Minggu, 23 September 2012

Ringkas materi PTK Bahasa Indonesia MTs/SMP

Ringkas materi PTK Bahasa Indonesia MTs/SMP



RINGKASAN MATERI PTK

Masalah  :
Bahasa Indonesia adalah pertama siswa kurang aktif mengikuti pelajaran, kedua   siswa tidak terbiasa mengulang materi yang sudah diajarkan.ketiga siswa kurang berani mengucapkan secara lantang dan berulang.
Rumusan Masalah
            1.  Apakah metode latihan dan penugasan  dapat meningkatkan kemam-
                 puan  anak dalam menentukan majas berdasarkan pertanyaan-perta-
                 nyaan tentang  majas?
2.      Apakah siswa dapat menguasai materi dengan baik setelah mengikuti
      pelajaran dengan metode latihan dan penugasan?
3.      Apakah siswa berani dan hafal dengan latihan dan tugas yang dikerjakan ?
Tujuan Penelitian
            1.  Ingin mengetahui seberapa besar peran aktif siswa dalam mengikuti  
                 pelajaran melalui metode latihan dan penugasan
2.  Ingin mengetahui seberapa berapa besar siswa dapat menghafal
     pelajaran
            3. Ingin mengetahui  seberapa besar keberanian siswa dalam mengucapkan
                pelajaran yang diberikan guru
Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat yang diperoleh dari PTK antara lain  :
1.      Proses belajar mengajar lebih menyenangkan
2.      Ditemukan strategi belajar yang tepat sehingga anak menguasai pelajaran dengan baik
3.      Siswa lebih percaya diri dan berani ketika menjawab pertanyaan
4.      Siswa lebih banyak menguasai materi dengan membaca rutin saat pelajaran berlangsung
5.      Siswa yang tidak aktif lambat laun mengikuti teman-temannya membaca pelajaran yang diberikan guru
6.      Siswa senang dan aktif mengikuti pelajaran dengan latihan dan penugasan dan menjawab  kuis yang diberikan guru
Rencana Tindakan
PTK ini dilaksanakan melalui tiga siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode latihan dan penugasan. Tiap siklus , perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
Perencanaan       
a. Tim peneliti melaksanakan analisis isi kurikulum untuk mengetahui
    kompetensi dasar yang akan disampaikan kepada siswa dengan pelatihan
    dan penugasan
b.  Membuat rencana pembelajaran
c.  Membuat lembar kerja siswa
d.  Membuat instrument yang digunakan dalam siklus PTK
e.  Menyusun alat evaluasi pembelajaran
II.  Pelaksanaan
a.       Menyampaikan materi pelajaran
b.      Dibimbing membaca materi secara bertahap
c.       Siswa membaca secara berkelompok dan bergantian
d.      Guru memberikan kuis atau pertanyaan
e.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa tampil secara bergantian
f.       Melakukan pengamatan
g.      Penguatan bacaan dan dibaca bersama-sama
III. Pengamatan (Observasi)   
    a.  Situasi belajar mengajar
     b.  Keaktifan siswa
     c.. Kemampuan siswa dalam materi majas
IV. Refleksi
a.       Sebagian besar siswa (75 % dari siswa) berani mengeluarkan suara untuk mengucapkan majas
b.      Sebagian besar siswa (70% dari siswa) memperhatikan penjelasan materi majas
c.       Sebagian besar siswa ( 75 % dari siswa) berpartisipasi dalam pembelajaran majas
d.      Siswa menyelesaikan tugas sesuai waktu yang disediakan
Siklus selanjutnya adalah pebaikan siklus sebelumnya
Analisa Data
Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentasi untuk melihat PBM.
a.  Hasil Belajar  :  dengan menganalisis hasil nilai rata-rata dari ulangan
     yang diberikan dan mengelompokkan nilai berdasar tinggi, sedang dan
     rendah.
b. Aktivitas siswa dalam PBM Bahasa Indonesia dikelompokkan tinggi,
     sedang dan rendah.
c. Implementasi pembelajaran majas dengan dengan latihan dan penugasan,
    tingkat keberhasilannya dikelompokkan dengan kurang berhasil dan
    tidak berhasil
Metode
 harus fleksibel, sesuai kebutuhan, kemampuan anak, perhatikan individu
Pembelajaran dengan pelatihan dan penugasan untuk meningkatkan kemampuan majas dalam pelajaran Bahasa Indonesia, sebagai berikut  :
1)      Penjelasan materi pembelajaran
2)      Penguasaan materi dengan membaca bersama
3)      Membaca materi dengan berulang
4)      Membaca materi secara bergantian
5)      Membaca materi dengan berkelompok
6)      Evaluasi
Persiapan PTK
      Sebelum PTK dilaksanakan dibuat berbagai input instrumental yang akan digunakan untuk memberi perlakuan dalam PTK, yaitu rencana pembelajaran yang akan digunakan dalam PTK, yaitu Standar Kompetensi : membaca , memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring. Sedangkan Kompetensi Dasar adalah (1) menemukan masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif, (2) menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif.
      Selain itu dibuat perangkat pembelajaran yang berupa :
·         Lembar kerja siswa
·         Lembar pengamatan pembelajaran
·         Lembar evaluasi

