Selasa, 09 Oktober 2012

Diktat Bahasa Indonesia kelas VII


BAGIAN  I
  1. Mendengarkan teks berita yang dibacakan
Tujuan  : anak dapat menuliskan pokok-pokok berita yang didengar
    1. Menulis pokok –pokok isi berita
a.  Apa isi berita yang disampaikan?
b.  Siapa yang diberitakan?
c.  Di mana kejadian dalam berita itu?
d.  Kapan peristiwa itu terjadi?
e.  Mengapa peristiwa itu sampai terjadi?
f.  Bagaimana cara penyelesaian masalah itu?
    1. Menuliskan isi berita
a.  Isi berita disusun berdasarkan 5 W dan 1 H (what
    who,when,why,where dan how)
  1. Menceritakan pengalaman yang mengesankan
Tujuan  : anak dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan pilihan kata dan kalimat yang menarik sehingga pendengar dapat membayangkan suasananya.
-          Pengalaman adalah guru yang baik
-          Setiap orang pasti memiliki pengalaman yang menyenangkan atau menyedihkan
-          Pengalaman sebagai sumber cerita
LATIHAN 1 !
    1. Ceritakan pengalaman menarik yang pernah kamu alami!
    2. Ceritakan pengalaman mengharukan/menyedihkan yang pernah kamu alami!
  1. Kalimat berita negatif
Ciri-ciri kalimat berita negatif
    1. Berisi berita kepada pembaca atau pendengar,
    2. Pada ragam lisan, bagian akhir kalimat ditandai nada menurun,
    3. Pada ragam tulis, bagian akhir kalimat ditandai tanda titik (.),
    4. Menggunakan kata tidak,bukan, dan tak.
LATIHAN 2 !
Buatlah 10 kalimat berita negatif !
  1. Membaca cepat
Untuk dapat membaca dengan cepat dengan baik, perlu menghindari menghindari  hal-hal  :
-          membaca dengan bersuara
-          menggunakan alat/jari untuk menunjuk
-          menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri
-          mengulang kata yang telah dibaca
Sarana yang dapat digunakan adalah menyediakan stopwacht/ jam, untuk menghitung kecepatan membaca.
Cara meningkatkan kecepatan membaca  :
-          metode gerak mata, yaitu memperluas jangkauan mata dan mengurangi regresi/pengulangan.
-          menghilangkan kebiasaan membaca dengan bersuara.
-          meningkatkan konsentrasi.
  1. Menulis kreatif puisi
Tujuan  : anak dapat menulis puisi yang kreatif, berisi gagasan sendiri dengan memilih kata dan rima yang menarik untuk menyampaikan ide.
LATIHAN 3!
Buatlah puisi dengan memilih salah satu dari judul puisi di bawah ini!
-          desaku nan permai
-          kicau burung di pagi hari
-          suratku untuk ibu
-          selalu kukenang wahai guruku
-          kuraih cita-cita dengan semangat belajar
LATIHAN 4!
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.    Dengan berat hati terpaksan ibu melepas kakak kuliah di luar kota.Setiap hari ibu selalu menelepon kakak di tempat kosnya. Maklum, baru pertama kali ini kami harus berpisah. Ungkapan dalam paragraf di atas adalah ....
a.  berat hati                                  b. luar kota                             c. tempat kos                    d. pertama kali
2.    Kami sekeluarga makan malam di warung lesehan. Di sana kami memesan menu yang disediakan. Ternyata dari puluhan menu makanan yang ditawarkan, tidak satupun siap. Kami kecewa dengan pelayanan mereka. Kalimat berita negatif paragraf di atas adalah .....
   a.  pertama       b. kedua       c. ketiga      d.  keempat
3.    Pengalaman berikut yang paling mengesankan adalah ....
a.      menari dan makan siang bersama di Istana Negara atas jamuan presiden
b.      berbelanja di toserba menghadapi hari raya Idul Fitri
c.      belajar bersama dengan teman untuk membahas masalah penting
d.      banjir besar melanda kota karena tidak lancarnya saluran air
4.    Banyak pasien yang cocok disembuhkan oleh dokter Puji. Ungkapan untuk pernyataan di atas adalah .....
a.      berhati dingin            c. bertangan dingin
b.      berpandangan dingin       d. bersikap dingin
5.    Apa arti peribahasa di bawah ini ?
a.      kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tidak tampak
b.      air susu dibalas air tuba
c.      seperti air di daun talas
d.      tong kosong berbunyi nyaring
e.      sambil menyelam minum air
f.      karena nila setitik rusak susu sebelanga
g.      hangat-hangat tahi ayam
BAGIAN 2
A.    Mendengarkan dan memahami isi berita
Tujuan  : anak dapat mencatat pokok isi berita yang didengarkan, menuliskannya dalam beberapa kalimat, dan memberi tanggapan
Apakah manusia membutuhkan informasi ? Dari mana saja mereka mendapatkan informasi itu?
1.    Dengarkan teman kalian yang membacakan berita!
2.    Tulislah isi dari berita yang telah kalian dengarkan!
3.    Berikan tanggapan dari berita yang telah kalian dengarkan berdasarkan apa yang telah kalian tulis!
B.    Menyampaikan berita dari media
No
Nama media
Pokok-pokok isi berita
1




