SEMESTER I
BAGIAN 1
A. Mendengarkan dan memahami
khotbah
Tujuan : anak mampu menemukan hal
penting dalam khotbah dan menyimpulkan pesannya.
Khotbah berisi pesan dan tuntunan
moral bagi manuisa agar berbuat baik kepada sesama, mengajak manusia untuk
melksanakan perintah dan menjauhi semua larangan Allah.
Khotbah = pidato : yaitu
pengungkapan pikran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak
atau sebuah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.
Perbedaannya, khotbah menyampaikan
uraian berisi ajaran agama.
1.
Menemukan hal penting dalam khotbah
2.
Menyimpulkan pesan khotbah
B. Mengkritik dan memuji berbagai
karya sastra (seni/produk)
Kritik merupakan kecaman/ tanggapan
kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil
karya, pendapat dan sebagainya. Orang mengeluarkan kritik disebut pengkritik,
sedang orang yang ahli dalam memberikan pertimbangan (pembahasan) tentang baik
buruk sesuatu dikenal dengan kritikus.
Ilustrasi
|
pujian
|
kritik
|
Teman Anda menggambar
pemandangan alam. Gambar-nya sangat bagus, namun pemilihan dan pemakaian
warnanya kurang tepat/sesuai
|
Gambar pemandangan yang Anda
selesaikan dengan waktu relatif singkat itu sangat bagus. Detail-detail yang
Anda tampilkan mirip dengan pemandangan aslinya.
|
Pemilihan dan pemakaian warna
yang Anda pakai menurut saya kurang pas. Warna hijau untuk hutan warnanya
terlalu tua. Demikian pula untuk tanah. Warna coklat yang dipakai kurang
muda. Alur sungai warnanya kurang punya greget
|
Teman Anda membuat keset lantai
yang terbuat dari bahan kain perca berbagai motif/gambar bunga-bunga.
|
|
|
Adik kamu yang masih duduk di
bangku SD menulis sebuah puisi yang ditugaskan oleh gurunya.
|
|
|
B. Membaca intensif tajuk dalam
surat kabar
Tujuan : anak mampu menemukan
gagasan utam dan gagasan pendukung opini/tajuk dalam surat kabar, membedakan
fakta dan opini, menentukan keberpihakan penulis, mengajukan opini sendiri
dengan menggunakan kalimat yang komunikatif, serta menyimpulkan isinya dengan
kalimat yang lugas.
Membaca intensif adalah teknik membaca
secara sungguh-sungguh untuk men emukan hal-hal pokok di dalamnya, menemukan
gagasan utama dan gagasana pendukungtiap paragrafnya.
Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi
dasar pengembangan sebuah paragraf, sedangkan gagasan pendukung adalah gagasan
yang berfungsi menjelaskan gagasan utama.
C. Membedakan fakta dan opini
(referensi :Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Fakta adalah sesuatu yang benar
terjadi, sedang pendapat adalah pemikiran/ perkiraan tentang sesuatu hal (misal
orang/ peristiwa)
Mencermati kalimat hubungan
pengandaian
Konjungsi yang digunakan dalam
kalimat hubungan pengandaian adalah kalau, jikalau, asalkan, andaikan,
manakala, andaikata, apabila, andai, seandainya dan seumpama
LATIHAN!
Buatlah kalimat hubungan
pengandaian dengan menggunakan konjungsi tersebut di atas!
D. Ungkapan
Adalah suatu kelompok kata yang
khusus untuk menyatakan sesuatu maksud dalam arti kiasan, kata tersebut tidak
diubah susunannya dan tidak dapat disisipi dengan kata lainnya. Makna
masing-masing kata melebur membentuk makna baru. Contoh : naik daun, buah hati,
tangan besi, buah pena, buah bibir.
BAGIAN 2
A. Melaporkan berbagai peristiwa
Tujuan : anak mampu
mendeskripsikan kejadia / peristiwa secara terperinci dengan menggunakan
kalimat yang jelas.
Laporan dapat bersifat resmi dan tidak
resmi. Mendeskripsikan maksudnya memamparkan/ menggambarkan dengan kata-kata
secara jelas dan terperinci.
