SEMESTER
I
BAGIAN 1
A. Mendengarkan teks laporan perjalanan
Tujuan : mengajak anak menuliskan laporan perjalanan
dengan kalimat singkat dan menaggapi laporan teman denga mengajukan pertanyaan.
Pernahkah kalian
mengadakan perjalanan? Misalnya wisata ke pantai, ke candi, ke kebun binatang,
ke museum.
Hal-hal yang harus
dituliskan dalam laporan perjalanan :
- Tujuan :
- Acara :
- Waktu berangkat :
- Peserta :
- Kegiatan di tempat:
- Waktu tiba :
B. Membuat wawancara dengan narasumber
No
|
Tujuan wawancara
|
Pewawancara
|
Narasumber
|
Pokok pembicaraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Menulis rangkuman beberapa bacaan
No
|
BUTIR-BUTIR POKOK
|
||
TEKS A
|
TEKS B
|
TEKS C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Membacakan puisi karya sendiri
Puisi : salah satu bentuk karya sastra yang dituangkan dalam bahasa
yang singkat, padat dan indah. Oleh karena itu membacakan puisi dengan suara
nyaring atau disebut juga berdeklamasi.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca
puisi :
- menggunakan irama yang sesuai dengan isi
puisi
- mimik atau gerak-gerik anggota tubuh dan raut
muka sesuai dengan isi puisi
- kinstik atau gerak tubuh sebagai bagian
proses komunikasi sesuai dengan isi puisi
- volume suara yang tepat.
BAGIAN 2
A. Mendengarkan dan memahami berita dari radio atau televisi
Tujuan : mengajak anak mengungkapkan kembali isi
berita dari radio/ televisi serta menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana,
kapan, mengapa, bagaimana tentang berita yang didengar.
Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau karangan mengenai kejadian atau
peristiwa yang sedang hangat. Sumber berita melalui media cetak maupun
elektronik.
Untuk diperlukan
kemampuan mendengarkan dengan saksama, yaitu mendengarkan dengan
sungguh-sungguh dengan mengikuti jalan pikiran pembicara, apalagi jika kita
ingin menyampaikan berita itu kepada orang lain. Bukan hanya mampu mendengarkan
tetapi harus dapat menyusun kembali berita tersebut dalam bentuk catatan.
APA
|
SIAPA
|
DIMANA
|
KAPAN
|
MENGAPA
|
BAGAIMANA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Diskusi untuk mengungkapkan solusi masalah
dalam teks bacaan
Hasil dari diskusi adalah membuat laporan, hal-hal yang perlu
dilaporkan adalah hal penting yang berhubungan langsung dengan kegiatan diskusi
yang dilakukan.
Salah satu orang
sebagai wakil kelompok untuk menyampaikan laporan hasil diskusi.
C. Membuat laporan dengakata seru
Kata seru dibedakan
menjadi 4 kelompok :
- kata seru asli : wah, ah, ai, oh, cis, cih dan
sebagainya
- kata seru yang berasal dari kata-kata
biasa : celaka, masa, kasihan
- kata seru yang berasal dari tiruan
bunyi : bum, dor, bur, cit
- kata seru bentuk ungkapan : alhamdulillah, masyaallah,
subhanallah, astaghfirullah
Kata seru sebagai
ungkapan perasaan dibedakan menjadi :
- rasa heran : amboi, wah, aduh
- kesal
: ah,ih
- senang
: wahai, ayo
- iba
: kasihan, sayang
- sakit
: aduh, tolong
- tidak percaya : masa, masakan
- marah
: buset, bangsat
- sedih
: aduh, ah, celaka
D. Membaca dan membuat novel remaja
No
|
Judul
|
Tokoh
|
Karakter
|
Latar
|
Tema
|
Alur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Mengungkapkan pesan dalam novel
Adalah
sesuatu yang hendak disampaikan oleh pengarang kepada pembaca karyanya.
No
|
Judul
|
Pesan
|
Bukti
|
Alasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAGIAN 3
A. Membaca memindai buku telepon
Tujuan : mengajak anak untuk menentukan informasi
dalam buku telepon dengan cepat dan tepat
Membaca memindai atau
scanning adalah teknik membaca untuk memperoleh informasi secara cepat dan
langsung pada sasarannya. Salah satu penerapan teknik membaca memindai dalam
kehidupan sehari-hari adalah mencari nomor telepon dalam buku telepon. Caranya
adalah mencari terlebih dahulu bagian yang memuat informasi tersebut dengan
mempercepat gerakan mata dan memanfaatkan kata kunci yang ada pada halaman buku
telepon tersebut.
