Minggu, 23 September 2012

Pedoman Magang dan PPL




PENDAHULUAN
Bismillaahirrohmaanirrohiim

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat Rahmat dan Hidayah-Nya, maka Pedoman Pelaksanaan Magang dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dapat diselesaikan.
Diterbitkannya pedoman ini dimaksudkan agar mahasiswa, kepala RA/TK dan guru pamong serta dosen pembimbing dapat memahami tujuan/manfaat tugasnya masing-masing. Karena kegiatan magang dan PPL ini termasuk dalam katagori mata kuliah wajib dan meiliki bobot 6 SKS yang harus diikuti oleh semua mahasiswa  PGTK .................
Tentu saja pedoman ini tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan, oleh  karena itu, maka kami sangat mengharapkan saran dan kritik serta masukan yang membangun demi perbaikan di masa mendatang.

          Jakarta,...........................

        Tim Penyusun


PEDOMAN PELAKSANAAN MAGANG
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
MAHASISWA .......................

I.
Pengertian

A.
Magang adalah kegiatan pra Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang meliputi kegiatan observasi administrasi, sarana prasarana sekolah, situasi dan lingkungan sekolah serta Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

B.
PPL merupakan kegiatan kurikuler yang diarahkan untuk membantu mahasiswa calon guru dalam menerapkan berbagai keterampilan  berkaitan dengan tugas mengajar.

II.
Tujuan dan Manfaat

A. Magang


1.
Untuk mengenalkan mahasiswa pada lingkungan dan suasana sekolah.


2.
Untuk mendapatkan berbagai informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan administrasi, KBM dan sarana sekolah.


3.
Untuk mengaplikasikan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh selama kegiatan magang untuk diaplikasikan pada saat PPL.



B.
Program Pengalaman Lapangan


1.
Belajar menyusun dan melaksanakan Satuan Kegiatan Harian (SKH) secara sistematis dan logis yang mengarah pada tercapai tujuan yang hendak dicapai serta mampu menyelenggarakan kegiatan evaluasi.


2.
Mengintegrasikan dan menerapkan berbagai pengetahuan dan kemampuan, baik yang berkaitan dengan pengorganisasian kemampuan, pemilihan bahan, metode dan media pembelajaran yang sesuai.


3.
Menunjukkan tanggung jawab secara penuh sebagai guru dengan memperlihatkan aspek-aspek edukatif dalam kelas maupun di luar kelas.





III.
Tugas mahasiswa

A. Magang

Selama magang mahasiswa diwajibkan melaksanakan kegiatan observasi (Pengamatan dan Perencanaan) yang meliputi bidang-bidang  :


1.
Administrasi



1.1
Akademik, meliputi : Program Kerja Tahuan, Program Semester, Satuan Pelajaran, Buku Laporan Pendidikan (Raport)



1.2
Kemuridan, meliputi: Buku Induk, Klaper, Buku Mutasi, Absensi Mahasiswa, Buku Laporan Kemajuan Siswa



1.3
Kepegawaian, meliputi : Data Kepegawaian dan Absensi Guru



1.4
Hubungan dengan masyarakat, meliputi : Buku Tamu Umum, Buku Tamu Dinas, Buku Ekspedisi.



1.5
Sarana dan Prasarana, meliputi : Buku Inventaris Keadaan Gedung, Alat Permainan di dalam dan di luar gedung.



2.
Kegiatan Belajar Mengajar



2.1,
Perencanaan Pengajaran berupa Satuan Kegiatan Harian (SKH)



2.2
Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, meliputi :




a.
Pembukaan




b.
Inti Pembelajaran :





-
Pengorganisasian kelas (individual, kelompok dan klasikal)





-
Alokasi waktu (penggunaan waktu sesuai dengan yang telah ditentukan)





-
Penggunaan media yang sesuai dengan materi dan tujuan yang diharapkan dicapai.




c.
Istirahat





Perkembangan pemikiran sosial ekonomi dalam kegiatan bermain (apa yang dilakukan anak ketika bermain dengan temannya?)




d.
Penutup





Kesimpulan dari kegiatan belajar




e.
Integrasi agama dalam kegiatan belajar mengajar
Apakah kegiatan belajar mengajar sudah terkait dengan nilai agama Islam?