B. Membaca cepat
Tujuan : anak mampu membaca cepat
minimal 300 kata per menit untuk mendapatkan gagasan utama dan mampu menjawab
pertanyaan.
BAGIAN 3
A. Berpidato
Tujuan : anak mampu berpidato
berdasarkan kerangka pidato dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan
volume suara yang jelas dan mengungkapkan isi pidato dengan ungkapan yang
menarik.
Langkah-langkah yang harus
diperhatikan dalam berpidato :
-
salam pembuka (mengucapkan asslamu
‘alaikum, lalu ucapan terima kasih kepada para pengunjung atau panitia
penyelenggara.
-
Pendahuluan ( pengantar ke arah pokok
materi yang akan disampaikan)
-
Materi utama ( menyampaikan materi
utama dengan mengemukakan contoh, ilustrasi, dan cerita ringan yang berkaitan
dengan materi utama)
-
Kesimpulana, yaitu menutup pidato
dengan kesimpulan dan ucapan terima kasih atas terlaksananya pidato tersebut.
-
Salam penutup, misalnya
mengucapkan wassalaamu ‘alaikum
Macam-macam teknik pidato :
1.
Bebas/tanpa teks, tanpa
menggunakan teks sama sekali, sifatnya sederhana, karena hanya menyampaikan
ucapan terima kasih/ meminta maaf kepada pendengar
2.
Dengan teks/terikat, segala
sesuatu yang disampaikan terbatas yang terdapat di dalam teks
3.
Spontanitas, pidato langsung tanpa
direncanakan sebelumnya.
4.
Menghafal, menyampaikan pidato
sudah dipersiapkan jauh sebelumnya dengan cara menghafal
5.
menguraikan materi, sering
digunakan oleh mereka yang ahli berbicara di depan banyak orang. Pidato ini
memerlukan kemampuan berpenampilan dan berbicara dengan baik.
C. Membaca memindai
membaca memindai sangat diperlukan
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk mencari makna kata dalam kamus,
mencari nomor telepon, menentukan informasi inti dalam teks.
Indeks adalah daftar kata/ istilah
yang pendting dan terdapat di buku cetakan (biasanya pada akhir buku) tersusun
menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata/ istilah
itu ditemukan.
D. Mengubah kutipan novel menjadi
bentuk drama
Tujuan : anak mampu mengubah
kutipan novel menjadi dialog drama satu babak
BAGIAN 4
A. Menyampaikan ringkasan
informasi
Tujuan : mengajak anak
menyampaikan ringkasan pesan/informasi secara lisan dari berbagai media dengan
menggunakan kalimat yang lugas.
B. Membaca ekstensif artikel
Tujuan : mengajak anak mencatat
gagasan penting dari beberapa artikel dan menyeleksi gagasan yang diperlukan.
Membaca intensif adalah membaca
secara sungguh-sungguh dalam satu sumber bacaan, sedangakn membaca ekstensif
adalah membaca secara sungguh-sungguh dan dalam jangkauan yang luas, minimal 2
sumber bacaan.
C. Mencatat hal penting teks
bacaan
Tujuan : mengajak anak membuat
catatan dari teks yang dibaca mengenai hal-hal yang menarik atau hal penting.
D. Pergeseran makna
Suatu kata mengalami penyempitan makna
jika cakupan maknanya sekarang lebih sempit dengan makna dahulu. Contoh : kata
sarjana (dulu orang yang berpengetahuan luas sekarang hanya yang lulus dari
PT), pendeta, pala.
Suatu kata mengalami perluasan makna jika
makna sekarang lebih luas dibanding makna dahulu. Contoh : putri (dulu berarti
anak raja sekarang untuk semua anak perempuan) , putra, berlayar, abang, adik, ibu,
bapak,kaka,k, saudara.
no
|
Kata
|
Makna dahulu
|
Makna sekarang
|
Saudara
|
|
|
|
Kendaraan
|
|
|
|
Baju
|
|
|
|
Kursi
|
|
|
|
Panen
|
|
|
|
Keluarga
|
|
|
|
Kunci
|
|
|
|
Putra
|
|
|
|
Bapak
|
|
|
|
ibu
|
|
|
|
Musikalisasi puisi
Tujuan : mengajak anak menampilkan
musikalisasi puisi dengan memerhatikan kesesuaian isi puisi dengan iramanya.