2




C.    Membaca ekstensif
Tujuan : anak dapat menemukan topik yang sama dari berbagai media, menemukan masalah utama dari artikel, dan menyimpulkannya
Prinsip membaca ektensif ( teknik membaca yang bersifat luas jangkauannya, diperlukan beberapa sumber bacaan dengan topik yang sama, sehingga dapat dibandingkan isi beritanya), diperlukan minimal 2 sumber bacaan.
-          Bacalah 2 teks bacaan yang kalian dapatkan dari koran, dan temukan isi dari berita itu
D.    Mendengarkan pembacaan teks puisi
Bacalah cuplikan puisi karya Hartoyo Andangdjaja  di bawah ini dengan baik !
Dari seorang guru kepada murid-muridnya
Apakah yang kupunya, anak-anakku
Selain buku-buku dan sedikit ilmu
Sumber pengabdian kepadamu
Kalau di hari Minggu engkau datang ke rumahku
Aku taku, anak-anakku
Kursi-kursi tua yang di sana
Dan meja tulis sederhana
Dan jendela-jendela yang tak pernah diganti kainnya
Semua padamu aku bercerita
Tentang hidupku di rumah tangga
Jawablah !
Isi puisi di atas adalah.........................................
Suasana dalam puisi di atasa adalah .............................

BAGIAN  3
A.  Bertelepon
-  Tata krama dalam bertelepon
-  Praktik bertelepon
B.  Membacakan teks perangkat upacara
-  teks susunan upacara
-  teks pembukaan UUD 1945
-  teks Pancasila
-  teks do’a
C.  Menulis buku harian
Tujuan : anak dapat menuliskan pengalaman, pemikiran, dan perasaan pada buku harian dengan memerhatikan oleh ungkapan, waktu penulisan, dan bahasa yang ekspresif.
Apakah kalian memiliki buku harian?
Buku harian adalah  : buku yang dipakai untuk mencatat peristiwa yang dialamai seseorang setiap hari, baik menyenangkan, menyedihkan bahkan kadang-kadang menggelikan.
Buku harian bersifat pribadi.
No
Hari/
tanggal
Waktu/
tempat
peristiwa
















E.    Menanggapi pembacaan cerpen
Tujuan : anak dapat mengungkapkan karakteristik tokoh dengan cara penokohan disertai data tekstual dan menuliskan kembali cerpen.
Dalam sebuah karya sastra terdapat unsur :
-          Unsur intrinsik, yaitu : unsur yang terdapat di dalam karya sastra meliputi tokoh, penokohan, latar, tema, alur, sudut pandang, amanat dan gaya bahasa (apakah maksudnya)
-          Unsur ekstrinsik yaitu : unsur yang terdapat di luar karya sastra, meliputi nilai budaya sosial, ataupun moral.
ISILAH BERDASARKAN BACAAN YANG TELAH KALIAN BACA!
UNSUR-UNSUR
Keterangan
JUDUL

