Form ini memudahkan kita untuk menyiapkan materi KBM sesuai tema per minggu dari GBPKB TK 2004
.
STANDAR KOMPETENSI
TK DAN RA
KELOMPOK A
A. PEMBENTUKAN PERILAKU MELALUI PEMBIASAAN
MORAL
DAN NILAI-NILAI AGAMA , SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
CONTOH
MATERI
|
|
Dapat berdoa dan
menyanyikan lagu-lagu keagamaan secara sederhana1
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan
|
|
|
Menyanyikan
lagu-lagu keagamaan yang sederhana.
|
|
||
Dapat mengenal
bermacam-macam agama
2
|
Menyebutkan
tempat-tempat ibadah
|
|
|
Menyebutkan
hari-hari besar agama
|
|
||
3 Mengenal
ibadah secara sederhana menurut keyakinannya
|
Meniru
pelaksanaan kegiatan ibadah secara sederhana
|
|
|
Menyebut waktu
beribadah
|
|
||
3 Mengenal
ibadah secara sederhana menurut keyakinannya
|
Menyebutkan
ciptaan-ciptaan Tuhan. Misalnya: manusia, bumi, langit, tanaman, hewan
|
|
|
Memiliki sopan
santun dan mengucapkan salam
5
|
Mengucapkan
salam.
|
|
|
Selalu bersikap
ramah
|
|
||
Berterima kasih
jika memperoleh sesuatu
|
|
||
Meminta tolong
dengan baik
|
|
||
Tidak mengganggu
teman yang sedang melakukan kegiatan/melaksanakan ibadah
|
|
||
Mulai tumbuh
disiplin diri6
|
Melaksanakan
tata tertib yang ada di sekolah
|
|
|
Mengikuti aturan
permainan
|
|
||
Mulai dapat
bersikap/berperilaku saling hormat menghormati7
|
Mau mengalah
|
|
|
Mendengarkan
orang tua/teman berbicara
|
|
||
Bersikap ramah8
|
Berbahasa sopan
dalam berbicara
|
|
|
Tidak lekas
marah atau membentak-bentak
|
|
||
Tumbuhnya sikap
kerja sama dan persatuan9
|
Mudah
bergaul/berteman
|
|
|
Dapat/suka
menolong teman
|
|
||
Saling membantu
sesame teman
|
|
||
Mulai dapat
menunjukkan rasa percaya diri 10
|
Mampu
mengerjakan tugas sendiri
|
|
|
Menunjukkan
kebanggaan terhadap hasil kerjanya
|
|
||
Mulai
menunjukkan kepedulian 11
|
Menggunakan
barang orang lain dengan hati-hati
|
|
|
Mau membagi
miliknya, misalnya: makanan, mainan, dll
|
|
||
Meminjamkan
miliknya dengan senang hati.
|
|
||
Dapat menjaga
kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri 12
|
Membersihkan
diri sendiri dengan bantuan. Misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll
|
|
|
Mengurus dirinya
sendiri dengan sedikit bantuan. Misalnya: berpakaian sendiri, makan sendiri,
dll
|
|
||
Dapat menjaga
lingkungan 13
|
Mengembalikan
maianan pada tempatnya setelah digunakan.
|
|
|
Membuang sampah
pada tempatnya.