B.
Program Pengalaman Lapangan


Agar mahasiswa (calon guru) dapat mencapai tujuan di atas, maka yang bersangkutan perlu melakukan tugas-tugas berikut:


1.
Bertemu dengan kepala sekolah dan atau guru pamong   untuk :
-       Menanyakan bentuk / format Satuan Kegiatan Harian (SKH) yang biasa disusun di TK/RA yang bersangkutan
-       Menanyakan dan mencatat kemampuan yang akan dicapai dalam GBPP untuk selanjutnya dijabarkan ke dalam Satuan Kegiatan Harian (SKH) dan disajikan dalam kegiatan belajar mengajar.


2.
Menyusun Satuan Kegiatan Harian yang meliputi :
-       Merumuskan materi pengajaran dengan mengarah kepada kemampuan yang hendak dicapai
-       Menyusun urutan langkah kegiatan belajar mengajar yang sistematis dan mengarah kepada kemampuan yang hendak dicapai
-       Memilih dan menggunakan metode serta media yang tepat, menarik serta bervariasi.
-       Melakukan kegiatan penilaian untuk meliputi dan menilai tercapainya kemampuan yang hendak dicapai.


3.
Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)



-       Membuka awal pengajaran dengan mengarah kepada tujuan yang hendak dicapai.
-       Menyampaikan bahan-bahan pokok serta memberikan contoh-contoh konkrit dengan metode dan media yang menarik.
-       Memberikan tugas/latihan terpimpin yang bervariasi dalam penetapan penguasaan bahan materi pada siswa.
-       Menutup  pengajaran dengan mengadakan kegiatan penilaian setelah program kegiatan belajar mengajar diberikan.
-       Melaksanakan kegiatan evaluasi untuk melihat dan menilai tercapai tidaknya pelaksanaan KBM serta kemajuan perkembangan anak.


4.
Mengawasi  dan mengarahkan anak dalam bermain pada waktu kegiatan istirahat.

IV.
Tugas Kepala Sekolah dan Guru Pamong


1.
Memberikan bimbingan dan pengarahan langsung terhadap kegiatan praktek yang dilakukan praktikan.

2.
Memberikan penilaian terhadap kegiatan praktikan melakukan kegiatan praktek mengajar.

3.
Mengadakan koordinasi dengan dosen pembimbing dalam hal pelaksanaan magang dan PPL.

4.
Memberikan laporan hasil penilaian pada dosen pembimbing tentang kegiatan PPL yang dilakukan mahasiswa.

V.
Tugas Dosen Pembimbing


1.
Hadir minimal 3 kali ke lokasi PPL

2.
Memberikan  bimbingan dan pengarahan langsung mengenai kegiatan praktek mengajar yang dilakukan praktikan.

3.
Memberikan penilaian terhadap kegiatan praktikan selama melakukan kegiatan praktek mengajar.

4.
Mengadakan koordinasi dengan guru pamong dan kepala sekolah dalam pelaksanaan PPL.

5.
Mengisi daftar hadir dosen setiap kali berkunjung.

6.
Memberikan laporan hasil PPL kepada Pembantu Ketua STIT INSIDA.

VI.
Penilaian Terhadap Praktikan

1.
Tujuan


Tujuan penilaian adalah memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang proses belajar mengajar yang telah dilaksanakannya selama kegiatan praktek mengajar sehingga mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan potensi yang dimiliki.

2.
Aspek-aspek yang dinilai


A.
Penyusunan Rencana Kegiatan
1.    Penyusunan Satuan Kegiatan Harian (SKH)
2.    Penilaian Metode Pengajaran
3.    Pemilihan Media Pengajaran.


B.
Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
1.    Penguasaan bahan materi pengajaran
2.    Penggunaan metode pengajaran
3.    Penggunaan media pengajaran
4.    Penguasaan kelas
5.    Sistematika Pelaksanaan KBM (Kegiatan Pembukaan, Inti, Istirahat dan Penutup)
6.    Pelaksanaan kegiatan evaluasi pengajaran.


C.
Kepribadian
1.    Disiplin, penampilan, kerjasama dan tanggung jawab guru.
2.    Pengambilan Nilai
Penilaian terhadap praktikan dilakukan oleh dosen pembimbing setiap kali praktikan mengajar.

