Minggu, 30 September 2012

Memindai/ scanning, gagasan utama dan jenis karangan




MEMBACA MEMINDAI (SCANNING)

Ringkasan materi :
Program ini memberikan pemahaman tentang cara membaca memindai (scanning) meliputi membaca kamus, kata-kata sukar, cara menemukan kata tertentu dalam kamus, makna kata tertentu secara tepat dengan konteks yang diinginkan, serta dapat menemukan kata-kata sukar dalam kamus secara cepat dan tepat
1.       Memindai :


Suatu teknik membaca untuk mendapatkan informasi dari bacaan yang lain, jadi langsung ke masalah yang dicari.
2.       Kamus :


Buku acuan yang memuat kumpulan kata, ungkapan, istilah, yang disusun menurut abjad beserta penjelasannya tentang makna dan pemakaiannya.
3.       Informasi dalam kamus :


a.       Lema atau entri yang berupa kata tunggal
b.      Semua tema atau entri disusun secara alfabetis
c.       Tiap lema ditulis dengan pemenggalan berdasarkan pedoman yang terinci
4.       Lema/entri :
Istilah untuk menyebut kata asal dalam kamus

5.       Cara menemukan kata dalam kamus :

a.       Tentukan kata yang akan dicari
b.      Cermati huruf pertama
c.       Untuk kata jadian, cermati kata dasarnya
d.      Pilih salah satu abjad yang sudah ditemukan
e.      Cari lema yang sudah tersusun secara alfabetis
f.        Pilih makna yang sesuai dengan konteks yang diinginkan

6.       Tajuk :
Daftar berisi sejumlah besar data informasi berupa kata-kata atau bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas, sehingga dengan mudah disimak.

7.       Jenis kata:
Kategori kata atau kelas kata ( kata benda, kata kerja, kata sifat)

8.       Ucapan :
Kata yang diucapkan, ujaran, lafal, sebutan

9.       Ejaan :
Kaidah cara menggambarkan bunyi (kata/kalimat) dalam bentuk tulisan/ huruf serta penggunaan tanda baca.

10.   Teks :
Tulisan sebagai bahan bacaan yang di dalamnya terdapat kata, istilah, dan pokok permasalahan atau ide.


GAGASAN UTAMA TIAP PARAGRAF
Ringkasan materi:
Program ini membahas tentang gagasan utama tiap paragraf.

Gagasan utama adalah
Pokok persoalan yang yang dibahas dalam paragraf. Pembahasan diawali dengan penjelasan gagasan utama paragraf, kalimat utama, letak kalimat utama, jenis-jenis paragraf, dan menemukan gagasan utama melalui kalimat utama baik yang tersurat maupun yang tersirat.

Kalimat utama adalah :
tempat gagasan utama disampaikan.

Letak kalimat utama :
Awal, akhir, awal-akhir, dan tersebar.

Paragraf deduktif :
Paragraf yang letak kalimat utama pada awal paragraf (umum-khusus)

Paragraf induktif :
Paragraf yang letak kalimat utama pada akhir paragraf (khusus-umum)

Paragraf deduktif-induktif :
Paragraf yang letak kalimat utama pada awal dan akhir paragraf.

Paragraf deskriptif :
Paragraf yang letak kalimat utamanya tersirat.

Cara menemukan kalimat utama adalah dengan mengajukan pertanyaan tentang apa yang dibahas dalam paragraf itu.

MERINCI GAGASAN UTAMA

Ringkasan materi :
Program ini mengajak kita untuk memahami dan menemukan gagasan utama, yang meliputi rincian gagasan utama, fungsi gagasan utama, jenis-jenis dan pengertian paragraf, kemudian menganalisis karakter gagasan utama. Langkah selanjutnya adalah mengungkapkan rincian gagasan utama dari tiap paragraf.

Cara memahami teks bacaan :
a.       Temukan gagasan utama sebagai kata kunci
b.      Temukan gagasan penjelas (yang menjelaskan gagasan utama/ menerangkan informasi yang terdapat pada gagasan utama)
c.       Dalam satu paragraf mempunyai minimal dua gagasan penjelas.

Contoh gagasan penjelas :
a.       Teknologi mempermudah pekerjaan manusia
b.      Teknologi meningkatkan kesejahteraan hidup
c.       Teknologi selalu dikembangkan untuk menjawab kebutuhan


Contoh kalimat utama :

Pohon pisang sangat bemanfaat

Kalimat penjelas :
a.       Pohon pisang bukan hanya buahnya yang bermanfaat juga daunnya untuk membungkus.
b.      Dalam upacara pesta pernikahan di Jawa selalu memakai pisang sebagai buah-buahan.

PENGERTIAN PARAGRAF DAN MENGARANG

a.       Paragraf :
Karangan yang terbentuk dari beberapa kalimat yang saling berhubungan dan mempunyai satu pikiran utama yang menjiwai seluruh karangan.
b.      Mengarang:
Menyusun atau mengorganisasikan buah pikiran atau ide-ide dalam rangkaian kalimat logis dan terpadu.


JENIS-JENIS KARANGAN

a.       Narasi/cerita:
Karangan yang menyajikan serangkaian kejadian/peristiwa yang biasa disusun berdasarkan urutan waktu yang dapat berupa kejadian yang sebenarnya atau khayalan (imajinasi) misalnya : dongeng, biografi, novel, hikayat, roman, kisah dan lain-lain.
b.      Eksposisi/paparan :
Pengembangan suatu gagasan dengan memberikan penjelas/ keterangan, contoh surat lamaran, laporan, iklan dan lain-lain.
c.       Deskripsi/lukisan :
Jenis karangan yang melukiskan sesuatu, mengemukakn sifat tingkah laku seseorang, suasana atau keadaan suatu tempat, digunakan untuk lukisan kesan yang kita peroleh.
d.      Argumentasi :
Karangan yang mengemukakan alasan atau argumen disertai contoh dan bukti yang kuat dan dapat pula disebut persuasi.

Sumber tema dapat diperoleh dari :
a.       Pengalaman
b.      Daya khayal/ imajinasi
c.       Pendapat
d.      Pengamatan

Prinsip dasar menyampaikan kritik :
a.       Hasil pengamatan mendalam dan proses berfikir kritis
b.      Berisi pandangan yang berbeda terhadap suatu hal
c.       Disertai dengan  pertimbangan baik dan buruk
d.      Menuju ke arah perbaikan
e.      Disampaikan dengan bahasa yang santun

Contoh :
a.       Tanggapan yang tidak tepat :
-          Menurut aku, paragraf yang dibuat Sri salah besar
-          Tema yang dilukiskan salah besar
b.      Tanggapan yang tepat :
-          Menurut saya, ide atau gagasan tema sudah benar.sebagai paragraf jenis campuran sudah benar karena kalimat utama terletak di awal dan di akhir paragraf.
-          Tema cinta pada tanah air sudah bagus sekali.
-          Kekurangan pada karangan ini, hanyalah menyebutkan jenis karangan, karena ini lebih tepat disebut narasi daripada argumentasi.
-          Gagasan utama tentang guru, bukan tanah air.

TUGAS !

Carilah beberapa teks wacana/bacaan secara berkelompok. Masing-masing kelompok mengidentifikasi gagasan utama tiap paragraf. Kemudian tiap kelompok memberikan kritik isi teks bacan berdasarkan gagasan utama yang kamu temukan dalam bacaan tersebut.


Selamat belajar dan sukses


Sumber : buku Bahasa Indonesia Bahan penyerta untuk siswa MTs/SMP kelas III semester 1,Depdiknas Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan ,2007





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.