TOKOH

WATAK TOKOH

TEMA

ALUR

LATAR

AMANAT


TUGAS!
  1. Buatlah teks percakapan dalam telepon dengan teman akrabmu dari pengalaman yang menjengkelkan, menggelikan atau lucu!
  2. Apa yang harus diperhatikan saat membaca teks perangkat upacara?
BAGIAN  4
A.  Mendengarkan isi wawancara
1.  Melakukan wawancara dan menuliskan isi wawancara
2.  Menyampaikan hasil wawancara
B.  Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat
Tujuan  : anak dapat membaca teks percakapan dengan artikulasi yang jelas dan dengan lafal, intonasi, jeda yang tepat.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membaca teks percakapan :
      -  memahami dan menghayati teks yang akan dibaca
      -  berlatih mengucapkan lafal, intonasi dan jeda yang tepat
Lafal  : cara mengucapkan bunyi bahasa
Intonasi  : tekanan yang menyatakan tinggi rendahnya suara (misal intonasi bertanya dan perintah.
Jeda  :  perhentian yang menunjukkan bahwa tutur kata tersebut masih akan dilanjutkan (tanda /) atau diakhiri (tanda //)

C.  Menyunting karangan dan kata sapaan
Tujuan  : anak dapat menyunting karangan orang lain dengan memerhatikan ketepatan ejaan tanda baca dan pilihan katanya.
Menyunting artinya  : meneliti, mengoreksi, dan memperbaiki tulisan supaya benar, tepat tanda baca/ pilihan kata, ejaan dan lain-lain.
Suntingan  :  hasil menyunting
Yang termasuk kata sapaan :
ayah, ibu, bibi, paman, tante, suster, adik, dokter, kakak dan lain-lain.
Contoh  :
      “Ibu, hari ini akan masak apa? ( ibu = kata sapaan)
      Ibu saya seorang guru. ( ibu= kata acuan)
D.  Menulis pantun
Tujuan  : anak dapat menulis pantun dengan pilihan kata yang sesuai dan memerhatikan syarat-syarat pantun
Ciri-ciri puisi lama jenis pantun dan syair
PANTUN  :
1.    SATU BAIT TERDIRI 4 BARIS
2.    JUMLAH KATA/SUKU KATA 8-12 SUKU KATA
3.    BERSAJAK AB-AB
4.    BARIS 1 DAN 2 ADALAH SAMPIRAN
5.    BARIS 3 DAN 4 BERUPA ISI

SYAIR :
  1. SATU BAIT TERDIRI 4 BARIS
  2. JUMLAH KATA/SUKU KATA TIAP BARIS 8-12 SUKU KATA
  3. BERSAJAK AA-AA
  4. SEMUA BARIS BERUPA ISI
LATIHAN !
1. Kalimat yang memakai kata sapaan adalah ....
      a.  Sampai jumpa lagi ya, Ani?
      b.  Pagi ini Lisa tidak masuk sekolah
      c.  Tahun ini Yoga masuk SMP
      d.  Dika dan Yoga sudah berteman sejak kecil
2.  Kalimat yang di dalamnya terdapat kata acuan adalah ....
      a.  Selamat malam, Dokter?
      b.  Kakak menjadi dokter di daerah terpencil.
      c.  Kapten, masih mampu melanjutkan pekerjaan berikutnya?
      d.  Bibi masak apa hari ini?
3.  Ungkapan mati kutu berarti....
      a.  mati dengan pelan         b.  tidak dapat berkutik
      c.  mati seperti kutu         d.  tidak dapat bernyawa
4.  “Siapa yang memasang karikatur itu?”tanya Anton,. Makna     karikatur adalah .............
      a.  orang yang membuat gambar di koran
      b.  gambar olok-olok yang mengandung pesan /sindiran
      c.  gambar sejenis komik yang lucu
      d.  kolom yang berisi gambar-gambar di koran
5.  Buatlah sebuah pantun!
6.  Buatlah 3 kalimat yang mengandung kata sapaan dan 3 kata acuan!