B. Menggunakan kata sapaan
Kata sapaan adalah
jenis kata yang digunakan untuk menyapa seseorang, Contoh kata sapaan : Anda,
Saudara, tuan, Nyonya, Bapak, Ibu, Kakak, ....
Contoh penggunaan kata
sapaan biasa
- Kapan engkau datang, Nina?
- Ayah, pukul berapa kita akan berangka?
- Selamat malam, Ibu
Contoh penggunaan kata
sapaan hormat
- Ayahanda, izinkan saya pergi merantau
mengadu nasib di negeri orang
- Hamba mohon maaf, Yan Mulia Paduka Raja.
- Para utusan negara tetangga Yang
Dimliakan, kami mohon memasuki tempat upacara
CONTOH KATA SAPAAN
HORMAT :
-
Adinda
-
Yang
Dipertuan Agung
-
Yang Mulia
Baginda Raja
-
Sang
Paduka Raja
-
Pamanda
C. Menulis surat resmi
Surat adalah kertas
yang bertulis dengan berbagai isi dan maksud, secarik kertas sebagai tanda atau
keterangan dan sesuai yang ditulis.
D. Menetukan karakter tokoh
Novel adalah karya imajinatif yang mengisahkan sisi
utuh atas problematika kehidupan seseorang atau beberapa orang tokoh.
Struktur yang ada dalam sebuah novel :
- tema
: ide dasar sebuah cerita
- alur
: pola pengembangan cerita
yang terbentuk oleh hubungan sebab-akibat
- latar
: keadaan tempat dan waktu dalam sebuah cerita
- tokoh
: para pelaku dalam cerita
- penokohan
: cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter para
tokoh dalam cerita
- amanat
: pesan/ ajaran moral yang
disampaikan pengarang kepada pembacanya melalui cerita tersebut
- sudut pandang : posisi pengarang dalam membawakan cerita
Unsur tersebut di atas
adalah unsur intrinsik
BAGIAN 4
A. Menyanggah pendapat dalam adu pendapat
Tujuan : anak memberikan sanggahan dalam adu pendapat, mencatat usulan yang ditolak dan
diterima, serta menulis notulen adu pendapat dalam kalimat ringkas
Hal-hal yang perlu dihindari adalah perselisihan pendapat yang
tanpa didasari alasan-alasan yang jelas. Menyanggah atau menolak pendapat orang
lain haruslah didasari oleh suatu argumen yang kuat dan meyakinkan.
Misalnya :
- Saya tidak sependapat dengan Saudara
Hendra dalam hal ..... karena berdasarkan pengamatan saya selama ini......
- Usulan Saudara Dewi tersebut tidak dapat
saya terima karena berdasarkan hitungan matematis, hal itu tidak
memungkinkan bagi .....
No
|
Nama
|
Pendapat
|
Tanggapan
|
Alasan
|
|
setuju
|
Tidak setuju
|
||||
|
|
|
|
|
|
B. Membedakan fakta, pendapat dan kesimpulan
Fakta adalah sesuatu
yang benar-benar terjadi dan merupakan kenyataan.
Pendapat adalah pikiran
atau anggapan seseorang tentang sesuatu hal
Kesmpulan adalah
pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya.
No
|
Pernyataan
|
Kesimpulan
|
|
fakta
|
pendapat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis kerangka
laporan :
Laporan merupakan suatu cara komunikasi, penulis menyampaikan
informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang
dibebankan kepadanya.
Karena laporan
berbentuk tulisan, maka dapat pula dikatakan bahwa laporan adalah dokumen yang
menyampaikan informas mengenai suatu fakta yang
telah dialami. seseorang yang dtugaskan untuk melakuka suatu kegiatan,
haruslah menyampaikan suatu laporan mengenai kegiatan yang telah ditugaskannya.
Agar penulisan laporan tidak terlalu panjang lebar, diperlukan kerangka
penulisan agar orang yang membaca laporan akan segera mengetahui isi
laporannya.
Cntoh kerangka
laporan :
WISATA KE TAWANGMANGU
Persiapan :
- mempersiapkan bekal
- berangkat dari rumah
- berkumpul di sekolah
- masuk ke bus yang telah ditentukan
Dalam perjalanan :
- semua bergembira
- bernyanyi dalam bus
- makanan enak ( makanan kecil )
Sampai di bus :
- hawa terasa dingin
- banyak pengunjung
- masuk hutan wisata
- banyak hewan di hutan
- air terjun yang sangat tinggi
- banyak makanan yang dijual
Perjalanan pulang :
- para siswa pulang
- membeli oleh-oleh
- kelelahan
- banyak yang tidur
- sampai di sekolah
Kembangkanlah kerangka karangan tersebut di atas!
