Senin, 16 September 2019

Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas X (sepuluh)


KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA

KELAS X (sepuluh)
Berdasarkan Permendikbud 37 Tahun 2018

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
KOMPETENI DASAR KETERAMPILAN
3.1
4.1
Mengidentifikasi laporan hasil
observasi yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis
Menginterpretasi isi teks
laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik
secara lisan maupun tulis
3.2
4.2
Menganalisis isi dan aspek
kebahasaan dari minimal dua
teks laporan hasil observas
Mengkonstruksi-kan teks
laporan dengan memerhatikan
isi dan aspek kebahasaan baik
lisan maupun tulis
3.3.
4.3
Mengidentifikasi
(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan
rekomendasi) teks eksposisi
yang didengar dan atau dibaca
Mengembangkan isi
(permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan
rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan/tulis
                                    3.4
                                   4.4
Menganalisis  struktur dan
kebahasaan teks eksposisi
Mengonstruksikan teks
eksposisi dengan
memerhatikan isi
(permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan
rekomendasi), struktur dan
kebahasaan
3.5
4.5
Mengevaluasi teks anekdot dari
aspek makna tersirat
Mengonstruksi makna tersirat
dalam sebuah teks anekdot
baik lisan maupun tulis
3.6.
4.6
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot.
Menciptakan kembali teks
anekdot dengan memerhatikan
struktur, dan kebahasaan baik
lisan maupun tulis
3.7
4.7
Mengidentifikasi nilai-nilai dan
isi yang terkandung dalam
cerita rakyat (hikayat) baik
lisan maupun tulis
Menceritakan kembali isi cerita
rakyat (hikayat) yang didengar
dan dibaca
3.8
4.8
Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan
cerpen
Mengembangkan cerita rakyat
(hikayat) ke dalam bentuk
cerpen dengan memerhatikan
isi dan nilai-nilai.
3.9
4.9
Mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku nonfiks
(buku pengayaan) dan satu
novel yang dibaca.gkan nilai-
nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
Menyusun ikhtisar dari dua
buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan ringkasan dari
satu novel yang dibaca
3.10
4.10
Mengevaluasi  pengajuan,
penawaran dan persetujuan
dalam teks negosiasi lisan
maupun tertulis.
Menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi
secara lisan atau tulis
3.11
4.11
Menganalisis  isi, struktur
(orientasi, pengajuan,
penawaran,  persetujuan,  
penutup) dan kebahasaan teks 
negosiasi
Mengkonstruksikan teks
negosiasi dengan
memerhatikan isi, struktur
(orientasi, pengajuan,
penawaran,  persetujuan, 
penutup) dan kebahasaan
3.12
4.12
Menghubungkan
permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen
beberapa  pihak dan simpulan
dari debat untuk menemukan
esensi dari debat
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut
pandang dan argumen
beberapa  pihak, dan simpulan
dari debat secara lisan untuk
menunjukkan esensi dari debat
3.13
4.13
Menganalisis  isi debat
(permasalahan/isu, sudut
pandang dan argumen
beberapa  pihak, dan
simpulan)
Mengembangkan
permasalahan/ isu dari
berbagai sudut pandang yang
dilengkapi argumen dalam
berdebat
3.14
4.14
Menilai hal yang dapat
diteladani dari teks biografi
Mengungkapkan kembali hal-
hal yang dapat diteladani  dari
tokoh yang terdapat dalam teks
biografi  yang dibaca secara
tertulis
3.15
4.15
Menganalisis aspek makna dan
kebahasaan dalam teks
biografi
Menceritakan kembali isi teks
biografi baik lisan maupun
tulis.
3.16
4.16
Mengidentifikasi suasana,
tema, dan makna beberapa
puisi yang terkandung  dalam
antologi puisi yang
diperdengarkan atau dibaca
Mendemonstrasikan
(membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi
dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan 
memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik
dan tekanan tempo)
3.17
4.17
Menganalisis  unsur
pembangun puisi
Menulis puisi dengan
memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi,
gaya bahasa, imaji, struktur,
perwajahan)
3.18
4.18
Menganalisis isi dari minimal
satu buku fiksi dan satu buku
nonfiksi yang sudah dibaca
Mempresentasikan replikasi isi
buku ilmiah yang dibaca dalam
bentuk resensi

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.