasi yang diperlukansecara cepat dan tepat dari indeks buku melalui
kegiatan membaca memindai
|
12
|
|
4. mengungkapkan
informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
|
4.1.1 menulis
iklan baris dengan bahasa singkat,padat dan jelas
- daftar
pengalaman siswa
|
13
|
|
|
4.1.2 idem
- cara menulis iklan
|
14
|
|
|
4.2.1 meresensi
buku pengetahuan
- buku pengetahuan
yang ditentukan
|
15
|
|
|
4.2.2 idem
- daftar pengalaman siswa
|
16
|
|
|
4.2.3 idem
-meresensi dan
menyunting
|
17
|
|
|
4.3.1 menyunting
karangan dengan berpedoman pada ketetaan ejaan, pilihan kata keefektifan
kalimat, keterpaduan paragraph, dan kebulatan wacana
-daftar pengalaman
siswa
|
18
|
|
|
4.3.2 idem
-paragraf yang
trdapat dalam wacana
|
19
|
|
|
4.3.3 idem
- membaca teks karangan
|
20
|
|
Ulangan
|
|
21
|
|
5. memahami wacana
sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair
|
5.1.1 menentukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
22
|
|
|
5.2.2 menganalisa unsur-unsur syair yang
diperdengarkan
|
23
|
|
6. mengungkapkan
kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain
|
6.1.1 menceritakan
kembali secara lisan isi cerpen
- membaca cerpen
|
24
|
|
|
6.1.2 idem
-membaca cerpen
dan menceritakan kembali cerpen yang dibaca
|
25
|
|
|
6.2.1 menyanyikan
puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
dan suasan/ irama yang dibangun
- memahami contoh
puisi
|
26
|
|
|
6.2.2 -
memahami unsur-unsur puisi
- menemukan
citraan dalam puisi
|
27
|
|
|
6.2.3 - cara
menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi
- cara menyanyikan
puisi yang sudah dimusikalisasi
|
28
|
|
Ulangan
|
|
29
|
|
7. memahami wacana
sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerpen
|
7.1.1 menemukan
tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
- menemukan unsur
cerpen
- menyimpulan tema
|
30
|
|
|
7.1.2
- menemukan latar
cerpen
- menemukan
karakter tokoh dalam cerpen
|
31
|
|
|
7.2.1 menganalisa
nilai-nilai kehidupan pada cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
- menemukan nilai
negative dan positif
|
32
|
|
|
7.2.2 -
Membandingkan nilai kehidupan dengan kehidupan siswa
- menyimpulkan
nilai kehidupan dalam cerpen
|
33
|
|
8. mengungkapkan
kembali pikiran, perasaan dan pengalaman dalam cerita pendek
|
8.1.1 menulis
kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
- ide pokok
(pengertian)
|
34
|
|
|
8.1.2 -
mengembangkan ide pokok
- menyunting
cerpen
|
35
|
|
|
8.2.1 menulis
cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
-menentukan tema
cerita
|
36
|
|
|
8.2.2 - menentukan
tokoh dan penokohan
- menentukan alur
dan latar cerita
|
37
|
|
|
8.2.3 - Menulis
cerita berdasar pengalaman sendiri sesuai dengan tema, tokoh, alur, dan latar
- menggunakan
tanda petik dan petik tunggal
|
|
|
Ulangan
|
|
SEBARAN SK DAN KD BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMT GENAP TH 20….-20…..
Bismillahirrohmanirrohiim
PERT
|
HARI/TGL
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1
|
|
9. Memahami isi
pidato/ ceramah/ khotbah
|
0.1. menyimpulkan isi pesan pidato/ ceramah/
khotbah
|
2
|
|
|
9.2 memberi komentar tentang isi pidato/
ceramah/ khotbah
|
3
|
|
10. mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam pidato dan diskusi
|
10.1.1. berpidato/ ceramah/ khotbah dengan intonasi
yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
- menyusun kerangka pidato
|
4
|
|
|
10.1.2. -
berpidato/ ceramah/ khotbah
|
5
|
|
|
10.2..1 menerapkan prinsip-prinsip diskusi
- pengertian diskusi
- tujuan diskusi
|
6
|
|
|
10.2.2. – diskusi dengan tema…..
|
7
|
|
Ulangan
|
|
8
|
|
11. memahami ragam wacana tulis dengan mebaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
|
11.1. menemukan gagasan dari beberapa artikel dan
buku melalui kegiatan membaca ekstensif
- pengertian artikel
-
pengertian membaca ekstensif
-
cara membaca ekstensif
- menemukan gagasan utama
|
9
|
|
|
11.2. mengubah sajiangrafik, tabel, bagan menjadi
uraian memalui kegiatan membaca intensif
- pengertian grafi/ tabel/ bagan
-
pengertian membaca intensif dan caranya
-
menguaraikan tabel ke dalam narasi
|
10
|
|
|
11.3. menyimpulkan gagasan utama suatu teks
dengan membaca cepat + 300 kata/mnt
|
11
|
|
12. mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
|
12.1.1. menulis karya sederhana dengan menggunakan
berbagai sumber
-
pengertian karya ilmiah
-
cara menulis karya ilmiah
-
tujuan menulis karya ilmiah
-
macam karya ilmiah
|
12
|
|
|
12.1.2. menulis karya ilmiah sederhana
|
13
|
|
|
12.2. menulis teks pidato/ ceramah/ khotbah
dengan sistematika dan bahasa efektif
-
sistematika pidato sederhana
|
14
|
|
|
12.3. menulis surat pembaca tentang lingkungan
sekolah
- pengertian surat pembaca
-
cara menulis surat pembaca
|
15
|
|
Ulangan
|
|
16
|
|
13. memahami wacana sastra melalui kegiatan
mendengarkan pembacaan kutipan/ synopsis novel
|
13.1.
menerapkan sikap-sikap tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
- pengertian novel
- pengertian synopsis
-
menerapkan sikap tokoh dari novel
|
17
|
|
|
13.2. menjelaskan alur peristiwa dari suatu
synopsis novel yang dibacakan
- pengertian alur
-
alur peristiwa dari synopsis novel
|
18
|
|
14. memahami wacana sastra melalui kegiatan
mendengarkan pembacaan kutipan
|
14.1. membahas pementasan drama yang ditulis
siswa
-
pengertian drama
-
menulis drama sederhana
|
19
|
|
|
14.2. menilai pementasan drama yang dilakukan
oleh siswa
-
unsur dalam drama
|
20
|
|
15. memahami novel
dari berbagai angkatan
|
15.1.1.
mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel
angkatan 20-30-an
- pengertian sastra angkatan 20-30-an
- ciri-ciri sastra angkatan 20-30-an
|
21
|
|
|
15.1.2.
identifikasi kebiasaan, adat, etika dalam novel angkatan 20-30--an
|
22
|
|
|
15.2 membandingkan karakteristik novel angkatan
20-30-an
|
23
|
|
Ulangan
|
|
24
|
|
16. menulis
- menulis naskah
drama
|
16.1.1. menulis naskah drama berdarkan cerpen yang
sudah dibaca
-
pengertian naskah (naskah drama))
-
contoh naskah drama
|
25
|
|
|
16.1.2.
– menulis naskah drama sederhana
|
26
|
|
Berbicara
- mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman
|
16.2.1.
menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
-
data pengalaman siswa
|
27
|
|
|
16.2.2. -
menulis naskah drama sederhana
|
28
|
|
Ulangan
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.