Rabu, 10 Oktober 2012

DIKTAT BAHASA INDONESIA KELAS IX



SEMESTER  I
BAGIAN 1
A. Mendengarkan dan memahami khotbah
Tujuan : anak mampu menemukan hal penting dalam khotbah dan menyimpulkan pesannya.
Khotbah berisi pesan dan tuntunan moral bagi manuisa agar berbuat baik kepada sesama, mengajak manusia untuk melksanakan perintah dan menjauhi semua larangan Allah.
Khotbah = pidato : yaitu pengungkapan pikran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau sebuah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.
Perbedaannya, khotbah menyampaikan uraian berisi ajaran agama.
1.  Menemukan hal penting dalam khotbah
2.  Menyimpulkan pesan khotbah
B. Mengkritik dan memuji berbagai karya sastra (seni/produk)
     Kritik merupakan kecaman/ tanggapan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat dan sebagainya. Orang mengeluarkan kritik disebut pengkritik, sedang orang yang ahli dalam memberikan pertimbangan (pembahasan) tentang baik buruk sesuatu dikenal dengan kritikus.
Ilustrasi
pujian
kritik
Teman Anda menggambar pemandangan alam. Gambar-nya sangat bagus, namun pemilihan dan pemakaian warnanya kurang tepat/sesuai
Gambar pemandangan yang Anda selesaikan dengan waktu relatif singkat itu sangat bagus. Detail-detail yang Anda tampilkan mirip dengan pemandangan aslinya.
Pemilihan dan pemakaian warna yang Anda pakai menurut saya kurang pas. Warna hijau untuk hutan warnanya terlalu tua. Demikian pula untuk tanah. Warna coklat yang dipakai kurang muda. Alur sungai warnanya kurang punya greget
Teman Anda membuat keset lantai yang terbuat dari bahan kain perca berbagai motif/gambar bunga-bunga.








Adik kamu yang masih duduk di bangku SD menulis sebuah puisi yang ditugaskan oleh gurunya.










B. Membaca intensif tajuk dalam surat kabar
Tujuan : anak mampu menemukan gagasan utam dan gagasan pendukung opini/tajuk dalam surat kabar, membedakan fakta dan opini, menentukan keberpihakan penulis, mengajukan opini sendiri dengan menggunakan kalimat yang komunikatif, serta menyimpulkan isinya dengan kalimat yang lugas.
     Membaca intensif adalah teknik membaca secara sungguh-sungguh untuk men emukan hal-hal pokok di dalamnya, menemukan gagasan utama dan gagasana pendukungtiap paragrafnya.
     Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf, sedangkan gagasan pendukung adalah gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama.

C. Membedakan fakta dan opini (referensi :Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Fakta adalah sesuatu yang benar terjadi, sedang pendapat adalah pemikiran/ perkiraan tentang sesuatu hal (misal orang/ peristiwa)
Mencermati kalimat hubungan pengandaian
Konjungsi yang digunakan dalam kalimat hubungan pengandaian adalah kalau, jikalau, asalkan, andaikan, manakala, andaikata, apabila, andai, seandainya dan seumpama
LATIHAN!
Buatlah kalimat hubungan pengandaian dengan menggunakan konjungsi tersebut di atas!
D. Ungkapan
Adalah suatu kelompok kata yang khusus untuk menyatakan sesuatu maksud dalam arti kiasan, kata tersebut tidak diubah susunannya dan tidak dapat disisipi dengan kata lainnya. Makna masing-masing kata melebur membentuk makna baru. Contoh : naik daun, buah hati, tangan besi, buah pena, buah bibir.
BAGIAN  2

