RINGKASAN MATERI PTK
Masalah
:
Bahasa Indonesia adalah pertama
siswa kurang aktif mengikuti pelajaran, kedua siswa tidak terbiasa mengulang materi
yang sudah diajarkan.ketiga siswa kurang berani mengucapkan secara
lantang dan berulang.
Rumusan Masalah
1.
Apakah metode latihan dan penugasan
dapat meningkatkan kemam-
puan anak dalam menentukan majas
berdasarkan pertanyaan-perta-
nyaan tentang majas?
2.
Apakah siswa dapat menguasai
materi dengan baik setelah mengikuti
pelajaran dengan metode
latihan dan penugasan?
3.
Apakah siswa berani dan hafal
dengan latihan dan tugas yang dikerjakan ?
Tujuan Penelitian
1.
Ingin mengetahui seberapa besar peran aktif siswa dalam mengikuti
pelajaran melalui metode latihan dan penugasan
2. Ingin mengetahui seberapa
berapa besar siswa dapat menghafal
pelajaran
3. Ingin mengetahui seberapa besar keberanian siswa dalam
mengucapkan
pelajaran yang diberikan guru
Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat yang diperoleh dari PTK antara lain :
1.
Proses belajar mengajar lebih
menyenangkan
2.
Ditemukan strategi belajar yang
tepat sehingga anak menguasai pelajaran dengan baik
3.
Siswa lebih percaya diri dan
berani ketika menjawab pertanyaan
4.
Siswa lebih banyak menguasai
materi dengan membaca rutin saat pelajaran berlangsung
5.
Siswa yang tidak aktif lambat
laun mengikuti teman-temannya membaca pelajaran yang diberikan guru
6.
Siswa senang dan aktif
mengikuti pelajaran dengan latihan dan penugasan dan menjawab kuis yang diberikan guru
Rencana Tindakan
PTK ini dilaksanakan melalui
tiga siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa
dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode latihan dan
penugasan. Tiap siklus , perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
. Perencanaan
a. Tim peneliti melaksanakan
analisis isi kurikulum untuk mengetahui
kompetensi dasar yang akan disampaikan
kepada siswa dengan pelatihan
dan penugasan
b. Membuat rencana
pembelajaran
c. Membuat lembar kerja siswa
d. Membuat instrument yang
digunakan dalam siklus PTK
e. Menyusun alat evaluasi
pembelajaran
II. Pelaksanaan
a.
Menyampaikan materi pelajaran
b.
Dibimbing membaca materi secara
bertahap
c.
Siswa membaca secara
berkelompok dan bergantian
d.
Guru memberikan kuis atau
pertanyaan
e.
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa tampil secara bergantian
f.
Melakukan pengamatan
g.
Penguatan bacaan dan dibaca
bersama-sama
III. Pengamatan (Observasi)
a.
Situasi belajar mengajar
b.
Keaktifan siswa
c.. Kemampuan siswa dalam materi majas
IV. Refleksi
a.
Sebagian besar siswa (75 % dari
siswa) berani mengeluarkan suara untuk mengucapkan majas
b.
Sebagian besar siswa (70% dari
siswa) memperhatikan penjelasan materi majas
c.
Sebagian besar siswa ( 75 %
dari siswa) berpartisipasi dalam pembelajaran majas
d.
Siswa menyelesaikan tugas
sesuai waktu yang disediakan
Siklus selanjutnya adalah pebaikan siklus
sebelumnya
Analisa Data
Data yang dikumpulkan pada
setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian dianalisis secara
deskriptif dengan menggunakan teknik presentasi untuk melihat PBM.
a. Hasil Belajar
: dengan menganalisis hasil nilai
rata-rata dari ulangan
yang diberikan dan mengelompokkan nilai
berdasar tinggi, sedang dan
rendah.
b. Aktivitas siswa dalam PBM
Bahasa Indonesia dikelompokkan tinggi,
sedang dan rendah.
c. Implementasi pembelajaran
majas dengan dengan latihan dan penugasan,
tingkat keberhasilannya dikelompokkan
dengan kurang berhasil dan
tidak berhasil
Metode
harus fleksibel, sesuai kebutuhan, kemampuan anak,
perhatikan individu
Pembelajaran dengan pelatihan dan penugasan untuk meningkatkan
kemampuan majas dalam pelajaran Bahasa Indonesia, sebagai berikut :
1)
Penjelasan materi pembelajaran
2)
Penguasaan materi dengan
membaca bersama
3)
Membaca materi dengan berulang
4)
Membaca materi secara
bergantian
5)
Membaca materi dengan
berkelompok
6)
Evaluasi
Persiapan PTK
Sebelum PTK dilaksanakan dibuat berbagai
input instrumental yang akan digunakan untuk memberi perlakuan dalam PTK, yaitu
rencana pembelajaran yang akan digunakan dalam PTK, yaitu Standar Kompetensi :
membaca , memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca
intensif, dan membaca nyaring. Sedangkan Kompetensi Dasar adalah (1) menemukan
masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui membaca
ekstensif, (2) menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca
intensif.
