KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
KELAS XI (sebelas)
Berdasarkan
Permendikbud 37 Tahun 2018
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
|
KOMPETENI DASAR KETERAMPILAN
|
3.1
|
4.1
|
Mengonstruksi informasi
berupa pernyataan-pernyataan
umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur
|
Merancang pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur dengan
organisasi yang tepat secara
lisan dan tulis
|
3.2
|
4.2
|
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks prosedur
|
Mengembangkan teks prosedur
dengan memerhatikan hasil
analisis terhadap isi, struktur,
dan kebahasaan
|
3.3.
|
4.3
|
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi
lisan dan tulis
|
Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks
eksplanasi secara lisan dan
tulis
|
3.4
|
4.4
|
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksplanasi
|
Memproduksi teks eksplanas
secara lisan atautulis dengan
memerhatikan struktur dan
kebahasaan
|
3.5
|
4.5
|
Mengidentifikasi informasi
berupa permasalahan aktual
yang disajikan dalam ceramah
|
Menyusun bagian-bagian
penting dari permasalahan
aktual sebagai bahan untuk
disajikan dalam ceramah
|
3.6.
|
4.6
|
Menganalisis isi, struktur, dan
kebahasaan dalam ceramah
|
Mengkonstruksi ceramah
tentang permasalahan aktual
dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan
struktur yang tepat Mengkonstruksi ceramah
tentang permasalahan aktual
dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan
struktur yang tepat
|
3.7
|
4.7
|
Mengidentifikasi butir-butir
penting dari satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang
dibaca
|
Menyusun laporan butir-butir
penting dari satu buku
pengayaan (nonfiksi)
|
3.8
|
4.8
|
Mengidentifikasi nilai-nilai
kehidupan yang terkandung
dalam kumpulan cerita pendek
yang dibaca
|
Mendemonstrasikan salah satu
nilai kehidupan yang dipelajari
dalam cerita pendek
|
3.9
|
4.9
|
Menganalisis unsur-unsur
pembangun cerita pendek
dalam buku kumpulan cerita
pendek
|
Mengkonstruksi sebuah cerita
pendek dengan memerhatikan
unsur-unsur pembangun
cerpen.
|
3.10
|
4.10
|
Menemukan butir-butir
penting dari dua buku
pengayaan (nonfiksi) yang
dibaca
|
Mempertunjukkan kesan
pribadi terhadap salah satu
buku ilmiah yang dibaca dalam
bentuk teks eksplanasi singkat
|
3.11
|
4.11
|
Menganalisis pesan dari satu
buku fiksi yang dibaca
|
Menyusun ulasan terhadap
pesan dari satu buku fiksi yang
dibaca
|
3.12
|
4.12
|
Mengidentifikasi formasi
penting yang ada dalam
proposal kegiatan atau
penelitian yang dibaca
|
Melengkapi informasi dalam
proposal secara lisan supaya
lebih efektif
|
3.13
|
4.13
|
Menganalisis isi, sistematika,
dan kebahasaan suatu
proposal
|
Merancang sebuah proposal
karya ilmiah dengan
memerhatikan informasi,
tujuan, dan esensi karya
ilmiah yang diperlukan
|
3.14
|
4.14
|
Mengidentifikasi informasi,
tujuan dan esensi sebuah
karya ilmiah yang dibaca
|
Merancang informasi, tujuan,
dan esensi yang harus
disajikan dalam karya ilmiah
|
3.15
|
4.15
|
Menganalisis sistematika dan
kebahasaan karya ilmiah
|
Mengonstruksi sebuah karya
ilmiah dengan memerhatikan
isi, sistematika, dan
kebahasaan.
|
3.16
|
4.16
|
Membandingkan isi berbagai
resensi untuk menemukan
sistematika sebuah resensi
|
Menyusun sebuah resensi
dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks
resensi
|
3.17
|
4.17
|
Menganalisis kebahasaan
resensi setidaknya dua karya
yang berbeda
|
Mengkonstruksi sebuah
resensi dari buku kumpulan
cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca
|
3.18
|
4.18
|
Mengidentifikasi alur cerita,
babak demi babak, dan konflik
dalam drama yang dibaca atau
ditonton
|
Mempertunjukkan salah satu
tokoh dalam drama yang
dibaca atau ditonton secara
lisan
|
3.19
|
4.19
|
Menganalisis isi dan
kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton
|
Mendemonstrasikan sebuah
naskah drama dengan
memerhatikan isi dan
kebahasaan
|
3.20
|
4.20
|
Menganalisis pesan dari dua
buku fiksi (novel dan buku
kumpulan puisi) yang dibaca
|
Menyusun ulasan terhadap
pesan dari dua buku
kumpulan puisi yang dikaitkan
dengan situasi kekinian
|
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.