|
|
||
Membantu
membersihkan lingkungan
|
|
||
Mulai dapat
menunjukkan emosi yang wajar dan mengendalikan tindakan dan perasaannya 14
|
Mau berpisah
dengan ibu tanpa menangis
|
|
|
Sabar menunggu
giliran
|
|
||
Berhenti bermain
pada waktunya
|
|
||
Dapat dibujuk
|
|
||
Tidak cengeng
|
|
||
Berlatih untuk
selalu tertib dan patuh pada peraturan 15
|
Mau menerima
tugas
|
|
|
Mengerjakan
tugas sampai selesai
|
|
||
Mulai dapat
menjaga keamanan diri sendiri 16
|
Mengenal dan
menghindari benda-benda berbahaya
|
|
|
Mengenal dan
menghindari obat-obatan yang berbahaya
|
|
||
Mulai dapat
bertanggung jawab 17
|
Melaksanakan
tugas yang diberikan guru
|
|
|
Mengetahui
barang milik sendiri dan milik orang lain
|
|
||
B. Kemampuan Dasar
Kemampuan
Berbahasa
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
CONTOH
MATERI
|
Dapat
mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya1
|
Menyebutkan
berbagai bunyi/suara tertentu
|
|
Menirukan
kembali 3-4 urutan kata
|
|
|
Menyebutkan
kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misal: kaki-kali atau suku
kata akhir yang sama. Missal: nama-sama, dll
|
|
|
Dapat
mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana 2
|
Melakukan 2-3
perintah secara sederhana
|
|
Mendengarkan dan
menceritakan kembali cerita secara sederhana
|
|
|
Dapat
berkomunikasi/ berbicara secara lisan3
|
Menyebutkan nama
diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana
|
|
Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana
|
|
|
Menjawab
pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana
|
|
|
Memperkaya kosa
kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari meliputi kata benda,
kata kerja, kata sifat, kata keterangan waktu4
|
Bercerita
menggunakan kata ganti aku, saya
|
|
Menunjukkan
gerakan-gerakan, misalnya: duduk, jongkok, berlari, makan, melompat,
menangis, senang, sedih, dll
|
|
|
|
|
|
Menyebutkan posisi/ keterangan tempat Misal
: di luar di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri, di
kanan dsb
|
|
|
Menyebutkan
waktu (pagi, siang, malam)
|
|
|
Dapat mengenal
bentuk-bentuk symbol sederhana(pra menulis)5
|
Membuat berbagai
macam coretan
|
|
Membuat gambar
dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya.
|
|
|
Dapat
menceritakan gambar (pra membaca)6
|
Bercerita
tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
|
|
Mengurutkan dan
menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)
|
|
|
Menghubungkan
gambar/benda dengan kata
|
|
|
Mengenal bahwa
ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)7
|
Membaca gambar
yang memiliki kata/kalimat sederhana
|
|
Menceritakan isi
buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan
|
|
|
Menghubungkan
tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
|
|
C.
Kognitif
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
CONTOH
MATERI
|
Anak dapat
mengenali benda di sekitarnya menurut bentuk, jenis dan ukuran1
|
Mengelompokkan
benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: menurut warna,
bentuk, ukuran, jenis, dll
|
|
Menunjuk
sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, atau
ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu
|
|
|
Mengenal
kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit,
sama-tidak sama
|
|
|
Mencari lokasi
tempat asal suara
|
|
|
Memasangkan
benda sesuai dengan pasangannya
|
|
|
Anak dapat
mengenal konsep-konsep sains sederhana2
|
Mencoba dan
menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan
tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan), balon ditiup lalu
dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang,
tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit,
mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa,
baud an suara
|
|
Anak dapat
mengenal bilangan3
|
Membilang/menyebut
urutan bilangan dari 1 sampai 10
|
|
Membilang dengan
menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 5
|
|
|
Menunjukkan
urutan benda untuk bilangan sampai 5
|
|
|
Menghubungkan/memasangkan
lambing bilangan dengan benda-benda sampai 5 (anak tidak disuruh menulis)
|
|
|
Menunjuk 2
kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih
sedikit
|
|
|
Menyebutkan
kembali benda-benda yang baru dilihatnya
|
|
|
Anak dapat
mengenal bentuk geometri4
|
Menyebut dan
menunjukkan bentuk-bentuk geometri
|
|
Mengelompokkan
bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat)
|
|
|
Menyebutkan dan
menunjuk benda-benda yang berbentuk geometri
|
|
|
Anak dapat
memecahkan masalah sederhana5
|
Mengerjakan
“maze” (mencari jejak) yang sederhana
|
|
Menyusul
kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (4-6 keping)
|
|
|
Anak dapat
mengenal ukuran6
|
Mengukur panjang
dengan langkah dan jengkal.