C. Penggunaan imbuhan pe(N), per-, pe(N)-an, dan
per-an
a. Imbuhan pe(N) mempunyai fungsi sebagai
pembentuk kata benda, berkedudukan sebagai awalan, yang memiliki variasi pe-,
pem-, pen-, peny-, dan penge,
Makna awalan pe(N) :
- yang melakukan perbuatan ( penulis, pembaca,
pendengar)
- bidang pekerjaan (petinju, pedagang)
- sebagai alat
( penggaris, pengeruk)
- memiliki sifat (pemalu, pemaaf)
- menjadi penyebab ( pemanis, pemutih)
b. Imbuhan per-, makna imbuhan :
- menjadikan dan membuat jadi sesuatu jadi
(perbudak, perhamba,
perdewa)
- memanggil atau menganggap sebagai (Pertuan,
peradik, peristri)
- membagi dan membuat jadi (perdua, perlima,
persepuluh)
- membuat lebih (perbesar, perkecil, perhebat)
- intensitas (perturut, pertimba)
c. Imbuhan pe(N), makna
imbuha :
- menyatakan hal yang berhubungan dengan
(penanaman, pendaftaran)
- menyatakan proses/ perbuatan (pemberontakan,
penyamaran)
- menyatakan hasil perbuatan (pertahanan,
pernyataan)
- menyatakan perihal ( perbukuan, peristilahan)
- menyatakan banyak (persyaratan, peralatan)
d. Imbuhan per-an, makna imbuhan :
- menyatakan tempat (perhentian, percetakan)
- menyatakan daerah (perkebunan, perkotaan)
- hasil perbuatan (pertahanan, pernyataan)
- menyatakan banyak hal (persyaratan,
peralatan)
Latihan !
Buatlah kalimat dengan
menggunakan kata berimbuhan di bawah ini !
pelatih -
pembeli - pelawak
- pendidikan -
pembelian - perkebunan
- persatuan -
pertandingan - perbesar
- petinju
1. Langkah-langkah menulis karya tulis
- menemukan topik
- membatasi ruang lingkup atau membatasai
masalah
- merumuskan masalah dan tujuan penulisan
- mengumpulkan bahan-bahan dan data yang
berkaitan dengan topik yang akan ditulis
- mengkaji dan menganalisis bahan-bahan dan
data yang terkumpul
- membuat kerangka karya tulis
- mengembangkan kerangka menjadi karya tulis
- memeriksa, menyunting dan memperbaiki karya tulis sehingga lebih berkualitas
BAGIAN
5
A. Menyampaikan informasi dari narasumber
Tujuan : mengajak anak menyampaikan pertanyaan utnuk
meminta penjelasan dari narasumber, menyampaikan informasi kepada orang lain
dan membandingkan keutuhan pesan dari narasumber dengan isi pesan yang
disampaikan.
-
menyampaikan informasi dari narasumber
B. Kaidah penulisan nama, gelar dan singkatan
(akronim)
Apa yang dimaksud
dengan ejaan itu?
Adala kaidah cara menggambarkan bunyi dalam bentuk tulisan
(huruf-huruf) serta penggunaan tanda-tanda baca.
Contoh penulisan gelar
:
- Ir.
Retno, M.Pd .
- Arief, S.H .
- Arief, S.S .
- Arief, MBA .
c. Menulis pokok-pokok berita
- Apa, jenis berita yang disampaikan
- Siapa, siapa saja orang yang terlibat
dalam pemberitahuan tersebut
- Kapan, yaitu terjadinya peristiwa itu
- Di mana, tempat terjadinya peristiwa
- Mengapa, penyebab terjadinya peristiwa
- Bagaimana, proses penyelesaian sebuah berita
no
|
Judul berita
|
Pokok-pokok berita
|
|
d. Mendeskripsikan latar
Latar adalah keterangan tempat, ruang dan waktu dalam naskah drama
no
|
judul
|
Latar
|
||
tempat
|
Ruang
|
waktu
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Menanggapi pementasan
no
|
Nama tokoh
|
pemeran
|
Penilaian
|
alasan
|
||
bahasa
|
Ekspresi tubuh
|
Impro visasi
|
||||
1
|
ibu
|
Ratna
|
lancar
|
Mendukung cerita
|
bagus
|
Menjiwai perannya
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
BAGIAN 6
A. Menyampaikan laporan perjalanan
Tujuan : mengajak anak menyampaikan laporan perjalanan
dengan bahasa yang komunikatif berdasarkan urutan ruang, waktu dan topik.
Konsep yang harus
dipersiapkan untuk membuat laporan perjalanan
:
1. tujuan perjalanan :
....................................
2. peserta : ...................................
3.
kegiatan yang dilaksanakan : ....................................
4. peristiwa yang menarik : ...................................
5. waktu perjalanan : ....................................
