Jumat, 19 Oktober 2012

Alat/Sumber Belajar Indoor dan Outdoor di Taman Kanak-Kanak




ALAT / SUMBER BELAJAR

Alat/sumber belajar di Taman Kanak-kanak dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yakni : alat/ sumber belajar di dalam ruangan/ kelas dan alat / sumber belajar di luar ruangan/kelas.
a. Alat/sumber Belajar di dalam ruangan/kelas

Alat/sumber belajar di dalam ruangan/kelas diatur sedemikian rupa sesuai situasi, kondisi dan model pembelajaran yang diterapkan di TK.

1. Pembelajaran kelompok dengan sudut pengaman
Kegiatan pengaman digunakan pada model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman. Kegiatan pengaman adalah kegiatan yang dimaksudkan agar anak-anak yang telah menyelesaikan tugas terlebih dahulu dalam kelompok dan kegiatan pada kelompok lain tidak terdapat tempat duduk yang kosong sehingga anak tersebut tidak mengganggu teman lain. Alat-alat bermain/ sumber belajar pada kegiatan pengaman antara lain misalnya balok-balok bangunan, mainan konstruksi, macam-macam kendaraan, kotak menara, alat pertukangan, lego, puzzle, permainan pola dan alat bermain/ sumber belajar lainnya.

2. Pembelajaran kelompok dengan sudut-sudut kegiatan
Alat/sumber belajar yang diperhatikan pada pembelajaran kelompok dengan sudut-sudut kegiatan diatur sedemikian rupa di dalam ruangan/kelas dan disusun menurut sifat dan tujuan kegiatannya. Ala/sumber belajar yang disediakan dalam sudut-sudut ini beraneka ragam alat/sumber belajar yang dapat merangsang anak untuk melakukan kegiatan bermain dengan tangan.

Sudut-sudut kegiatan dimaksud sebagai berikut :
a. Sudut keluarga
Alat yang disediakan antara lain : meja-kursi tamu, meja-kursi makan, peralatan makan, tempat tidur dan kelengkapannya, lemari pakaian, lemari dapur, rak piring,peralatan masak (kompor, panci, dsb), setrika, cermin, bak cucian/ ember, papan cucian, serbet, celemek, boneka, dan lain-lain.

b. Sudut alam sekitar dan pengetahuan
Alat yang disediakan antara lain : aquarium beserta kelengkapannya, timbangan, biji-bijian dengan tempatnya, batu-batuan, gambar proses pertumbuhan binatang, gambar proses pertumbuhan tanaman, magnit, kaca pembesar, benda-benda laut seperti:  kulit kerang, meja untuk tempat benda-benda yang menjadi objek pengetahuan, alat-alat untuk menyelidiki alam sekitar dan sebagainya.

c. Sudut pembangunan
Alat yang disediakan antara lain : alat-alat permainan konstruksi, seperti balok-balok bangunan, alat pertukangan, rak tempat balok, macam-macam kendaraan kecil, permainan lego, menara gelang, permainan pola, kotak menara, dan sebagainya.

d. Sudut kebudayaan
Alat yang disediakan antara lain : peralatan musik/perkusi, rak buku/ perpustakaan, buku-buku bergambar (seri binatang, seri buah-buahan, seri bunga-bungaan), buku-buku pengetahuan, peralatan untuk kreativitas, alat-alat untuk pengenalan bentuk, warna, konsep bilangan, simbol-simbol, dan sebagainya.

e. Sudut keagamaan
Alat-alat yang disediakan antara lain : seperti maket-maket rumah ibadah (Masjid,Gereja,Pura,Wihara),peralatan ibadah, alat-alat yang lain yang sesuai untuk menjalankan ibadah agama, gambar yang memupuk rasa ketuhanan daan sebagainya.

3. Pembelajaran berdasarkan minat
Pembelajaran berdasarkan minat menggunakan 10 area, yaitu :
Agama
Balok
Bahasa
Drama
Matematika
IPA
Musik
Seni / Motorik halus
Pasir dan air
Membaca dan menulis

Area agama
Maket tempat ibadah (Masjid,Gereja,Pura,Wihara), gambar tata cara sholat, gambar tata cara berwudlu, sajadah, mukena, peci, kain  sarung,, kerudung, buku Iqro’, kartu huruf hijaiyah, tasbih, Juz ‘Ama, Al Quran, kitab Injil, dan sebagainya.