A. Melaporkan berbagai peristiwa
Tujuan : anak mampu mendeskripsikan kejadia / peristiwa secara terperinci dengan menggunakan kalimat yang jelas.
     Laporan dapat bersifat resmi dan tidak resmi. Mendeskripsikan maksudnya memamparkan/ menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.
B. Membaca cepat
Tujuan : anak mampu membaca cepat minimal 300 kata per menit untuk mendapatkan gagasan utama dan mampu menjawab pertanyaan.
BAGIAN 3
A. Berpidato
Tujuan : anak mampu berpidato berdasarkan kerangka pidato dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas dan mengungkapkan isi pidato dengan ungkapan yang menarik.
Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam berpidato :
-          salam pembuka (mengucapkan asslamu ‘alaikum, lalu ucapan terima kasih kepada para pengunjung atau panitia penyelenggara.
-          Pendahuluan ( pengantar ke arah pokok materi yang akan disampaikan)
-          Materi utama ( menyampaikan materi utama dengan mengemukakan contoh, ilustrasi, dan cerita ringan yang berkaitan dengan materi utama)
-          Kesimpulana, yaitu menutup pidato dengan kesimpulan dan ucapan terima kasih atas terlaksananya pidato tersebut.
-          Salam penutup, misalnya mengucapkan wassalaamu ‘alaikum
Macam-macam teknik pidato  :
1.        Bebas/tanpa teks, tanpa menggunakan teks sama sekali, sifatnya sederhana, karena hanya menyampaikan ucapan terima kasih/ meminta maaf kepada pendengar
2.        Dengan teks/terikat, segala sesuatu yang disampaikan terbatas yang terdapat di dalam teks
3.        Spontanitas, pidato langsung tanpa direncanakan sebelumnya.
4.        Menghafal, menyampaikan pidato sudah dipersiapkan jauh sebelumnya dengan cara menghafal
5.        menguraikan materi, sering digunakan oleh mereka yang ahli berbicara di depan banyak orang. Pidato ini memerlukan kemampuan berpenampilan dan berbicara dengan baik.

C. Membaca memindai
membaca memindai sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk mencari makna kata dalam kamus, mencari nomor telepon, menentukan informasi inti dalam teks.
Indeks adalah daftar kata/ istilah yang pendting dan terdapat di buku cetakan (biasanya pada akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata/ istilah itu ditemukan.
D. Mengubah kutipan novel menjadi bentuk drama
Tujuan : anak mampu mengubah kutipan novel menjadi dialog drama satu babak

BAGIAN 4
A. Menyampaikan ringkasan informasi
Tujuan : mengajak anak menyampaikan ringkasan pesan/informasi secara lisan dari berbagai media dengan menggunakan kalimat yang lugas.
B. Membaca ekstensif artikel
Tujuan : mengajak anak mencatat gagasan penting dari beberapa artikel dan menyeleksi gagasan yang diperlukan.
Membaca intensif adalah membaca secara sungguh-sungguh dalam satu sumber bacaan, sedangakn membaca ekstensif adalah membaca secara sungguh-sungguh dan dalam jangkauan yang luas, minimal 2 sumber bacaan.
C. Mencatat hal penting teks bacaan
Tujuan : mengajak anak membuat catatan dari teks yang dibaca mengenai hal-hal yang menarik atau hal penting.
D. Pergeseran makna
     Suatu kata mengalami penyempitan makna jika cakupan maknanya sekarang lebih sempit dengan makna dahulu. Contoh : kata sarjana (dulu orang yang berpengetahuan luas sekarang hanya yang lulus dari PT), pendeta, pala.
     Suatu kata mengalami perluasan makna jika makna sekarang lebih luas dibanding makna dahulu. Contoh : putri (dulu berarti anak raja sekarang untuk semua anak perempuan) , putra, berlayar, abang, adik, ibu, bapak,kaka,k, saudara.
no
Kata
Makna dahulu
Makna sekarang
Saudara



Kendaraan



Baju



Kursi



Panen



Keluarga



Kunci



Putra



Bapak



ibu




Musikalisasi puisi
Tujuan : mengajak anak menampilkan musikalisasi puisi dengan memerhatikan kesesuaian isi puisi dengan  iramanya.
     Musikalisasi puisi adalah mengubah syair menjadi lagu yang sesuai dengan kecepatan irama /alat musik yang mengiringinya. Untuk dapat memusikalisasi puisi, kita harus dapat memahami isi/ pesan yang terkandung dalam puisi.