Selain itu dibuat perangkat pembelajaran
yang berupa :
·
Lembar kerja siswa
·
Lembar pengamatan pembelajaran
·
Lembar evaluasi
JADWAL RENCANA KEGIATAN PTK
No.
|
Rencana Kegiatan
|
Waktu (bulan)
|
||||
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
Persiapan
|
|||||
Menyusun konsep
pelaksanaan
|
X
|
|||||
Menyepakati
jadwal dan tugas
|
X
|
|||||
Menyusun
instrumen
|
X
|
|||||
Seminar konsep
pelaksanaan
|
X
|
|||||
2
|
Pelaksanaan
|
|||||
Menyiapkan kelas
dan alat
|
X
|
|||||
Melakukan
tindakan siklus I
|
X
|
|||||
Melakukan
tindakan siklus II
|
X
|
|||||
3
|
Penyusunan
laporan
|
|||||
Menyusun konsep
laporan
|
X
|
|||||
Seminar hasil
penelitian
|
X
|
|||||
Perbaikan
laporan
|
X
|
|||||
Penggandaan dan
pengiriman hasil
|
X
|
C. Subyek Penelitian
Dalam PTK ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII
yang terdiri dari 26 orang dengan komposisi 14 orang laki-laki dan 16 perp
Prosedur Penelitian
Siklus I
Siklus pertama dalam PTK ini terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan refleksi sebagai berikut :
1.
Perencanaan
- Tim peneliti
menganalisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan
disampaikan kepada siswa untuk pembelajaran dengan pelatihan dan penugasan
- Membuat rencana
pembelajaran
- Membuat lembar kerja
siswa
- Membuat intrumen yang
digunakan dalam siklus PTK
- Menyusun alat evaluasi
pembelajaran
2. Pelaksanaan
- Menyajikan materi pelajaran tentang majas personifikasi, hiperbola, litotes, ironi dan eufemisme
- Guru membimbing siswa membaca majas
- Siswa secara bergantian membaca majas dengan suara lantang
- Siswa secara berkelompok membaca majas
- Guru mengajukan pertanyaan atau kuis
- Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab atau memberi tanggapan
- Penguatan secara bersama-sama
- Melakukan pengamatan
3. Pengamatan (observasi)
- Situasi pembelajaran
- Keaktifan siswa
- Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru
4. Reflekting
- Sebagian besar siswa berani dan mampu menjawab pertanyaan guru
- Siswa aktif mengikuti pembelajaran tentang materi majas
- Siswa aktif membaca majas baik berkelompok maupun klasikal
Siklus I
Tahapan pada siklus pertama ini sebagai
berikut :
1.
Perencanaan
- Tim peneliti menganalisis kurikulum untuk mengetahui Kompetensi
Dasar yang akan disampaikan pada siswa tentang majas
- Membuat Rencana Pembelajaran
- Membuat lembar kerja siswa
- Membuat instrumen metode pelatihan dan penugasan yang digunakan
dalam PTK
- Menyusun alat evaluasi menentukan majas pada sebuah kalimat
2. Pelaksanaan
- Sebagian kelompok belum terbiasa membaca majas dengan suara keras
- Sebagian kelompok belum lancar dalam hafalan majas
Dengan
demikian, maka guru berupaya :
- Memberikan pengertian kepada siswa tentang manfaat jika mau membaca secara bersama dengan suara yang keras
- Guru membimbing siswa dalam mempelajari majas dengan pelatihan dan penugasan
- Guru membentuk kelompok dalam latihan majas
Dari
hasil pengamatan pada siklus pertama
dapat disimpulkan bahwa :
- Siswa mulai ada peningkatan membaca majas dengan suara keras
- Siswa lebih bersemangat menjawab tentang majas
- Beberapa siswa hafal tentang majas
2.
Pengamatan (observasi)
3.
Refleksi
LEMBAR
KERJA SISWA
SIKLUS
I
Tentukan majas
dan berikan alasannya pada kalimat-kalimat di bawah ini!
- Harga sembako sudah mulai memuncak
- Cita-citanya melangit saja
- Deburan ombak berteriak mendekapku di malam yang
- Nyiur melambai memanggil anak kecil yang sedang berlari
- Harga barang-barang menghampiriku dan berkata ikutlah aku
- Tawanya menggelegar hingga membelah bumi
- Angin pagi mengelus tubuh kami dengan mesranya
- Hatinya tersayat-sayat mendengar
berita itu
JAWABAN!
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
LEMBAR
KERJA SISWA
SIKLUS
II
Tentukan majas
dan berikan alasannya pada kalimat-kalimat di bawah ini!
- Pagi benar engkau
bangun Dit, baru pukul sepuluh
- Bagus benar tulisanmu,
aku tak bisa membacanya
- Harum benar bau
badanmu, sudah dua hari kamu belum mandi
- Badanmu amat gemuk, berapa
hari kamu tidak makan?