Membaca cepat 250 kata per menit
Tujuan : mengajak anak mengukur kecepatan membaca
sendiri dan teman, meningkatkan kecepatan membaca serta menjawab pertanyaan
dengan tepat.
no
|
nama
|
mulai
|
selesai
|
jumlah waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Meningkatkan kecepatan
membaca :
- metode gerak mata dengan memperluas
jangkauan mata
- mengurangi regresi
- menghilangkan kebiasaan membaca dengan
bersuara
- meningkatkan konsentrasi
c. Mengenal partikel –lah, -kah, -pun
- Akhiran –lah mengandung arti mengeraskan
keterangan dan menegaskan kalimat perintah, permintaan atau harapan
(datanglah, bacalah)
- Akhiran –kah, artinya memberi tekanan
dalam mempertanyakan hal yang tak tentu (diakah, tidakkah)
- Akhiran –pun artinya memberikan tekanan pada kata yang bersangkutan (walaupun, kendatipun, bagaimanapun)
d. Membaca buku biografi
No
|
Nama tokoh
|
Tempat/tgl lahir
|
Wafat
|
Prestasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Mencapai gagasan yang mengagumkan dari tokoh
f. menulis puisi berdasarkan pilihan kata
( diksi).
Untuk menulis puisi yang baik, perlu memperhatikan ciri-ciri
sebagai berikut :
- bahasa yang digunakan bersifat konotatif
- dalam puisi terdapat pemadatan segala
unsur kekuatan bahasa
- unsur-unsur bahasa harus rapi, bagus dan
diatur sesuai irama dan bunyi
- berisi ungkapan perasaan berdasarkan pengalaman penulis dan bersifat imajinatif
BAGIAN 7
A. Berwawancara dengan narasumber
Membuat daftar
pertanyaan untuk wawancara
Wawancara merupakan
suatu cara pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan kepada seseorang
(narasumber). Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan wawancara, hendaknya
membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan sesuai dengan tujuan yang
diharapkan.
B. Penggunaan kata umum
dan kata khusus
Kata umum adalah kata
yang ruang lingkup maknanya mencakup hal-hal umum dan menyangkut aspek-aspek
yang lebih luas
Kata khusus adalah kata
yang ruang lingkupnya meliputi aspek-aspek tertentu saja
No
|
Kata umum
|
Kata khusus
|
|
Membawa
|
|
|
Binatang
|
|
|
Bagus
|
|
|
Jatuh
|
|
|
Unggas
|
|
|
Mangga
|
|
|
Bunga
|
|
|
Perhiasan
|
|
|
Burung
|
|
|
Memotong
|
|
No
|
Kata umum / khusus
|
Kalimat
|
|
Melihat-melirik
|
Kami melihat banyak
gadis melirik ke arah pemuda tampan itu
|
|
Unggas-itik
|
|
|
Perhiasan-kalung
|
|
|
Bunga-anggrek
|
|
|
Membawa-menjinjing
|
|
|
Burung-merpati
|
|
|
Kendaraan-bus
|
|
|
Bagus – jelita
|
|
|
Jatuh – roboh
|
|
|
Buah - apel
|
|
Menentukan alur dalam
cerpen
Alur terbagi dalam
bagian-bagian :
- Pengenalan situasi cerita, yaitu
memperkenalkan para tokoh dan hubungan antar tokoh
- pengungkapan peristiwa, yaitu penyajian
peristiwa awal yang menimbulkan masalah pertentangan atas kesulitan bagi
para tokoh
- Menuju adanya konflik, yaitu peningkatan
perhatian kegembiraan, kehebohan, atau keterlibatan berbagai situasi yang
menyebabkan kesulitan tokoh bertambah
- Puncak konflik atau disebut klimaks.
Inilah bagian cerita paling mendebarkan
- Penyelesaian , berisi penjelasan tentang
nasib para tokoh setelah mengalami peristiwa puncak
SEMESTER 2
BAGIAN 8
A. Membacakan teks berita
Selain penampilan yang
menarik, dalam membaca berita yang utama harus diperhatikan adalah masalah
jeda, intonasi dan volume suara. Perhatikan hal-hal berikut :
- Jeda
-
tanda
garis miring (/) digunakan untuk jarak satu embusan napas/ satu ketukan
digunakan antarkata dalam frase.
-
tanda dua
garis mirng (/) untuk tempo ucap dua ketukan digunakan antarfrase dalam klausa.
- Intonasi
-
tanda
koma, titik dua, dan titik koma digunakan untuk menandai intonasi naik/ tinggi
-
tanda
tiitik untuk menandai intonasi turun/rendah
-
tanda
tanya menandai intonasi naik
- Volume suara
-
menandai
keras dan lemahnya suara
B. Menulis teks berita
Tujuan : anak mencatat
apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana tentang peristiwa yang terjadi
serta mampu menulis berita secara pada dan jelas.