Musikalisasi puisi adalah mengubah syair
menjadi lagu yang sesuai dengan kecepatan irama /alat musik yang mengiringinya.
Untuk dapat memusikalisasi puisi, kita harus dapat memahami isi/ pesan yang
terkandung dalam puisi.
BAGIAN 5
A. Berdiskusi
Tujuan : mengajak anak menyajikan
pokok-pokok permasalahan yang akan disiskusikan, memandu diskusi, menyampaikan
gagasan, pendapat, dan saran secara runtut, serta mengajukan pertanyaan.
1. Teknik berdiskusi dan berlatih
diskusi
Diskusi adalah cara bertukar pendapat
antara dua orang/lebih untuk memperoleh kesepakatan/ keputusan bersama.
Beberapa orang yang terlibat dalam pelaksanaan diskusi adalah :
a.
Moderator (orang bertugas memimpin
diskusi
b.
anarasumber (orang yang bertugas
menyiapkan bahan yang akan didiskusikan)
c.
Sekretaris (orang yang mencatat
jalannya diskusi)
d.
Peserta diskusi (orang yang ikut
dalam pembicaraan)
Tata cara yang perlu
diperhatikan :
a.
Saran dan usul
-
setiap peserta berhak mengajukan
pendapat, saran, usul
-
setiap peserta harus bersikap
bijak, yaitu tidak memaksakan kehendak sendiri dan harus jujur dalam berargumen
b.
Menyanggah/ menolak pendapat
-
tukar pendapat memang perlu dalam
berdiskusi, tetapi harus menghindari perselisihan pendapat
-
menyanggah atau menolak pendapat
orang lain harus meyakinkan dan dengan alasan yang kuat
LAPORAN HASIL DISKUSI
Hari/tanggal :
..............................................
Waktu :
.............................................
Tempat :
....................................
Narasumber :
.................................................
Moderator :
......................................
Jumlah peserta:
......................................................
Ringkasan :
..........................................................
Diketahui,
......................, .............................
Ketua,
Sekretaris,
(...........................................)
( ........................................)
|
B. Mengenal imbuhan ter- dan –kan
Imbuhan ter- sebagai awalan, dapat
mengalami perubahan bentuk menjadi te- dan tel-. Misal teperdaya dan telanjur.
Fungsi awalan ter- adalah menyatakan proses berlangsungnya keadaan dan
menyatakan perbadingan.
Arti awalan ter- :
a.
dapat di........., = terangkat
b.
menjadi sangat, dalam keadaan
paling, = tertinggi, terkaya
c.
tidak sengaja, = terinjak
d.
tiba-tiba dalam keadaan, =
terduduk
e.
menyatakan keadaan yang
berlangsung, = terbayang-bayang
Imbuhan –kan sebagai akhiran,
berfungsi membentuk kata kerja transitif :
a.
membuat sesuatu, menyebabkan, =
membesarkan, memutihkan
b.
melakukan sesuatu untuk orang
lain, misalnya= membelikan, memandikan
c.
memberi,= menamakan
d.
membawa,= menerbangkan
C. Menulis artikel
Tujuan : mengajak anak mengenali
bagian-bagian utama artikel, mendaftar butir-butir pokok dalam artikel, dan
menuliskannya dengan ragam jurnalistik.
Butir-butir pokok dalam artikel
antara lain menggunakan teknik 5
M dan 1 H ( what, where, who, when, why dan how)
Butir-butir pokok
|
|||||
apa
|
siapa
|
dimana
|
kapan
|
mengapa
|
bagaimana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Novel tahun 20-30 an
Perbedaannya angkatan 20 (Balai
Pustaka) dengan angkatan 30 (Pujangga Baru)
Balai Pustaka
|
Pujangga Baru
|
Tema cerita mengenai adat
istiadat dan kawin paksa
|
Tema cerita mengenai upaya
memajukan kebudayaan nasional
|
Bercorak romantis
|
Bercorak romantis idealis
|
Pelaku utamanya berpendidikan
rendah
|
Pelaku utamanya berpendidikan
menengah atas/ tinggi
|
Isi cerita bersifat kedaerahan
(menceritakan daerah tertentu)
|
Isi cerita bersifat nasional
(tidak lagi bersifat kedaerahan)
|
BAGIAN 6
A. Melaporkan peristiwa
Tujuan : mengajak anak
mendeskripsikan peristiwa secara terperinci dengan kalimat yang jelas.
