Sabtu, 22 September 2012

"Belajar dan Pembelajaran"


Dari Buku ‘Belajar dan Pembelajaran’  Dimyati
BAB I
HAKEKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Diharapkan dapat  :
1.   menunjukkan adanya gejala belajar dan pembelajaran
2.   menjelaskan cirri-ciri umum belajar menurut pendapat ahli
3.   menjelaskan langkah-langkah pembelajaran menurut ahli
4.   membedakan tujuan pembelajaran dan belajar
5.   mendinamiskan belajar dan pembelajaran
A.  Belajar dan Pembelajaran
Gejala pembelajaran dan belajar  :  kisah pak Ahmad dan Kartini
          Dari kisah pak Ahmad, pak Ahmad memberi informasi dan membuat program pembelajaran tingkat kelas  dan membantu siswa membuat program pembelajaran
          Kartini awalnya membuat program belajar sendiri dan berkat saran orang tua dan konselor dalam menentukan pilihan kuliahnya maka  ia telah membuat program pembelajaran di fakultas teknik di tempat ia kuliah. Diterimanya di fakultas teknik adalah awal dari proses pembelajaran
  1. Guru sebagai pendidik membuat rekayasa pembelajaran berdasarkan kurikulum
  2. Siswa sebagai pembelajar di sekolah memiliki  kepribadian, pengalaman dan tujuan, ia mengalami perkembangan siwa, sesuai azaz emansipasi diri menuju kemadirian
  3. Guru menyusun desain instruksional untuk membelajarkan siswa
  4. Guru menyelenggarakan KBM
  5. Guru bertindak di kelas dengan maksud membelajarkan siswa dengan menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar
  6. Siswa bertindak belajar artinya mengalami proses dan meningkatkan kemampuan mentalnya
  7. Dengan berakhirnya proses belajar, maka siswa memperoleh hasil belajar  ( merupakan tindak belajar dan tindak mengajar). Dari sisi   guru , tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar dan dari sisi siswa hasil belajar merupakan berakhirnya puncak proses belajar
Hasil belajar  :
-          sebagaian adalah berkat tindak guru yaitu pencapaian tujuan pengajaran
-          pada bagian lain merupakan peningkatan kemampuan mental siswa
Peran guru
Peran siswa
-          membuat desai intruksional
-          menelenggarakan KBM
-          bertindak mengajar / membela-jarkan
-          mengevaluasi hasil belajar
-          Bertindak belajar
-          Mengalami proses belajar
-          Mencapai hasil belajar
-  Dengan belajar kemampuan meningkat

Belajar, perkembangan dan pendidikan
siswa
Pelaku belajar
guru
Pembelajar
Hubungan guru dan siswa
Hub. Funsional, antara pendidk dan anak didik
Tujuan dari siswa
Waktu belajar sepanjang hayat/ terus belajar walaupun sudah lulus
guru
Waktu mengajar terbatas
Secara umum 
 -pendidikan merupakan tindakan yang memungkinkan terjadi nya belajar dan perkembangan
 -dengan belajar terjadi perkembangan jasmani dan mental siswa












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.