BAGIAN 5
A. Berdiskusi
Tujuan : mengajak anak menyajikan pokok-pokok permasalahan yang akan disiskusikan, memandu diskusi, menyampaikan gagasan, pendapat, dan saran secara runtut, serta mengajukan pertanyaan.
1. Teknik berdiskusi dan berlatih diskusi
     Diskusi adalah cara bertukar pendapat antara dua orang/lebih untuk memperoleh kesepakatan/ keputusan bersama. Beberapa orang yang terlibat dalam pelaksanaan diskusi adalah  :
a.        Moderator (orang bertugas memimpin diskusi
b.        anarasumber (orang yang bertugas menyiapkan bahan yang akan didiskusikan)
c.        Sekretaris (orang yang mencatat jalannya diskusi)
d.        Peserta diskusi (orang yang ikut dalam pembicaraan)
Tata cara yang perlu diperhatikan  :
a.        Saran dan usul
-          setiap peserta berhak mengajukan pendapat, saran, usul
-          setiap peserta harus bersikap bijak, yaitu tidak memaksakan kehendak sendiri dan harus jujur dalam berargumen
b.        Menyanggah/ menolak pendapat
-          tukar pendapat memang perlu dalam berdiskusi, tetapi harus menghindari perselisihan pendapat
-          menyanggah atau menolak pendapat orang lain harus meyakinkan dan dengan alasan yang kuat
LAPORAN HASIL DISKUSI
Hari/tanggal     :  ..............................................
Waktu              :  .............................................
Tempat            :  ....................................
Narasumber    :  .................................................
Moderator      :  ......................................
Jumlah peserta:  ......................................................
Ringkasan     :  ..........................................................
Diketahui,                                                                              ......................, .............................
Ketua,                                                                                         Sekretaris,
(...........................................)                                                     ( ........................................)

B. Mengenal imbuhan ter-  dan –kan
Imbuhan ter- sebagai awalan, dapat mengalami perubahan bentuk menjadi te- dan tel-. Misal teperdaya dan telanjur. Fungsi awalan ter- adalah menyatakan proses berlangsungnya keadaan dan menyatakan perbadingan.
Arti awalan ter-  :
a.        dapat di.........,  = terangkat
b.        menjadi sangat, dalam keadaan paling, = tertinggi, terkaya
c.        tidak sengaja, = terinjak
d.        tiba-tiba dalam keadaan, = terduduk
e.        menyatakan keadaan yang berlangsung, = terbayang-bayang
Imbuhan –kan sebagai akhiran, berfungsi membentuk kata kerja transitif :
a.        membuat sesuatu, menyebabkan, = membesarkan, memutihkan
b.        melakukan sesuatu untuk orang lain, misalnya= membelikan, memandikan
c.        memberi,= menamakan
d.        membawa,= menerbangkan
C. Menulis artikel
Tujuan : mengajak anak mengenali bagian-bagian utama artikel, mendaftar butir-butir pokok dalam artikel, dan menuliskannya dengan ragam jurnalistik.
Butir-butir pokok dalam artikel antara lain menggunakan teknik 5 M dan 1 H ( what, where, who, when, why dan how)

Butir-butir pokok
apa
siapa
dimana
kapan
mengapa
bagaimana















D. Novel tahun 20-30 an
Perbedaannya angkatan 20 (Balai Pustaka) dengan angkatan 30 (Pujangga Baru)
Balai Pustaka
Pujangga Baru
Tema cerita mengenai adat istiadat dan kawin paksa
Tema cerita mengenai upaya memajukan kebudayaan nasional
Bercorak romantis
Bercorak romantis idealis
Pelaku utamanya berpendidikan rendah
Pelaku utamanya berpendidikan menengah atas/ tinggi
Isi cerita bersifat kedaerahan (menceritakan daerah tertentu)
Isi cerita bersifat nasional (tidak lagi bersifat kedaerahan)