Dalam menulis berita secara singkat,padat dan jelas haruslah
menggunakan kata-kata yang baku,sesuai ejaan, kalimat yang singkat dan tepat,
agar pembaca dapat memahami tulisan tersebut dengan mudah.
Mencermati tanda baca
1. Tanda kurung siku [...]
- Tanda kurung siku dipakai untuk mengapit
huruf, kata, atau kelompok kata sebagai koreksi atau tambahan pada kalimat
atau bagian kelimat yang ditulis oleh orang lain. Tanda ini menyatakan
kesalahan atau kekurangan itu memang terdapat dalam naskah asli Misal :
mudah-mudahan Allah men[d] engar doa kita
- Tanda kurung siku [...] mengapit
keterangan dalam kalimat penjelas yang sudah bertanda kurung.
2. Tanda petik tunggal ‘.....’
- Tanda petik tunggal mengapit petikan yang
tersusun di dalam petikan lain. misalnya
: Ibu bertanya,” Kau dengar suara ‘kring-kring’ semalam itu?”
- Tanda petik tunggap mengapit makna,
terjemahan, atau penjelasan kata atau ungkapan asing. Misal : feed back ‘balikan’
LATIHAN!
SALINLAH KALIMAT
BERIKUT DENGAN MENGGUNAKAN TANDA BACA KURUNG SIKU DAN PETIK TUNGGAL!
- Kami mebaca naskah itu samai selesai
- Marilah kita bedoa untuk keselamatan kita
bersama
- Apakah kamu mendengar kata permisi tadi
pagi tanga Ibu kepada adik.
- Begitu masuk rumah aku mendengar anakku
memanggil ibu-ibu kata Nina.
- Dialah yang mendorong semangat belajar
saya.
- Jangan sapai terlena dengan gemerlapnya
dunia.
- Siapa yang berteriak aduh-aduh tadi malam
tanya Ayah pada kami.
- Mengapa kamu bertanya itu-itu terus?
tanya Nani pada Anton
- Hanya secara kebetulan saja mereka
bertemu.
- petunjukkan itu ditonton oleh bayak orang
asing.
BAGIAN 9
A. Membaca intensif petunjuk
Tujuan : anak diajak mendeskripsikan isi denah/peta
pada orang yang tidak memegang denah/peta, menemukan tempat atau arah yang
tertera pada denah dalam konteks, dan memahami istilah yang terdapat dalam
kemasan produk.
1. Mendeskripsikan isi denah/peta
Denah merupakan gambar yang menunjukkan letak kota, jalan.
Untuk mendeskripsikan isi denanh diperlukan teknik membaca memidai/scanning
yang berguna untuk memperoleh informasi secara cepat dan langsung pada
sasarannya.
2. Membaca petunjuk pada kemaan produk
Jika kita membeli sebuah produk, baik obat, makanan, maupun
kebutuhan rumah tangga, tentu dalam produk itu ada kemasannya.. Contoh istilah
dalam kemasan :
-
Analgetik : obat untuk meredakan rasa nyeri tanpa
mengakibatkan hilangnya kesadaran.
-
Antibiotik : zat kimia yang dihasilkan oleh berbagai
mikroorganisme yang dalam kadar rendah sudah mampu menghambat pertumbuhan
bakteri.
-
Ant
alergi : tidak menyebabkan alergi.
-
Dosis : takaran obat untuk sekali pakai (dimakan,
diminum, disuntik) dalam waktu tertentu.
-
Tablet : obat dalam bentuk butiran/pipih.
3. Mencermati kata keterangan (alat, cara,
kesertaan)
Kata keterangan sering disebut adverbia, yaitu kata yang
memberi keterangan atau penjelasan pada kata lainnya.
4. Membaca buku antologi puisi
Tujuan : mengajak siswa
mengidentifikasi cri-ciri bahasa, rima, pilihan kata, dan keberanekaragaman
makna puisi serta menyimpulkan ciri-ciri puisi dalam suatu diskusi.
-
membaca
beberapa puisi
-
menyimpulkan
ciri-ciri puisi
BAGIAN 10
A. Membaca buku ilmu pengetahuan populer
Tujuan : mencatat isi buku ilmu pengetahuan populer
serta menilai kelebihan dan kekurangan bagian-bagian buku dengan alasannya.
1. Mencatat isi buku ilmu pengetahuan
berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.
