Dari
Buku ‘Belajar dan Pembelajaran’ Dimyati
BAB
I
HAKEKAT
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Diharapkan
dapat :
1. menunjukkan
adanya gejala belajar dan pembelajaran
2. menjelaskan
cirri-ciri umum belajar menurut pendapat ahli
3. menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran menurut ahli
4. membedakan
tujuan pembelajaran dan belajar
5. mendinamiskan
belajar dan pembelajaran
A. Belajar dan Pembelajaran
Gejala
pembelajaran dan belajar : kisah pak Ahmad dan Kartini
Dari kisah pak Ahmad, pak Ahmad
memberi informasi dan membuat program pembelajaran tingkat kelas dan membantu siswa membuat program
pembelajaran
Kartini awalnya membuat program
belajar sendiri dan berkat saran orang tua dan konselor dalam menentukan
pilihan kuliahnya maka ia telah membuat
program pembelajaran di fakultas teknik di tempat ia kuliah. Diterimanya di
fakultas teknik adalah awal dari proses pembelajaran
- Guru
sebagai pendidik membuat rekayasa pembelajaran berdasarkan kurikulum
- Siswa
sebagai pembelajar di sekolah memiliki
kepribadian, pengalaman dan tujuan, ia mengalami perkembangan siwa,
sesuai azaz emansipasi diri menuju kemadirian
- Guru
menyusun desain instruksional untuk membelajarkan siswa
- Guru
menyelenggarakan KBM
- Guru
bertindak di kelas dengan maksud membelajarkan siswa dengan menggunakan
asas pendidikan maupun teori belajar
- Siswa
bertindak belajar artinya mengalami proses dan meningkatkan kemampuan
mentalnya
- Dengan
berakhirnya proses belajar, maka siswa memperoleh hasil belajar ( merupakan tindak belajar dan tindak
mengajar). Dari sisi guru , tindak
mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar dan dari sisi siswa
hasil belajar merupakan berakhirnya puncak proses belajar
Hasil belajar :
-
sebagaian
adalah berkat tindak guru yaitu pencapaian tujuan pengajaran
-
pada bagian
lain merupakan peningkatan kemampuan mental siswa
Peran
guru
|
Peran
siswa
|
-
membuat
desai intruksional
-
menelenggarakan
KBM
-
bertindak
mengajar / membela-jarkan
-
mengevaluasi
hasil belajar
|
-
Bertindak
belajar
-
Mengalami
proses belajar
-
Mencapai
hasil belajar
- Dengan
belajar kemampuan meningkat
|
Belajar,
perkembangan dan pendidikan
|
|
siswa
|
Pelaku
belajar
|
guru
|
Pembelajar
|
Hubungan
guru dan siswa
|
Hub.
Funsional, antara pendidk dan anak didik
|
Tujuan
dari siswa
|
Waktu
belajar sepanjang hayat/ terus belajar walaupun sudah lulus
|
guru
|
Waktu
mengajar terbatas
|
Secara
umum
|
-pendidikan merupakan tindakan yang
memungkinkan terjadi nya belajar dan perkembangan
-dengan belajar terjadi perkembangan jasmani
dan mental siswa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.