Bacalah suatu peristiwa kemudian
buatlah catatan tentang deskripsi peristiwa tersebut :
Jenis peristiwa : ...............................
Tempat :
........................................................
Waktu :
......................................................
Dialami oleh : ..................................
Penyebab :
....................................................
|
B. Menulis surat dinas
Tujuan : mengajak anak mendaftar butir-butir isi
surat dinas dan menuliskannya dengan mengikuti sistematika penulisan dan bahasa
yang baku
Pengertian surat : secarik kertas yang bertulis dengan
berbagai isi dan maksud.
Sedangkan surat dinas adalah :
surat yang dikirimkan oleh kantor pemerintah dan bebas dari biaya, menggunakan
bentuk dan tulisan dengan bahasa baku dan formal ditujukan untuk instansi lain.
Butir-butir surat dinas :
a.
terdapat nomor surat, lampiran dan
pokok isi surat
b.
terdapat salam pembuka dan salam
penutup
c.
terdapat bagian yang merupakan
inti surat
C. Mengenal imbuhan –i, -iah, dan
–wi (berasal dari bahasa Arab) yang artinya bersifat
Lengkapi dengan memilih satu di
antara jawaban yang tersedia di bawah ini!
a.
Siapa yang tidak kenal dengan
...... W.S. Rendra yang dijuluki si Burung Merak itu.
b.
Jadilah ..... muslim yang
mempunyai wawasan luas tentang dunia dan akhirat!
c.
Hukuman .... sekarang sudah tidak
ada lagi. Hukuman itu ada pada zaman jahiliyah.
d.
Sangat ..... jika dia merasa
diperlakukan tidak adil oleh orang tuanya
e.
Kebutuhan .... dan rohaniah harus
mendapat porsi yang seimbang
f.
Kedatangan .... dari ibu kota tadi
malam menambah semarak pesta malam tahun baru
g.
Sebagai .... Indonesia yang andal,
HAMKA tidak mudah dilupakan oleh para penggemar sastra di Indonesia
h.
Kecantikan gadis-gadis desa masih
.... karena belum banyak tersentuh kosmetika modern
i.
Jamaah .......akhir-akhir ini
ramai dibicarakan orang, baik melalui mass media maupun layar TV
j.
Kedatanganmu menyejukkan hatiku
seperti tersiram air .....
Badani
dramawan
Surgawi
peragawati
Satrawan
manusiawi
Cendekiawan
islamiah
Alami jasmaniah
|
D. Bermain peran
Tujuan : mengajak anak melakukan
pemeranan berdasarkan dialog dram dan menyesuaikan dengan karakter tokoh yang
dibawakan dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, dan
artikulasi yang jelas.
LATIHAN!
1.
Tulis surat izin untuk wali kelas yang isinya kalian tidak masuk sekolah
karena sakit.
2.
Buatlah kalimat dengan menggunakan kata : alamiah, hayati, duniawi,
surgawi, badaniah
3.
Perankan :
-
nenek sedang menyeberang jalan
dengan tongkatnya
-
petani sedang mencangkul
-
pedagang menjajakan dagangannya,
dan lain-lain
BAGIAN 7
A.. Menguraikan isi tabel
Tujuan : mengajak anak menguraikan
isi tabel ke dalam beberapa kalimat dan mengubah sajian tabel menjadi uraian
Tabel adalah daftar berisi
ikhtisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata dan bilangan yang
tersusun secara bersistem, urut ke bawah dan lajur dan deret tertentu dengan
garis pembatas sehingga mudah disimak.
B. Mengenal imbuhan –is, -isme,
dan –isasi
- imbuhan-is menyatakan sifat
(yang bersifat)/menunjukkan orang yang ....