BAGIAN 5
A. Mendengar wawancara
Tujuan anak dapat  menulis hal-hal penting yang dikemukakan narasumber secara singkat kemudian menyampaikan kepada orang lain secara lisan.
Wawancara adalah  :
      Cara pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber.
Proses wawancara :
1.  Pendahuluan ( membuat janji dengan narasumber tentang tujuan, waktu, tempat serta materi)
2.  Pembukaan (pembicaraan dimulai dari yang ringan dan penuh persahabatan)
3.  Tahap ini (Mengajukan pertanyaan dengan sistematis, sigkat dan jelas. Sambil wawancara, lakukan pencatatan/ perekaman)
4.  Penutup (mengucapkan terima kasih)
B.  Mengumumkan
Tujuan : anak dapat membaca pengumuman dengan intonasi yang tepat
Hal-hal yang harus diperhatikan :
-          bahasa yang digunakan harus informatif
-          memerhatikan tekanan, jeda dan intonasi
C.  Menulis surat pribadi
Tujuan  : anak dapat menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
LATIHAN!
        Buatlah sebuah surat pribadi, ditujukan untuk sahabat sejati yang sedang menuntut ilmu di luar kota!
Teknik mendongeng :
a.    Penguasaan vokal/ suara ( bagaimana menirukan suara orang menangis, tertawa ...)
b.    Penguasaan lafal /jelas
c.    Penguasaan intonasi/ tinggi rendahnya suara (dapat membedakan pengucapan sebuah kalimat dengan nada sedih, marah, gembira...
d.    Penguasaan mimik/ gerakan/tindakan untuk menirukan sesuatu (misal jalannya kera,mimik orang menangis, ...) 

BAGIAN 6
A.   Membaca intensif tabel
Tujuan : anak dapat menemukan informasi secara cepat, menyampaikan pertanyaan tentang isi tabel dan mampu mengubah tabel menjadi narasi.
Perhatikan tabel!
Buatlah 5 pernyataan berdasarkan gambar tebel di atas!
B.  Menemukan kata berimbuhan
Makna imbuhan ke-an :
    a.menyatakan sesuatu hal/peristiwa terjadi (kewajiban,kenyataan)
    b.menyatakan tempat/daerah (kedutaan,kecamatan)
    c. menyatakan menderita sesuatu hal (kedinginan,kehujanan)
    d. menyatakan menyerupai (kehijau-hijauan,kekanak-kanakan)
    e. menyatakan terlalu (kependekan,kebesaran)
    f. menyatakan suatu perbuatan yang tidak sengaja (ketiduran,...)
Makna imbuhan ber-an :
    a. menyatakan banyak pelaku (berdatangan, berlarian)
    b. perbuatan yang diulang-ulang (berguling-guling)
    c. hubungan antara dua pihak (bersebelahan,bersamaan)
    d. pernyataan timbal balik/resiprok (bersalaman, bersahutan)
Makna imbuhan ber-kan  :
    a. sebagai penguat dan dapat berarti“memiliki, memakai”(berda-
       sarkan, bersenjatakan)
    b. ringkasan dari kata akan (berharapkan,berimpikan)
    c. sebagai pemanis (bertaburkan,bersuntingkan)
no
imbuhan
Kata asal
Kata jadian
Ke-an
Ber-an
Ber-kan































BAGIAN 7
A.  Identifikasi data pribadi, yang ada dalam data pribadi adalah :
     Nama              : 
     jenis kelamin     :
     tanggallahir      :
     alamat            :
     hobi/ kegemaran   :
     agama             :
     anak ke-          :
     jumlah saudara    :
Sinonim dan antonim
Sinonim adalah kata-kata yang sama maknanya.
Antonim adalah kata-kata yang berbeda maknanya.
LATIHAN ! Tulislah 10 kata yang mengandung sinonim dan 10 kata yang mengandung antonim.
B. Polisemi
Contoh :
-          kepala adikku terbentur dinding (bagian tubuh paling atas)
-          kepala kereta api baru saja dilepas dari gerbong(lokomotif)
-          kepala stasiun sibuk sekali (pimpinan stasiun)
Kata kepala memiliki hubungan makna (sesuatu yang berada di atas), kata-kata seperti itu disebut polisemi (kata/frase) yang memiliki makna lebih dari satu.
LATIHAN!
Susunlah kalimat dengan menggunakan kata berpolisemi berikut ini dan jelaskan artinya !
kaki meja : ........................................................
....................................................................
berjalan kaki : ....................................................
....................................................................
kaki gunung : ....................................................
....................................................................
kaki langit : ....................................................
....................................................................
kaki tangan : ....................................................
....................................................................