- Bagus, nilai
rapormu warna-warni
- Ibu, saya akan ke
belakang sebentar
- Baru-baru ini
pemerintah mengadakan penyesuaian harga beberapa bahan kebu-tuhan
pokok
- Beberapa anak di
pegunungan mengalami gizi buruk
- Ibunya sudah tidak
ada di tengah-tengah kita
JAWABAN!
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya…………………………………………
- Majas………………………. alasannya………………………………
LEMBAR
KERJA SISWA
SIKLUS
III
Tentukan majas
dan berikan alasannya pada kalimat-kalimat di bawah ini!
- Harga sembako sudah mulai memuncak
- Cita-citanya melangit saja
- Deburan ombak berteriak mendekapku di malam yang
- Nyiur melambai memanggil anak kecil yang sedang berlari
- Harga barang-barang menghampiriku dan berkata ikutlah aku
- Tawanya menggelegar hingga membelah bumi
- Angin pagi mengelus tubuh kami dengan mesranya
- Hatinya tersayat-sayat mendengar
berita itu
- Pagi benar engkau
bangun Dit, baru pukul sepuluh
- Bagus benar tulisanmu,
aku tak bisa membacanya
- Harum benar bau
badanmu, sudah dua hari kamu belum mandi
- Badanmu amat gemuk, berapa
hari kamu tidak makan?
- Bagus, nilai
rapormu warna-warni
- Ibu, saya akan ke
belakang sebentar
- Baru-baru ini
pemerintah mengadakan penyesuaian harga beberapa bahan kebu-tuhan
pokok
- Beberapa anak di
pegunungan mengalami gizi buruk
- Ibunya sudah tidak
ada di tengah-tengah kita
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs Hudal Islam I
Tahun : 2008-2009
Kelas/semester : VIII/II-1
Standar Kompetensi :
-
Kemampuan menemukan
pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang merupakan poko-pokok
berita
-
Kemampuan menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
SIKLUS I
1.
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat
menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan
bagaimana), yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi
2.
Materi pembelajaran
Menemukan
pokok-pokok berita
3.
Metode pembelajaran
Pelatihan
Penugasan
Tanya Jawab
4.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
awal
1)
Siswa mendengarkan
materi majas yang disampaikan guru
2)
Tanya jawab tentang
materi majas personifikasi, hiperbola
Kegiatan inti
1)
Siswa mendiskuskan
penjelasan majas
2)
Siswa berlatih dan
melaksanakan tugas tentang majas
Kegiatan
penutup
1)
Siswa dan guru melakukan
refleksi
5.
Sumber belajar
Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Mengetahui
Ka. MTs Hudal Islam I Guru Bahasa Indonesia
Dra. Ida Syarifah Harmin Pudji Prihani S Pd.I.,MM
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs Hudal Islam I
Tahun : 2008-2009
Kelas/semester : VIII/II-2
Standar Kompetensi :
-
Kemampuan menemukan
pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang merupakan poko-pokok
berita
-
Kemampuan menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
SIKLUS II
1.
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat
menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan
bagaimana), yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi
2.
Materi pembelajaran
Menemukan
pokok-pokok berita
3.
Metode pembelajaran
Pelatihan
Penugasan
Tanya Jawab
4.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
awal
3)
Siswa mendengarkan
materi majas yang disampaikan guru
4)
Tanya jawab tentang
materi majas litotes, ironi dan eufemisme
Kegiatan inti
3)
Siswa mendiskuskan
penjelasan majas
4)
Siswa berlatih dan
melaksanakan tugas tentang majas
Kegiatan
penutup
2)
Siswa dan guru melakukan
refleksi
5.
Sumber belajar
Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Mengetahui
Ka. MTs Hudal Islam I Guru Bahasa Indonesia
Dra. Ida Syarifah Harmin Pudji Prihani S Pd.I.,MM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs Hudal Islam I
Tahun : 2008-2009
Kelas/semester : VIII/II-3
Standar Kompetensi :
-
Kemampuan menemukan
pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang merupakan poko-pokok
berita
-
Kemampuan menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
SIKLUS III
1.
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat
menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan
bagaimana), yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi
2.
Materi pembelajaran
Menemukan
pokok-pokok berita
3.
Metode pembelajaran
Pelatihan
Penugasan
Tanya Jawab
4.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
awal
5)
Siswa mendengarkan
materi majas yang disampaikan guru
6)
Tanya jawab tentang
materi majas personifikasi, hiperbola, litotes, ironi dan eufemisme
Kegiatan inti
5)
Siswa mendiskuskan
penjelasan majas
6)
Siswa berlatih dan
melaksanakan tugas tentang majas
Kegiatan
penutup
3)
Siswa dan guru melakukan
refleksi
5.
Sumber belajar
Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Mengetahui
Ka. MTs Hudal Islam I Guru Bahasa Indonesia
Dra. Ida Syarifah Harmin Pudji Prihani S Pd.I.,MM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.