- imbuhan –isme berarti
aliran/paham
- imbuhan –isasi berarti proses
C. Musikalisasi puisi
Adalah menyampaikan puisi dengan
dilagukan, harus sesuai dengan nuansa puisi itu sendiri.
BAGIAN
9
A. Menyampaikan informasi dari
iklan
Iklan menurut Kamus Bahasa
Indonesia (2002) adalah
a.
berita pesanan untuk mendorong,
membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan
b.
pemberitahuan pada khalayak
mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa (misalnya,
surat kabar dan majalah) atau tempat umum
1. Ciri-ciri iklan baris
a.
letaknya dalam satu kolom
b.
satu kolom terdapat 2-10 baris
c.
bahasanya ringkas/singkat
d.
kata-kata ditulis dengan singkat
2. Tujuan iklan baris di surat kabar : untuk menghemat biaya
3. Krtiteria pembuatan iklan baris :
a.
bersifat komunikatif : maksudnya
bisa ditangkap oleh pembaca
b.
singkat ( rumah=rmh, luas tanah=lt
dll)
c.
lengkap : mencakup tersedianya
informasi
B. Menulis artikel jurnalis
Tujuan : mengajak siswa mengenali
berbagai bagian-bagian utama sebuah artikel model, mendaftar butir-butir pokok
yang akan ditulis menjadi artikel, dan menulis butir-butir pokok ke dalam
tulisan dengan memperhitungkan jenis ragam (jurnalis)
Tugas !
Bacalah artikel dari surat kabar
kemudian tulislah pokok-pokok dari artikel tersebut!
BAGIAN 10
A. Membaca Scanning
Untuk menemukan kata-kata yang sulit maka kita menggunakan kamus.
Di dalam kamus maka akan lebih mudah dan efektif-efisien menemukan kata yang
sulit.
B. Meresensi buku pengetahuan/
penemuan
Tujuan : mengajak anak menulis
data buku yang dibaca, menulis ikhtisar buku, mendaftar butir-butir yang
merupakan kelebihan dan kekurangan buku, dan menulis pendapat pribadi sebagai
tanggapan atas isi buku.
Membuat resensi :
-
tulislah data buku/ majalah
-
buat ikhtisar isi buku yang sudah
dibaca
-
berilah tanggapan dari uku
tersebut
-
carilah pengetahuan tentang
penemuan suatu hal, kemudian buatlah catatan seperti tugas di atas.
C. Membandingkan sastra lama dan
sastra modern (prosa baru)
Sastra lama
|
Sastra modern
|
a.
istana
sentris : berpusat pada kehidupan raja/istana
b.
statis
:proses perkembangan (perubahan) bentuk dan tema berlangsung sangat lamban
c.
tradisional
: bentuk karangan tidak mengesampingkan pola tradisi : pantun dan syair
d.
klise :
bahasanya berupa ungkapan yang sering diulang
e.
anonim,
nama pengarang tidak dicantumkan
f.
fantastis :
bentu karangan di luar kenyataan
|
a.
masyarakatnya
sentris, berpusat pada kehidupan masyarakat
b.
bersifat
dinamis, yaitu proses perubahan bentuk dan tema berjalan dengan cepat dan
tanpa henti
c.
tema
karangan pada sastra baru bersifat rasional (sesuai kenyataan sehari-hari)
d.
bentuk
karangan tidak bersifat tradisional
e.
jarang
menggunakan bahasa klise
|
BAGIAN 11
A. Mnegkritik dan memuji berbagai
karya
Tujuan : mengajak siswa mengkritik
atau memuji suatu karya karya seni yang dianggap bagus dan tidak bagus dengan
alasan yang logis serta dengan bahasa yang santun dan lugas
No
|
Ilustrasi
|
Kritik
|
1
|
Paduan suara pada upacara hari
Senin suara mereka fals dan tidak sampai karena nada terlalu tinggi
|
|
2
|
Salah satu stasiun TV menyiarkan
acara musik yang penyanyinya berbusana seronok dan tidak sopan dalam
bergoyang
|
|
3
|
Nina menyanyikan sebuah lagu dengan
sangat bagus dan sesuai penampilannya malam itu
|
|
B. Menyunting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.