2. Menggunakan kata ganti
Kata ganti disebut
pronomina, yaitu kata yang menggantikan benda atau sesuatu yang dibendakan.
a. kata ganti orang, yaitu kata yang menggantikan
orang contoh : aku, saya, hamba, kamu,
engkau, Anda, kalian, dia, mereka, beliau. Fungsinya : penunjuk subyek/ pelaku menyatakan objek,
penunjuk milik
b. Kata ganti kepunyaan, yaitu kata ganti yang
menunjukkan milik, contoh : aku, mu, ku,
nya
c. Kata ganti penunjuk, yaitu kata ganti untuk
menunjukkan sesuatu, contoh : ini, itu,
Fungsi menunjukkan waktu, sebagai kata sandang
d. Kata ganti tanya, yaitu kata yang menanyakan
benda. Contoh : apa, siapa, mengapa,
bagaimana, berapa. Fungsinya :
menanyakan tentang benda, sifat, waktu, dan situasi.
3. Membuat kalimat dengan kata ganti
No
|
Kata ganti
|
Kalimat
|
|
Kami
|
|
|
Kita
|
|
|
mereka
|
|
|
Beliau
|
|
|
Kalian
|
|
|
Mereka
|
|
|
Mendiang
|
|
|
Saya
|
|
|
Anda
|
|
|
almarhum
|
|
B. Menulis surat dinas
Tujuan : mengajak anak menulis surat dinas dengan
bahasa baku
1. Mencermati surat dinas
Surat adalah alat
komunikasi yang dibuat seseorang, baik atas nama pribadi maupun lembaga, yang
disampaikan kepada seseorang atau lembaga lainnya. Salah satusurat dinas, yaitu
surat yang dikirim oleh perseorangan atau lembaga kepada perseorangan atau
lembaga lainnya. Surat dinas berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan
kedinasan. Bagian-bagian yang terdapat dalam surat dinas adalah sebagai
berikut :
a. Tanggal, alamat, nomor surat, lampiran dan
pokok isi surat.
b. Salam pembuka dan salm penutup
c. Bagian yang berupa isi surat
2. Membaca naskah teks drama
a. membaca naskah drama denga lafa,l intonasi,
mimik, kinesik, dan penghayatan yang tepat. Lafal berhubungan dengan ketepatan
pengucapan bunyi bahasa. Intonasi adalah tinggi rendahnya unyi bahasa/ kata
yang diucapkan. Mimik dan kinesik berhubungan dengan gerakan anggota tubuh,
termasuk raut muka.
BAGIAN 11
A. Membaca ekstensif teks berita
Tujuan : menemukan informasi yang sama dari beberapa
media dan menemukan perbedaan cara penyajian informasi dari beberapa media.
1. Menemukan informasi yang sama
2. Menemukan kata baku dan tidak baku
Kata Baku
|
Kata tidak baku
|
Kemarin
|
Kemaren
|
Kebut
|
Ngebut
|
tim
|
Team
|
Kuitansi
|
Kwitansi
|
atlet
|
Atlit
|
Jauhkan
|
Jauhin
|
Buat
|
Bikin
|
Beri tahu
|
Kasih tahu
|
Hari ini
|
Ini hari
|
Mengapa
|
Kenapa
|
Membetulkan
|
Bikin betul
|
Turunkan
|
Turunin
|
Mengerti
|
Tahu
|
Membuat kalimat dengan
kata baku
No
|
Kata
tak Baku
|
Kata
baku
|
Pemakaian
dalam kalimat
|
|
Lobang
|
|
|
|
Kuatir
|
|
|
|
Nggak ngerti
|
|
|
|
Kemis
|
|
|
|
Anggauta
|
|
|
|
Gimana
|
|
|
|
Tradisionil
|
|
|
|
Barusan
|
|
|
|
Rebo
|
|
|
|
Kwitansi
|
|
|
|
Jaman
|
|
|
|
setasiun
|
|
|
|
Perangko
|
|
|
|
kwalitas
apotik
|
|
|
B. Menyunting
lukisan orang
Tujuan : anak
dapat memperbaiki kesalahan tulisan orang lain ditinjau dari ketepatan ejaan,
tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, dan keterpaduan paragraf
Suntinglah cuplikan
berita di bawah ini!
Gunung merapi, yang di mitos termasuk Salah satu penjaga
keraton Yogyakarta bersama gunung lawu dan penguasa laut selatan, bagi para
vulkanolog termasuk gunung yang istimewa. Ancamannya sulit diantisipasi karena
karakter sulit diramalkan. Yang bisa dijadikan acuan Cuma lafa aktif yang
terbentuk sejak tahun 1984.
Gumpalan panas bersuhu 900 derajad Celcius inilah yang menjadi
menghajar Desa turgo, hingga menewaskan lebih dari 80 kurban. Peristiwa itu
terjadi di tahun 1994. Sejak kejadian itu, desa turgo yang letaknya 984 meter dari permukaan
laut yang dinyatakan sebagai daerah
paling rawan sekali.