Area balok
Balok-balok berbagai ukuran dan warna, loggo, lotto sejenis, lotto berpasangan, kepingan geometri dari triplek berbagai ukuran dan warna, kotak geometri, kendaraan tiruan (laut, udara, darat), rambu-rambu lalu lintas, kubus berpola, tusuk gigi, kubus berbagai ukuran dan warna, korek apai, lidi, tusuk es krim, bola berbagai ukuran dan warna, dus-dus bekas, dan sebagainya.

Area berhitung/ matematika
Lambang bilangan, kepingan geometri, kartu angka, kulit kerang, puzzle, konsep bilangan, kubus permainan, pohon hitung, papan jamur, ukuran panjang pendek, ukuran tebal tipis, tutup botol, pensil, manik-manik, gambar buah-buahan, penggaris, meteran, buku tulis, puzzle busa/angka, kalender, gambar bilangan, papan pasak, kartu gambar, kartu berpasangan, lembar kerja, dan sebagainya.

Area IPA
Macam-macam tiruan binatang, gambar-gambar perkembangan biakan binatang, gambar-gambar proses pertumbuhan tanaman, biji-bijian (jagung, kacang tanah, kacang hijau, beras), kerang, batu kerikil, pasir, bunga karang, magnit, mikroskop, kaca pembesar, pipet, tabung ukur, timbangan kue, timbangan sebenarnya, gelas ukuran, gelas pencampur warna, nuansa warna, meteran, penggaris, benda-benda kasar halus (batu, batu bata, amplas, besi, kayu, kapas, dll), benda-benda berbagai macam rasa (gula, kopi, asam, cuka, garam, sirup, bawang putih, lada, ketumbar, kemiri, lengkuas, daun salam, jahe, kunyit, jinten, dll)

Area musik
Seruling, kastanyet, marakas, organ kecil, tamburin, kerincingan, tri anggle, gitar kecil, wood block, kulintang, angklung, biola, piano, harmonika, gendang, rebana, dsb.

Area bahasa
Buku-buku cerita, gambar seri, kartu kategori nama, nama-nama hari, boneka tangan, panggung boneka, papan planel, kartu nama – nama bulan, majalah anak, koran, macam-macam gambar sesuai tema, dan sebagainya.

Area membaca dan menulis
Buku tulis, pensil warna, pensil 2 B, kartu huruf, kartu kata, kartu gambar, dsb.

Area drama
Tempat tidur anak (boneka), lemari kecil, meja kursi kecil (tamu, boneka, tempat jemuran, setrikaan, baju-baju besar, handuk, bekas make up-minyak wangi-sisir, kompor-komporan, alat permainan dapur, sandal, rak sepatu, telepon-teleponan, baju angkatan (polisi,TNI), baju dokter- dokteran, dsb.

Area pasir/Air
Bak air/pasir, aquarium kecil, ember kecil, gayung, garpu garuk, botol plastik, tabung air, cangkir air, saringan pasir, cetak-cetakan pasir, penyiram tanaman, dsb.

Area seni dan motorik
Meja gambar, meja-kursi anak, krayon, pensil warna/ 2B, kapur tulis, arang, buku gambar, kertas lipat, kertas koran, lem, gunting, kertas warna, kertas kado, kotak bekas, bahan sisa, dsb.

b. Alat/sumber Belajar di luar ruangan/kelas

Alat/ sumber belajar di luar ruangan/ kelas yang digunakan hendaknya memenuhi kebutuhan anak untuk memupuk perkembangan motorik intelektual, sosial dan emosional.
Guru hendaknya memberi kesempatan kepada anak untuk memperoleh berbagai pengalaman bermain dengan menggunakan berbagai macam alat/ sumber belajar dan memberi bantuan serta bimbingan pada saat-saat diperlukan.

Penempatan alat/ sumber belajar di luar ruangan/ kelas diatur sedemikian rupa dengan mempertimbangkan segi keamanan anak sehingga memberi kebebasan gerak kepada anak dalam bermain.

Jenis alat/ sumber belajar di luar, antara lain : jungkitan, ayunan, papan peluncur, papan titian, bak pasir dengan perlengkapannya, bola besar, bola kecil, kereta dorong, alat-alat pertukangan, kebun/ tanam-tanaman, kandang dan binatang peliharaan, tangga majemuk, sepeda roda tiga, ban bekas, taman lalu lintas, jala panjatan, dsb.


Terima kasih Anda telah berkunjung, semoga bermanfaat.
.

1 komentar:

  1. Trims untuk artikrl-artikel. Tuhan memberkati pelayanan Ibu di dalam dunia Pendidikan.

    BalasHapus

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.