JADWAL RENCANA KEGIATAN PTK

No.
Rencana Kegiatan
             Waktu (bulan)
2
3
4
5
6
   1
Persiapan






Menyusun konsep pelaksanaan
X





Menyepakati jadwal dan tugas
X





Menyusun instrumen
X





Seminar konsep pelaksanaan
X




   2
Pelaksanaan






Menyiapkan kelas dan alat
X





Melakukan tindakan siklus I

X




Melakukan tindakan siklus II


X


   3
Penyusunan laporan






Menyusun konsep laporan



X


Seminar hasil penelitian




X

Perbaikan laporan




X

Penggandaan dan pengiriman hasil




X


C.  Subyek Penelitian
      Dalam PTK ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 26 orang dengan komposisi 14 orang laki-laki dan 16 perp
Prosedur Penelitian
      Siklus I
       Siklus pertama dalam PTK ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan refleksi sebagai berikut  :
1.  Perencanaan
  1. Tim peneliti menganalisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan disampaikan kepada siswa untuk pembelajaran dengan pelatihan dan penugasan
  2. Membuat rencana pembelajaran
  3. Membuat lembar kerja siswa
  4. Membuat intrumen yang digunakan dalam siklus PTK
  5. Menyusun alat evaluasi pembelajaran
2.  Pelaksanaan    
  1. Menyajikan materi pelajaran tentang majas personifikasi, hiperbola, litotes, ironi dan eufemisme
  2. Guru membimbing siswa membaca majas
  3. Siswa secara bergantian membaca majas dengan suara lantang
  4. Siswa secara berkelompok membaca majas
  5. Guru mengajukan pertanyaan atau kuis
  6. Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab atau memberi tanggapan
  7. Penguatan secara bersama-sama
  8. Melakukan pengamatan
3.  Pengamatan (observasi)
  1. Situasi pembelajaran
  2. Keaktifan siswa
  3. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru
4.  Reflekting
  1. Sebagian besar siswa berani dan mampu menjawab pertanyaan guru
  2. Siswa aktif mengikuti pembelajaran tentang materi majas
  3. Siswa aktif membaca majas baik berkelompok maupun klasikal
Siklus I
       Tahapan pada siklus pertama ini sebagai berikut  :
1.  Perencanaan
  1. Tim peneliti menganalisis kurikulum untuk mengetahui Kompetensi Dasar yang akan disampaikan pada siswa tentang majas
  2. Membuat Rencana Pembelajaran
  3. Membuat lembar kerja siswa
  4. Membuat instrumen metode pelatihan dan penugasan yang digunakan dalam PTK
  5. Menyusun alat evaluasi menentukan majas pada sebuah kalimat
2.  Pelaksanaan                                          
  1. Sebagian  kelompok belum terbiasa membaca majas dengan suara keras
  2. Sebagian  kelompok belum lancar dalam hafalan majas

Dengan demikian, maka guru berupaya  :
  1. Memberikan pengertian kepada siswa tentang manfaat jika mau membaca secara bersama dengan suara yang keras
  2. Guru membimbing siswa dalam mempelajari majas dengan pelatihan dan penugasan
  3. Guru membentuk kelompok dalam latihan majas

Dari hasil  pengamatan pada siklus pertama dapat disimpulkan bahwa :
  1. Siswa mulai ada peningkatan membaca majas dengan suara keras
  2. Siswa lebih bersemangat menjawab tentang majas
  3. Beberapa siswa hafal  tentang majas
2.      Pengamatan (observasi)
3.      Refleksi



LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS I
Tentukan majas dan berikan alasannya pada kalimat-kalimat di bawah ini!
  1. Harga sembako sudah mulai memuncak
  2. Cita-citanya melangit saja
  3. Deburan ombak berteriak mendekapku di malam yang
  4. Nyiur melambai memanggil anak kecil yang sedang berlari
  5. Harga barang-barang menghampiriku dan berkata ikutlah aku
  6. Tawanya menggelegar hingga membelah bumi
  7. Angin pagi mengelus tubuh kami dengan mesranya
  8.  Hatinya tersayat-sayat mendengar berita itu
JAWABAN!
  1. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  2. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  3. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  4. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  5. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  6. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  7. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  8. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS II
Tentukan majas dan berikan alasannya pada kalimat-kalimat di bawah ini!
  1. Pagi benar engkau bangun Dit, baru  pukul sepuluh
  2. Bagus benar tulisanmu, aku tak bisa membacanya
  3. Harum benar bau badanmu, sudah dua hari kamu belum mandi
  4. Badanmu amat gemuk, berapa hari kamu tidak makan?
  5. Bagus, nilai rapormu warna-warni
  6. Ibu, saya akan ke belakang  sebentar  
  7. Baru-baru ini pemerintah mengadakan penyesuaian harga beberapa bahan kebu-tuhan pokok 
  8. Beberapa anak di pegunungan mengalami gizi buruk  
  9. Ibunya sudah tidak ada di tengah-tengah kita  
JAWABAN!
  1. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  2. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  3. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  4. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  5. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  6. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  7. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  8. Majas……………………….  alasannya…………………………………………
  9. Majas……………………….  alasannya………………………………
LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS III