Kawasan sekitar Merapi memang dianjurkan bersih dari pemukiman
Mbah Marijan sudah berulang-ulang diminta untuk menggunakan pengaruhnya agar
penduduk mau ditransmigrasikan. dikutip seperlunya dari Adil, 1997
C. Membawakan acara untuk berbagai kegiatan
1. Menyusun sebuah acara
Sebelum susunan acara disusun, terlebih dahulu pembawa acara
konsultasi dengan pihak yang terkait tentang hal yang akan dibicarakan.
Misalnya : kepada
ketua/pimpinan/penyelenggara), dan dalam menyusun acara harus dipertimbangkan
sifat/bentuk acara (resmi/tidak resmi)
Contoh susunan acara
peringatan HUT....
1. Pembukaan
2. Sambutan dari keluarga (orang tua)
3. Ucapan selamat HUT dari teman satu kelas,
diwakili oleh....
4. Menyalakan lilin diikuti dengan menyanyikan
lagu Selamat Ulang Tahun dan peniupan lilin
5. Pembacaan do’a
6. istirahat/ hiburan (diselingi spontanitas)
7. Penutup
Contoh susunan acara
peringatan bulan puasa :
1. Pembukaan
2. Sambutan : *
ketua panitia
*
kepala sekolah
3. Pengumuman pemenang lomba
4. Hiburan :
* Penampilan para juara lomba (baca puisi dan cerpen)
*
Drama satu babak
*
Musikalisasi puisi
5. Doa
6. Penutup
2. Berlatih membawakan acara
Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang pembawa acara
(master of ceremony) adalah sebagai berikut
:
a) berdiri tegap, pandangan mata terarah pada
hadirin
b) membawa susunan acara dengan lafal dan intonasi
yang jelas
c) membaca satu demi satu acara dengan jelas dan
tidak perlu mengulas materi pembica ketika seorang pembicara selesai bicara
d) kalimat-kalimat yang diucapkan tidak perlu
terlalu panjang ditambah-tambah, lebih-lebih pada acara resmi
e) memerhatikan situasi hadirin dan mengikuti
acara hingga selesai
f) jika hadirin mulai gelisah, pembawa acara harus
dapat mencari akal atau cara untuk menghilangkan kegelisahan tersebut.
D. Membaca cerpen
Tujuan : anak
menentukan alur cerpen yang dibaca disertai buktinya dan mendeskripsikan
nilai-nilai kehidupan di dalamnya.
-
Menentukan
alur dalam cerpen
BAGIAN
12
A. Membaca intensif buku biografi tokoh
1. Membaca buku biografi tokoh pahlawan dan
mengungkapkan pada tokoh
2. Mendaftar kata serapan dan membandingkan
dengan kata asal
Bentuk asli
|
Kata serapan
|
Kalimat
|
Octaaf
|
Oktaf
|
|
Vocal
|
Vokal
|
|
Classification
|
Klasifikasi
|
|
Central
|
Sentral
|
|
Accessory
|
Asesoris
|
|
Charter
|
Carter
|
|
Chek
|
Cek
|
|
Idealist
|
Idealis
|
|
Infuse
|
Infus
|
|
Conggress
|
Kongres
|
|
Cartoon
|
Kartun
|
|
Route
|
Rute
|
|
Aquarium
|
Kuarium
|
|
Vacuum
|
Vakum
|
|
Patient
|
pasien
|
|
B. Menulis surat izin
Tujuan ; anak menuliskan surat izin dengan
sistematika yang tepat dan bahasa yang efektif
Macam surat izin : izin tidak masuk sekolah, izin menginap di
rumah teman, izin tidak hadir rapat, dan lain-lain.
BAGIAN 13
A. Mendengarkan berita dari televisi
Tujuan : mengungkapkan kembali isi berita dari
televisi yang didengar.
1. Mencatat berita yang ditayangkan
Nama acara :
...............................
Stasiun tayang : .....................
Hari/tanggal :
............................
Waktu :
...........................
Isi berita :
...............................
Komentar :
..........................
|
2. Membedakan kata kajian dan kata populer
Kata populer : kata-kata yang umum dikenal dan diketahui
oleh seluruh lapisan masyarakat.
Kata kajian/ kata
ilmiah :
sejumlah kata yang biasa dipakai, terutama untuk tulisan-tulisan kajian
atau tulisan ilmiah.