BAGIAN 6
A. Melaporkan peristiwa
Tujuan : mengajak anak mendeskripsikan peristiwa secara terperinci dengan kalimat yang jelas.
Bacalah suatu peristiwa kemudian buatlah catatan tentang deskripsi peristiwa tersebut :
Jenis peristiwa   : ...............................
Tempat              :  ........................................................
Waktu               : ......................................................
Dialami oleh     : ..................................
Penyebab          :  ....................................................

B. Menulis surat dinas
Tujuan  : mengajak anak mendaftar butir-butir isi surat dinas dan menuliskannya dengan mengikuti sistematika penulisan dan bahasa yang baku
Pengertian surat  : secarik kertas yang bertulis dengan berbagai isi dan maksud.
Sedangkan surat dinas adalah : surat yang dikirimkan oleh kantor pemerintah dan bebas dari biaya, menggunakan bentuk dan tulisan dengan bahasa baku dan formal ditujukan untuk instansi lain.
Butir-butir surat dinas  :
a.        terdapat nomor surat, lampiran dan pokok isi surat
b.        terdapat salam pembuka dan salam penutup
c.        terdapat bagian yang merupakan inti surat
C. Mengenal imbuhan –i, -iah, dan –wi (berasal dari bahasa Arab) yang artinya bersifat
Lengkapi dengan memilih satu di antara jawaban yang tersedia di bawah ini!
a.        Siapa yang tidak kenal dengan ...... W.S. Rendra yang dijuluki si Burung Merak itu.
b.        Jadilah ..... muslim yang mempunyai wawasan luas tentang dunia dan akhirat!
c.        Hukuman .... sekarang sudah tidak ada lagi. Hukuman itu ada pada zaman jahiliyah.
d.        Sangat ..... jika dia merasa diperlakukan tidak adil oleh orang tuanya
e.        Kebutuhan .... dan rohaniah harus mendapat porsi yang seimbang
f.         Kedatangan .... dari ibu kota tadi malam menambah semarak pesta malam tahun baru
g.        Sebagai .... Indonesia yang andal, HAMKA tidak mudah dilupakan oleh para penggemar sastra di Indonesia
h.        Kecantikan gadis-gadis desa masih .... karena belum banyak tersentuh kosmetika modern
i.         Jamaah .......akhir-akhir ini ramai dibicarakan orang, baik melalui mass media maupun layar TV
j.         Kedatanganmu menyejukkan hatiku seperti tersiram air .....
Badani                                                                                              dramawan
Surgawi                                                                                             peragawati
Satrawan                                                                                            manusiawi
Cendekiawan                                                                                      islamiah
Alami                                                                                                  jasmaniah

D. Bermain peran
Tujuan : mengajak anak melakukan pemeranan berdasarkan dialog dram dan menyesuaikan dengan karakter tokoh yang dibawakan dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, dan artikulasi yang jelas.
LATIHAN!
1.  Tulis surat izin untuk wali kelas yang isinya kalian tidak masuk sekolah karena sakit.
2.  Buatlah kalimat dengan menggunakan kata : alamiah, hayati, duniawi, surgawi, badaniah
3.  Perankan :
-          nenek sedang menyeberang jalan dengan tongkatnya
-          petani sedang mencangkul
-          pedagang menjajakan dagangannya, dan lain-lain

BAGIAN 7
A.. Menguraikan isi tabel
Tujuan : mengajak anak menguraikan isi tabel ke dalam beberapa kalimat dan mengubah sajian tabel menjadi uraian
Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dan lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah disimak.
B. Mengenal imbuhan –is, -isme, dan –isasi
- imbuhan-is menyatakan sifat (yang bersifat)/menunjukkan orang yang ....
- imbuhan –isme berarti aliran/paham
- imbuhan –isasi berarti proses
C. Musikalisasi puisi
Adalah menyampaikan puisi dengan dilagukan, harus sesuai dengan nuansa puisi itu sendiri.
                                                                                         