C. Makna konotasi
Adalah makna tambahan terhadap makna dasarnya berupa nilai rasa tertentu, misal perasaan hormat, kesal atau merendahkan/ tidak sama dengan makna kiasan (ada negatif dan ada positif)
   Makna denotasi adalah makna kata lugas dan menunjuk langsung pada acuan tanpa disertai nilai rasa/emosi
D. Membaca memindai (SCANNING)
Untuk menemukan kata-kata yang sulit maka kita menggunakan kamus. Di dalam kamus maka akan lebih mudah dan efektif-efisien menemukan kata yang sulit.
E. Ungkapan
Adalah gabungan kata yang maknanya tidak sama dengan gabungan unsur-unsur kata pembentuknya
Contoh : menundukan muka(malu), melambung jauh hatinya (sangat senang), berlapang dada(sabar), bertekuk lutut (menyerah)
F. Peribahasa
Adalah ungkapan berupa kalimat ringkasan dan pada isinya. Biasanya berupa perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup, aturan tingkah laku. Pepatah adalah peribahasa yang berisi nasihat/ ajaran.

BUKU PANDUAN :
  1. Ratna Purwaningtyastuti.Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMP dan MTs Kelas VII.2005
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia.2002


SEMESTER II ( BAGIAN 8 )
A. Membaca memindai
Tujuan  : anak mampu menemukan kata tertentu dari dalam kamus dan mengetahui maknanya secara cepat dan tepat serta menggunakan kata tersebut
Pengertian membaca memindai adalah teknik membaca untuk mengetahui isi bacaan dengan cara memahami setiap bagian dalam bacaan tersebut (mengetahui kata-kata yang sulit, dengan menggunakan kamus secara alfabetis.
B. Membuat karangan
   Gunakan arti kata-kata yang sudah kalian temukan, buatlah karangan dengan menggunakan kata-kata tersebut.
C. Mengubah teks wawancara menjadi bentuk naratif (penceritaan suatu kejadian). Maka kalian harus memahami kalimat langsung maupun tidak langsung. Kalimat langsung adalah kalimat yang merupakan kutipan atau ucapan langsung.Ciri-ciri kalimat langsung :
     - menggunakan tanda petik(“...”)
     - tidak menggunakan kata tugas
     - kalimat yang diberi tanda petik dapat berbentuk kalimat
       berita, tanya, perintah
-          kata ganti orang pada kalimat yang dikutip adalah tetap
-          intonasi pada bagian yang dikutip lebih tinggi daripada bagian lainnya
Kalimat tak langsung adalah kalimat yang merupakan ucapan tak langsung atau sudah mengalami pengolahan dari penyampai berita.
Ciri-ciri kalimat tak langsung :
-          tidak beranda petik
-          berkata tugas, seperti supaya, bahwa, sebab dan untuk
-          kalimatnya berbentuk kalimat berita
-          intonasinya mendatar dan menurun pada akhir kalimat
-           
D. Mendongeng

BAGIAN 9
A. Membaca pengumuman hasil lomba.
   Dalam membaca hasil lomba harus diperhatikan artikulasi, lafal, intonasi dan jeda yang tepat. Artikulasi adalah pengucapanan sebuah kata. Lafal adalah pengucapan bunyi bahasa. Intonasi adalah lagu kalimat. Jeda adalah hentian sebentar dalam suatu ujaran
Sebelum masuk pada bagian isi kalimat, terdapat permulaan, misalnya  :
-          dengan ini kami umumkan ......
-          berdasarkan ..., kami umumkan...
-          dengan surat ini kami umumkan ...
-          dengan ini kami beritahukan, bahwa...
Untuk mengakhiri pengumuman, dituliskan kalimat penutup pengumuman :
-          atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih
-          Kami ucapkan terima kasih atas perhatian saudara
-          Pengumuman ini kami harap diperhatikan dan dilaksanakan