No
|
Kata kajian
|
Kata populer
|
|
Riset
|
Penelitian
|
|
Seleksi
|
Saringan
|
|
Produk
|
Hasil
|
|
Alumni
|
Lulusan
|
|
Pasien
|
Orang sakit
|
|
Aktif
|
Giat
|
|
Definisi
|
Batasan
|
|
Instansi
|
jawatan
|
|
Natural
|
Alami
|
|
Argumen
|
Bukti/alasan
|
|
Dosis
|
Hasil
|
|
konsumen
|
Pelanggan
|
3. Mengenali kalimat
berobjek dan berpelengkap
- Objek terdapat dalam kalimat transitif
- Objek dapat menduduki subjek jika
dipastikan
- Objek terbentuk dari jenis kata benda
- Pelengkap terdapat dalam kalimat intransitif
- Pelengkap tidak dapat menduduki subjek
jika dipasifkan
- Pelengkap dapat berjenis kata selain benda
4. Menulis proposal kegiatan
- Nama kegiatan :
- Tujuan :
- Pelaksanaan : (pelaksanaan lomba,...)
- Tempat :
- Peserta :
- Macam Lomba :
- Sumber dana :
- Dana yang dibutuhkan :
- Susunan panitia :
- Pelindung :
- Koord.Kegiatan :
- Ketua :
- Sekretaris :
- Bendahara :
- Konsumsi :
- Perlengkapan :
- Humas :
Demikian proposal kegiatan ini kami buat, mudah-mudahan semua
kegiatan dapat berjalan dengan lancar dansukses.
............, ............
Ketua, Sekretaris,
ttd ttd
(..................) (..................)
Mengetahui,
Pelindung/Kepsek, Koord./
Pembina OSIS,
ttd ttd
(.....................) (...................)
BAGIAN 14
Tujuan : menemukan informasi-informasi pokok dalam
berita.
A. Membaca intensif berita
Dalam membaca berita/informasi apa saja hendaknya kita dapat
menemukan informasi apa yang ada di dalamnya, kemudian tulislah ke dalam buku
dan kita dapat membandingkan dengan informasi pokok yang ditemukan oleh orang
lain.
B. Mengenal kata yang mengalami pergeseran makna
Contoh :
1. Perahu layar sederhana dipakai nenek moyang
kita berlaray mengelilingi pulau
Kami sekeluarga berlayar sampai ke Amerika
2. Para pembantu camat harus datang lebih awal
untuk melayani penduduk yang mempunyai
urusan penting ke kecamatan
Telah dua tahun kami tidak lagi memakai pembantu
3. Semua keluarganya tinggal di Jakarta,
meskipun letaknya saling berjauhan
Keluarga Rt 03/07 wisata ke daerah Yogyakarta dan sekitarnya
4. Pertunjukkan wayang malam dibawakan oleh
seorang dalang yang masih muda
Dalang pengeboman di Bali beberapa tahun yang lalu telah
divonis hukuman
5. Salah satu kegiatan dalam kepramukaan adalah
mengenal batu- batuan apotek hidup
Meskipun badannya bau, sayang dia kurang menyadarinya
6. Kalau memberi bantuan pada mereka jangan
berupa ikan tetapi kailnya
Kandungan protein pada ikan segar jauh lebih banyak daripada yang sudah diasinkan
7. Jenderal Soedirman adalah jenderal yang ahli siasat perang gerilya
Semua alasan yang dikemukakannya adalah siasat untuk membela diri
C. Mengenal kata yang mengalami pergeseran makna
karena
dua indera
CONTOH A
|
CONTOH B
|
Teh ini rasanya
manis
|
Penampilannya
malam ini sangat manis
|
Sayur ini
terasa basi
|
Pembicaraannya
tidak menarik, sudah basi
|
Sambal itu
sangat pedas
|
Kalimatnya
sangat pedas di telinga
|
Hawa pegunungan
di sini terasa dingin
|
Kehadirannya
disambut dingin istrinya
|
Kulit bayi itu
sangat halus
|
Suaranya yang halus itu membuat kami
terpesona
|
D. Membuat kalimat
majemuk bertingkat dengan anak lkalimat pengganti keteranga :
- waktu
- sebab
- tempat
- tujuan
- syarat
E. Membedakan slogan denga poster
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau
mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.
Contoh :
- kebersihan sebagian dari iman
- mencegah lebih baik daripada mengobati
- Telkomsel...... begitu dekat begitu nyata
- maju terus pantang mundur
- Disiplin diri cermin pribadi
- Ban BNI... terpercaya, kokoh, dan
bersahabat
Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, berupa
pengumuman dan iklan.
Contoh :
- Dua anak cukup; laki-laki perempuan sama
saja
- Budayakan menabung sedini mungkin
- Budaya antre adalah cermin diri
- hutan adalah warisan buat anak cucu kita
- Lingkungan asri lingkungan berseri
- Jangat lewatkan pertandingan akbar sepak
bola
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.