Jumat, 21 September 2012

Latihan ulangan Bahasa Indonesia (bagian 3) Mts/SMP

Contoh soal ini akan membantu siswa-siswi MTs/SMP yang ingin lebih banyak latihan dalam menghadapi ujian, bacalah soal dengan baik, dan....selamat belajar.........................

Contoh soal ulangan Bahasa Indonesia (bagian 3) MTs/SMP



31. Apabila kata dasar suci diberi imbuhan me-kan, maka kata tersebut menjadi….
A. mesucikan  C. mengsucikan
B. mensucikan D. menyucikan

32. Tuti : Bagaimana menurutmu Sus, pertandingan voli antara sekolah kita dengan sekolah tetangga kita kemarin ?
Susi : ah, sayang Tut, aku tidak menonton.
Ada kepentingan. Aku disuruh Ibu.
Tuti  : aku senang sekali Sus, tiga set sekolah kita menang mutlak. Skor akhir 3-0. Mereka di bawah kita teknik bermainnya.
Kalimat yang diucapkan Susi mengungkapkan rasa ….
A. senang C. sedih
B. kecewa D. sayang

33. Tidak mungkin ilmu yang kita miliki digunakan untuk tujuan ….
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah …
A. asosial C. sosialis
B. sosial D. sosialisasi

34. Eni : “Halo! Assalamualaikum”
Resna : “Waalaikumsalam”
Eni : ….
Resna : “Halo! Kebetulan saya sendiri?
Eni : “Apa kabar Res? Sudah lama kita tidak bertemu
Kalimat yang tepat untuk dialog di atas adalah ….
A. Saya ingin bertemu dengan Resna
B. Eh, Kamu siapa ?
C. Bisa bicara dengan Resna?
D. Resnanya ada ?

35.    Dengan setengah lari, aku marah pada kakak-kakaku “Kenapa sih telepon tidak ada mengangkat telepon. “Halo…..halo…..”, berulang kali aku ucapkan “halo”, tetapi tak ada yang menjawab.
      Aku kesal dan kututup telepon. Keluargaku tertawa melihat tingkahku. Kakakku menjelaskan bahwa suara telepon tadi berasal dari TV, bukan telepon rumah. Kakak-kakakku pun menertawakanku.
Hal yang menarik dari penggalan cerita di atas adalah ….
A. Aku marah-marah pada kakak-kakaknya
B. Aku merasa tertipu dan malu
C. Kakakku malas mengangkat telepon
D. Kakak-kakakku kesal terhadapku

36. Luka pada kaki Aisyah tidak sembuh-sembuh sehingga mengalami infeksi. Kata infeksi pada kalimat di  atas bermakna ….
A. Pendarahan C. Peradangan
B. Penyebaran D. Perembesan

37. Karena terlalu banyak zat asam yang tertimbun dalam perut, maka dapat menimbulkan gangguan infeksi pada lambung. Alat cerna yang tidak beres tidak dapat menyerap gizi, vitamin dan mineral secara sempurna. Akibatnya dapat fatal.
Istilah-istilah yang digaris bawahi pada paragraf di atas, termasuk istilah ….
A. Makanan C. Moral
B. Ekonomi D. Kesehatan

38.   Dalam perjalanan pulang, kedua peristiwa itu tidak hilang dari ingatanku. Alangkah bijaksananya, seandainya si kaya itu makan secukupnya saja tidak berlebihan. Rupanya ia terlampau banyak mendewakan perutnya. Ia tidak sadar telah mengurangi hidupnya dengan kelahapannya itu.
Kalimat berita negatif terdapat dalam kalimat ke ….
A. 1,2 dan 3 C. 2, 3 dan 4
B. 1,3 dan 5 D. 3, 4 dan 5

39. Walaupun Naufal …. Tetapi ia sangat pintar. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….
A. Tebal bibir C. tebal iman
B. Tebal hati D. tebal lidah

40. Berguru kepalang ….. bagai bunga kembang tak jadi. Kata yang tepat untuk melengkapi peribahasa di atas adalah …
Kata yang tepat untuk melengkapi peribahasa di atas adalah …
A. basah C. ajar
B. belajar D. tanggung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.