Tentukan majas dan berikan alasannya pada kalimat-kalimat di bawah ini!
  1. Harga sembako sudah mulai memuncak
  2. Cita-citanya melangit saja
  3. Deburan ombak berteriak mendekapku di malam yang
  4. Nyiur melambai memanggil anak kecil yang sedang berlari
  5. Harga barang-barang menghampiriku dan berkata ikutlah aku
  6. Tawanya menggelegar hingga membelah bumi
  7. Angin pagi mengelus tubuh kami dengan mesranya
  8.  Hatinya tersayat-sayat mendengar berita itu
  9. Pagi benar engkau bangun Dit, baru  pukul sepuluh
  10. Bagus benar tulisanmu, aku tak bisa membacanya
  11. Harum benar bau badanmu, sudah dua hari kamu belum mandi
  12. Badanmu amat gemuk, berapa hari kamu tidak makan?
  13. Bagus, nilai rapormu warna-warni
  14. Ibu, saya akan ke belakang  sebentar 
  15. Baru-baru ini pemerintah mengadakan penyesuaian harga beberapa bahan kebu-tuhan pokok 
  16. Beberapa anak di pegunungan mengalami gizi buruk 
  17. Ibunya sudah tidak ada di tengah-tengah kita 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :  MTs Hudal Islam I
Tahun                         :  2008-2009
Kelas/semester           :  VIII/II-1
Standar Kompetensi :
-          Kemampuan menemukan pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang merupakan poko-pokok berita
-          Kemampuan menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
Alokasi waktu            :  2 x 40 menit

SIKLUS I
1.  Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana), yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi

2.  Materi pembelajaran
            Menemukan pokok-pokok berita

3.  Metode pembelajaran
            Pelatihan
            Penugasan
Tanya Jawab

4.  Langkah-langkah pembelajaran
            Kegiatan awal
1)      Siswa mendengarkan materi majas yang disampaikan guru
2)      Tanya jawab tentang materi majas personifikasi, hiperbola
Kegiatan inti
1)      Siswa mendiskuskan penjelasan majas
2)      Siswa berlatih dan melaksanakan tugas tentang majas
Kegiatan penutup
1)      Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber belajar
            Buku pelajaran bahasa Indonesia

       Mengetahui
Ka. MTs Hudal Islam I                                         Guru Bahasa Indonesia


    Dra. Ida Syarifah                                       Harmin Pudji Prihani S Pd.I.,MM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :  MTs Hudal Islam I
Tahun                         :  2008-2009
Kelas/semester           :  VIII/II-2
Standar Kompetensi :
-          Kemampuan menemukan pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang merupakan poko-pokok berita
-          Kemampuan menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
Alokasi waktu            :  2 x 40 menit

SIKLUS II
1.  Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana), yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi

2.  Materi pembelajaran
            Menemukan pokok-pokok berita

3.  Metode pembelajaran
            Pelatihan
            Penugasan
Tanya Jawab

4.  Langkah-langkah pembelajaran
            Kegiatan awal
3)      Siswa mendengarkan materi majas yang disampaikan guru
4)      Tanya jawab tentang materi majas litotes, ironi dan eufemisme
Kegiatan inti
3)      Siswa mendiskuskan penjelasan majas
4)      Siswa berlatih dan melaksanakan tugas tentang majas
Kegiatan penutup
2)      Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber belajar
            Buku pelajaran bahasa Indonesia

         Mengetahui
Ka. MTs Hudal Islam I                                         Guru Bahasa Indonesia


    Dra. Ida Syarifah                                       Harmin Pudji Prihani S Pd.I.,MM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :  MTs Hudal Islam I
Tahun                         :  2008-2009
Kelas/semester           :  VIII/II-3
Standar Kompetensi :
-          Kemampuan menemukan pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang merupakan poko-pokok berita
-          Kemampuan menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
Alokasi waktu            :  2 x 40 menit

SIKLUS III
1.  Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana), yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi

2.  Materi pembelajaran
            Menemukan pokok-pokok berita

3.  Metode pembelajaran
            Pelatihan
            Penugasan
Tanya Jawab

4.  Langkah-langkah pembelajaran
            Kegiatan awal
5)      Siswa mendengarkan materi majas yang disampaikan guru
6)      Tanya jawab tentang materi majas personifikasi, hiperbola, litotes, ironi dan eufemisme
Kegiatan inti
5)      Siswa mendiskuskan penjelasan majas
6)      Siswa berlatih dan melaksanakan tugas tentang majas
Kegiatan penutup
3)      Siswa dan guru melakukan refleksi

5.  Sumber belajar
            Buku pelajaran bahasa Indonesia

             Mengetahui
Ka. MTs Hudal Islam I                                         Guru Bahasa Indonesia


    Dra. Ida Syarifah                                       Harmin Pudji Prihani S Pd.I.,MM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.