                                                                                         BAGIAN 9
A. Menyampaikan informasi dari iklan
Iklan menurut Kamus Bahasa Indonesia (2002) adalah
a.        berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan
b.        pemberitahuan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa (misalnya, surat kabar dan majalah) atau tempat umum
1.  Ciri-ciri iklan baris
a.        letaknya dalam satu kolom
b.        satu kolom terdapat 2-10 baris
c.        bahasanya ringkas/singkat
d.        kata-kata ditulis dengan singkat
2.  Tujuan iklan baris di surat kabar  : untuk menghemat biaya
3.  Krtiteria pembuatan iklan baris  :
a.        bersifat komunikatif : maksudnya bisa ditangkap oleh pembaca
b.        singkat ( rumah=rmh, luas tanah=lt dll)
c.        lengkap : mencakup tersedianya informasi
B. Menulis artikel jurnalis
Tujuan : mengajak siswa mengenali berbagai bagian-bagian utama sebuah artikel model, mendaftar butir-butir pokok yang akan ditulis menjadi artikel, dan menulis butir-butir pokok ke dalam tulisan dengan memperhitungkan jenis ragam (jurnalis)
Tugas !
Bacalah artikel dari surat kabar kemudian tulislah pokok-pokok dari artikel tersebut!

BAGIAN 10
A. Membaca Scanning
Untuk menemukan kata-kata yang sulit maka kita menggunakan kamus. Di dalam kamus maka akan lebih mudah dan efektif-efisien menemukan kata yang sulit.
B. Meresensi buku pengetahuan/ penemuan
Tujuan : mengajak anak menulis data buku yang dibaca, menulis ikhtisar buku, mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku, dan menulis pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku.
Membuat resensi  :
-          tulislah data buku/ majalah
-          buat ikhtisar isi buku yang sudah dibaca
-          berilah tanggapan dari uku tersebut
-          carilah pengetahuan tentang penemuan suatu hal, kemudian buatlah catatan seperti tugas di atas.
C. Membandingkan sastra lama dan sastra modern (prosa baru)
Sastra lama
Sastra modern
a.        istana sentris : berpusat pada kehidupan raja/istana
b.        statis :proses perkembangan (perubahan) bentuk dan tema berlangsung sangat lamban
c.        tradisional : bentuk karangan tidak mengesampingkan pola tradisi : pantun dan syair
d.        klise : bahasanya berupa ungkapan yang sering diulang
e.        anonim, nama pengarang tidak dicantumkan
f.         fantastis : bentu karangan di luar kenyataan
a.         masyarakatnya sentris, berpusat pada kehidupan masyarakat
b.         bersifat dinamis, yaitu proses perubahan bentuk dan tema berjalan dengan cepat dan tanpa henti
c.         tema karangan pada sastra baru bersifat rasional (sesuai kenyataan sehari-hari)
d.         bentuk karangan tidak bersifat tradisional
e.         jarang menggunakan bahasa klise

BAGIAN 11
A. Mnegkritik dan memuji berbagai karya
Tujuan : mengajak siswa mengkritik atau memuji suatu karya karya seni yang dianggap bagus dan tidak bagus dengan alasan yang logis serta dengan bahasa yang santun dan lugas
No
Ilustrasi
Kritik
1
Paduan suara pada upacara hari Senin suara mereka fals dan tidak sampai karena nada terlalu tinggi

2
Salah satu stasiun TV menyiarkan acara musik yang penyanyinya berbusana seronok dan tidak sopan dalam bergoyang

3
Nina menyanyikan sebuah lagu dengan sangat bagus dan sesuai penampilannya malam itu


B. Menyunting





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.