3.
Kriteria penilaian
Penilaian terhadap praktikan dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa yang dinilai adalah mahasiswa yang sedang praktik mengajar, bukanlah guru yang telah berpengalaman mengajar.
Penilaian setiap kegiatan praktik mengajar mengacu pada kriteria sebagai berikut :
A  = 85 – 100
B  = 70 – 84
C  = 60 – 69
D  = 50 – 59

VII.
Waktu Pelaksanaan
Magang dan PPL akan dilaksanakan pada tanggal ................ (disesuaikan)

VIII.
Laporan
Laporan magang dan pelaksanaan PPL mempunyai bobot dan penilaian 20% dari seluruh nilai. Oleh karena itu laporan ini sifatnya wajib dikerjakan oleh setiap kelompok dengan ketentuan sebagai berikut :


I.
Persyaratan teknis


a.
Kertas, huruf dan pengetikan


Laporan ini diketik di atas kertas berukuran 28 X 21 Cm (Kwarto) dengan berat 80 gram. Pengetikan laporan menggunakan Time New Roman 14 ditulis dengan 1,5 lines. Awal alinea dimulai pada ketukan ke  lima.



2.
Sampul Luar


-       Warna Hijau
-       Tulisan Warna Hitam
-       Logo  disimpan di bagian bawah


Laporan

Pelaksanaan Magang dan PPL Mahasiswa .........................
Di
...............................................................

Disusun Oleh
Kelompok.....................................


......................................................................
....................................
Tahun...............
 
 

















Pengesahan
Contoh

Pengesahan

Laporan Magang dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Mahasiswa PGTK ..........................................
Tahun Akademik .............

Disusun Oleh
Kelompok .........................
No.Registrasi
Nama Mahasiswa
1.000000000
Aniwati
2.111111111
Budiwati
3. dst
Cikawati

Telah diteliti
Di.................................Hari/Tanggal.....................
Mengetahui
Kepala TK/RA
Dosen
Pembimbing
Pembimbing


(.......................................)


(.........................................)

 
 




















3
Daftar Isi Laporan terdiri dari :
Lembar Pengesahan................................................................
i
Kata Pengantar.........................................................................
ii
Daftar Isi ...................................................................................

iii
BAB I PENDAHULUAN

A.
Latar Belakang.............................................................................

B.
Tujuan dan Manfaat.....................................................................


1.    Magang............................................................................
2.    Program Pengalaman Lapangan.....................................



BAB II KONDISI SEKOLAH

A.
Sejarah Berdirinya Sekolah.............................................

B.
Letak Geografis...............................................................

C.
Situasi dan Kondisi Sekolah............................................

D.
Struktur Organisasi..........................................................



BAB III PELAKSANAAN MAGANG DAN PPL

A.
Waktu dan Tempat


1.    Magang.................................................................
2.    PPL.......................................................................

B.
Tugas-tugas Praktikan


1.
Magang........................................................................


a.    Mengobservasi Administrasi  (Program Kerja Tahunan,Program Semester,Satpel,Raport).............


b.    Kemuridan, meliputi: Buku Induk, Klaper, Buku Mutasi, Absensi Mahasiswa, Buku Laporan Kemajuan Siswa........................................................................


c.    Kepegawaian, meliputi : Data Kepegawaian dan Absensi Guru............................................................


d.    Hubungan dengan masyarakat, meliputi : Buku Tamu Umum, Buku Tamu Dinas, Buku Ekspedisi...........


e.    Sarana dan Prasarana, meliputi : Buku Inventaris Keadaan Gedung, Alat Permainan di dalam dan di luar......................................................................


f.     Mengobservasi Satpel : dari kegiatan berbaris sampai penutup................................................................

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

A.   Kesimpulan.................................................................
B.   Saran..........................................................................


LAMPIRAN






PENUTUP

            Demikian pedoman pelaksanaan magang dan program pengalaman lapangan ini dibuat, dengan harapan bermakna dan bermanfaat, terutama bagi mahasiswa PGTK ................ yang akan melaksanakan.
            Akhirnya kami mohon maaf atas kekeliruan, itu semata-mata karena keterbatasan penulis.
            Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, tidak lupa kami menghaturkan terima kasih.


Alhamdulillah





Sumber : Buku Pedoman Magang dan PPL STIT INSIDA JAKARTA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.