KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA
KELAS X (sepuluh)
Berdasarkan
Permendikbud 37 Tahun 2018
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
|
KOMPETENI DASAR KETERAMPILAN
|
3.1
|
4.1
|
Mengidentifikasi laporan hasil
observasi yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis
|
Menginterpretasi isi teks
laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik
secara lisan maupun tulis
|
3.2
|
4.2
|
Menganalisis isi dan aspek
kebahasaan dari minimal dua
teks laporan hasil observas
|
Mengkonstruksi-kan teks
laporan dengan memerhatikan
isi dan aspek kebahasaan baik
lisan maupun tulis
|
3.3.
|
4.3
|
Mengidentifikasi
(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan
rekomendasi) teks eksposisi
yang didengar dan atau dibaca
|
Mengembangkan isi
(permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan
rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan/tulis
|
3.4
|
4.4
|
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksposisi
|
Mengonstruksikan teks
eksposisi dengan
memerhatikan isi
(permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan
rekomendasi), struktur dan
kebahasaan
|
3.5
|
4.5
|
Mengevaluasi teks anekdot dari
aspek makna tersirat
|
Mengonstruksi makna tersirat
dalam sebuah teks anekdot
baik lisan maupun tulis
|
3.6.
|
4.6
|
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot.
|
Menciptakan kembali teks
anekdot dengan memerhatikan
struktur, dan kebahasaan baik
lisan maupun tulis
|
3.7
|
4.7
|
Mengidentifikasi nilai-nilai dan
isi yang terkandung dalam
cerita rakyat (hikayat) baik
lisan maupun tulis
|
Menceritakan kembali isi cerita
rakyat (hikayat) yang didengar
dan dibaca
|
3.8
|
4.8
|
Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan
cerpen
|
Mengembangkan cerita rakyat
(hikayat) ke dalam bentuk
cerpen dengan memerhatikan
isi dan nilai-nilai.
|
3.9
|
4.9
|
Mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku nonfiks
(buku pengayaan) dan satu
novel yang dibaca.gkan nilai-
nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
|
Menyusun ikhtisar dari dua
buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan ringkasan dari
satu novel yang dibaca
|
3.10
|
4.10
|
Mengevaluasi pengajuan,
penawaran dan persetujuan
dalam teks negosiasi lisan
maupun tertulis.
|
Menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi
secara lisan atau tulis
|
3.11
|
4.11
|
Menganalisis isi, struktur
(orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan,
penutup) dan kebahasaan teks
negosiasi
|
Mengkonstruksikan teks
negosiasi dengan
memerhatikan isi, struktur
(orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan,
penutup) dan kebahasaan
|
3.12
|
4.12
|
Menghubungkan
permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen
beberapa pihak dan simpulan
dari debat untuk menemukan
esensi dari debat
|
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut
pandang dan argumen
beberapa pihak, dan simpulan
dari debat secara lisan untuk
menunjukkan esensi dari debat
|
3.13
|
4.13
|
Menganalisis isi debat
(permasalahan/isu, sudut
pandang dan argumen
beberapa pihak, dan
simpulan)
|
Mengembangkan
permasalahan/ isu dari
berbagai sudut pandang yang
dilengkapi argumen dalam
berdebat
|
3.14
|
4.14
|
Menilai hal yang dapat
diteladani dari teks biografi
|
Mengungkapkan kembali hal-
hal yang dapat diteladani dari
tokoh yang terdapat dalam teks
biografi yang dibaca secara
tertulis
|
3.15
|
4.15
|
Menganalisis aspek makna dan
kebahasaan dalam teks
biografi
|
Menceritakan kembali isi teks
biografi baik lisan maupun
tulis.
|
3.16
|
4.16
|
Mengidentifikasi suasana,
tema, dan makna beberapa
puisi yang terkandung dalam
antologi puisi yang
diperdengarkan atau dibaca
|
Mendemonstrasikan
(membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi
dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan
memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik
dan tekanan tempo)
|
3.17
|
4.17
|
Menganalisis unsur
pembangun puisi
|
Menulis puisi dengan
memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi,
gaya bahasa, imaji, struktur,
perwajahan)
|
3.18
|
4.18
|
Menganalisis isi dari minimal
satu buku fiksi dan satu buku
nonfiksi yang sudah dibaca
|
Mempresentasikan replikasi isi
buku ilmiah yang dibaca dalam
bentuk resensi
|
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.