BAGIAN 10
A. Cerita Tokoh Idola
Tujuan : anak mampu menceritakan tokoh idola masing-masing dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakan.
Rambu-rambu yang dipergunakan untuk menceritakan tokoh idola supaya runtut dan lengkap, yaitu  :
a.  menyebutkan nama tokoh dan identitas lainnya secara lengkap
b.  menyebutkan prestasi yang telah diraih sang tokoh
c.  memberi alasan mengidolakannya
B. Menulis surat
Bagian-bagian dalam surat (surat permohonan) meliputi  :
  1. tanggal, alamat, nomor surat, perihal dan lampiran
  2. salam pembuka dan salam penutup ( Dengan ini saya mohon bantuan Saudara untuk ....., atas bantuan Saudara, saya ucapkan terima kasih
  3. inti surat
BAGIAN 11
A. Membaca tabel
     Tabel  adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem. Tabel penulisannya urut ke bawah dalam lajur dan deret dalam garis pembatas, sehingga mudah disimak.
     Untuk membaca tabel diperlukan teknik membaca memindai/ scanning yaitu teknik membaca untuk memperoleh informasi secara cepat dan langsung pada sasarannya. Artinya, mencari informasi yang dibutuhkan dengan mencari terlebih dahulu bagian dari bacaan yang memuat informasi tersebut.
      Mengubah tabel menjadi narasi, yaitu pengisahan suatu kejadi-an/cerita.

B.  Menulis M E M O (pesan singkat)
Tujuan  : anak mampu menulis pesan sesuai dengan isi, dengan menggunakan kalimat efektif, serta memerhatikan santun bahasa
Pengertian memo adalah surat singkat yang digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu, memo mirip dengan telegram. Kapan memo digunakan? memo digunakan dalam keadaan khusus, yaitu dalam keadaan tergesa-gesa, waktu terbatas atau mendesak, untuk menyampaikan pesan kepada seseorang tetapi orang itu tidak berada di tempat.
2 macam memo  :  memo resmi (lengkap dengan kop) dan memo tidak resmi ( biasanya ditujukan untuk teman)
BAGIAN 12
A. Membaca ekstensif
Tujuan : anak mampu menemukan suatu toipik yang sama dari beberapa media cetak, menemukan maslah utama tiap artikel, dan mampu menyimpulkan permasalahan utama dari semua artikel.
Membaca ekstensif adalah membaca untuk menjangkau isi berita secara luas, maka membaca ekstensif diperlukan beberapa buku/ sumber bacaan (untuk menemukan topik yang sama dari teks a dan teks b)
B. Menggunakan kata sifat
Kata sifat adalah kata yang dipakai untuk mengungkapkan sifat atau keadaan orang, benda atau binatang. Ciri-ciri kata sifat  :
-          diberi keterangan pembanding (lebih, kurang dan paling)
-          diberi keterangan penguat (sangat, amat, sekali dan terlalu)
-          dapat diulang dengan imbuhan se-nya
-          didahului dengan kata ingkar tidak
C. Menemukan latar, tema, perwatakan dan nilai dalam cerita
Latar  : salah satu unsur intrinsik dalam karya sastra yang merupakan keadaan tempat dan waktu terjadinya cerita.
Tema  : inti atau ide dasar sebuah cerita
Perwatakan  : penggambaran karakter para tokoh dalam cerita, sedangkan nilai dalam cerita adalah ajaran moral yang disampaikan pengarang melalui cerita tersebut.
                                     BAGIAN 13
A. Menyunting tulisan orang lain ( memperbaiki tulisan orang lain)
B. Menggunakan kata berkonotasi positif/ negatif
C. Menulis puisi kreatif


BUKU PANDUAN :
  1. Ratna Purwaningtyastuti.Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMP dan MTs Kelas VII.2005
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia.2002

4 komentar:

  1. Terima kasih Banget diktatnya, sangat bermanfaat. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke pak guru, alhamdulillah diktatnya bermanfaat

      Hapus
  2. Makasih, Bu, terbantu banget buat belajar anak2.

    BalasHapus

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.