Minggu, 15 September 2019

Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan dan Keterampilan Kelas XI (sebelas)


KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
KELAS XI (sebelas)
Berdasarkan Permendikbud 37 Tahun 2018

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
KOMPETENI DASAR KETERAMPILAN
3.1
4.1
Mengonstruksi informasi
berupa pernyataan-pernyataan
umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur
Merancang pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur dengan
organisasi yang tepat secara
lisan dan tulis
3.2
4.2
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur
Mengembangkan teks prosedur
dengan memerhatikan hasil
analisis terhadap isi, struktur,
dan kebahasaan
3.3.
4.3
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi
lisan dan tulis
Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks
eksplanasi secara lisan dan
tulis
3.4
4.4
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks  eksplanasi
Memproduksi teks eksplanas
secara lisan atautulis dengan
memerhatikan struktur dan
kebahasaan
3.5
4.5
Mengidentifikasi informasi
berupa permasalahan aktual
yang disajikan dalam ceramah
Menyusun bagian-bagian
penting dari permasalahan
aktual sebagai bahan untuk
disajikan dalam ceramah
3.6.
4.6
Menganalisis isi, struktur, dan
kebahasaan dalam ceramah
Mengkonstruksi ceramah
tentang permasalahan aktual
dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan
struktur yang tepat Mengkonstruksi ceramah
tentang permasalahan aktual
dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan
struktur yang tepat
3.7
4.7
Mengidentifikasi butir-butir
penting dari satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang
dibaca
Menyusun laporan butir-butir
penting dari satu buku
pengayaan (nonfiksi)
3.8
4.8
Mengidentifikasi nilai-nilai
kehidupan yang terkandung
dalam kumpulan cerita pendek
yang dibaca
Mendemonstrasikan salah satu
nilai kehidupan yang dipelajari
dalam cerita pendek
3.9
4.9
Menganalisis  unsur-unsur
pembangun cerita pendek
dalam buku kumpulan cerita
pendek
Mengkonstruksi sebuah cerita
pendek dengan memerhatikan
unsur-unsur pembangun
cerpen.
3.10
4.10
Menemukan  butir-butir
penting dari dua buku
pengayaan (nonfiksi) yang
dibaca
Mempertunjukkan kesan
pribadi terhadap salah satu
buku ilmiah yang dibaca dalam
bentuk teks eksplanasi singkat
3.11
4.11
Menganalisis pesan dari satu
buku fiksi yang dibaca
Menyusun ulasan terhadap
pesan dari satu buku fiksi yang
dibaca
3.12
4.12
Mengidentifikasi formasi
penting yang ada dalam
proposal kegiatan atau
penelitian yang dibaca
Melengkapi informasi dalam
proposal secara lisan supaya
lebih efektif
3.13
4.13
Menganalisis isi, sistematika,
dan kebahasaan suatu
proposal
Merancang sebuah proposal
karya ilmiah dengan
memerhatikan informasi,
tujuan, dan esensi karya
ilmiah yang diperlukan
3.14
4.14
Mengidentifikasi informasi,
tujuan dan esensi sebuah
karya ilmiah yang dibaca
Merancang informasi, tujuan,
dan esensi yang harus
disajikan dalam karya ilmiah
3.15
4.15
Menganalisis sistematika dan
kebahasaan karya ilmiah
Mengonstruksi sebuah karya
ilmiah dengan memerhatikan
isi, sistematika, dan
kebahasaan.
3.16
4.16
Membandingkan isi berbagai
resensi untuk menemukan
sistematika sebuah resensi
Menyusun sebuah resensi
dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks
resensi
3.17
4.17
Menganalisis kebahasaan
resensi setidaknya dua karya
yang berbeda
Mengkonstruksi sebuah
resensi dari buku  kumpulan
cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca
3.18
4.18
Mengidentifikasi alur cerita,
babak demi babak, dan konflik
dalam drama yang dibaca atau
ditonton
Mempertunjukkan salah satu
tokoh dalam drama yang
dibaca atau ditonton secara
lisan
3.19
4.19
Menganalisis isi dan
kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton
Mendemonstrasikan sebuah
naskah drama dengan
memerhatikan isi dan
kebahasaan
3.20
4.20
Menganalisis pesan dari dua
buku fiksi (novel dan buku
kumpulan puisi) yang dibaca
Menyusun ulasan terhadap
pesan dari dua buku
kumpulan puisi yang dikaitkan
dengan situasi kekinian

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.