|
|
Menimbang benda
dengan timbangan buatan
|
|
|
Mengisi wadah
dengan air, pasir, biji-bijian, beras dll.
|
|
|
Anak dapat
mengenal konsep waktu7
|
Menyatakan dan
membedakan waktu (pagi, siang, malam)
|
|
Mengetahui
nama-nama hari dalam satu minggu, bulan, dan tahun
|
|
|
Anak dapat
mengenal konsep-konsep matematika sederhana8
|
Menyebutkan
hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda) dan pengurangan (memisahkan
kumpulan benda) dengan benda sampai 5
|
|
Memperkirakan
urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misal merah,
putih, merah, putih, merah,……..
|
|
D. Fisik dan Motorik
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
CONTOH
MATERI
|
Dapat
menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
|
Mengurus dirinya
sendiri dengan sedikit bantuan. Missal makan, mandi, menyisir rambut,
memasang kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu
|
|
Membuat berbagai
bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/ tanah liat
|
|
|
Menjiplak dan
meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
|
|
|
Meniru melipat
kertas sederhana (1-6 lipatan)
|
|
|
Menjahit jelujur
10 lubang dengan tali sepatu
|
|
|
Menggunting
bebas
|
|
|
Merobek bebas
|
|
|
Menyusun menara
dari kubus minimal 8 kubus
|
|
|
Membuat
lingkaran dan segiempat
|
|
|
Memegang pensil
(belum sempurna)
|
|
|
Dapat
menggerakkan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi
|
Menangkap dan
melempar bola besar dari jarak kira-kira 1 –
|
|
Memantulkan bola
besar (diam di tempat)
|
|
|
Memantulkan bola
besar sambil berjalan/bergerak
|
|
|
Melambungkan dan
menangkap kantong biji
|
|
|
Dapat
menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan dan koordinasi
|
Berjalan maju
pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan berjinjit
|
|
Berjalan mundur
dan kesamping pada garis lurus sejauh 1 –
|
|
|
Meloncat dari
ketinggian 20-
|
|
|
Memanjat dan
bergantung
|
|
|
Berdiri diatas
satu kaki selama 10 detik
|
|
|
Berlari sambil
melompat
|
|
|
Menendang bola
dengan terarah
|
|
|
Merayap dan
merangkak lurus ke depan
|
|
|
Bermain dengan
simpai (bebas, melompat dalam simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai,
dll.
|
|
|
Menirukan
berbagai gerakan binatang/hewan
|
|
|
Menirukan
gerakan tanaman yang terkena angina (sepoi-sepoi dan angina kencang)
|
|
|
Naik sepeda roda
dua (belum seimbang)
|
|
- Seni
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
CONTOH
MATERI
|
Dapat menggambar
sederhana
|
Menggambar bebas
dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll)
|
|
Menggambar bebas
dari bentuk lingkaran dan segiempat
|
|
|
Menggambar orang
dengan lengkap dan sederhana (belum proporsional)
|
|
|
Stempel/mencetak
dengan berbagai media (pelepah pisang, batang papaya, karet busa dll)
|
|
|
Dapat mewarnai
sederhana
|
Mewarnai bentuk
gambar sederhana
|
Mewarnai bentuk
gambar sederhana
Mewarnai
bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
|
Mewarnai
bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
|
|
|
Dapat
menciptakan sesuatu dengan berbagai media
|
Meronce dengan
manik-manik
|
|
Mencipta 2
bentuk bangunan dari balok
|
|
|
Mencipta 2
bentuk dari kepingan bentuk geometri
|
|
|
Mencipta bentuk
dengan lidi
|
|
|
Menganyam dengan
kertas
|
|
|
Membatik dengan
jumputan
|
|
|
Mencocok dengan
pola buatan guru
|
|
|
Permainan warna
dengan berbagai media. Misalnya: krayon, cat air, dll
|
|
|
Melukis dengan
jari (finger painting)
|
|
|
Membuat
bunyi-bunyian dengan berbagai alat
|
|
|
Menciptakan alat
perkusi sederhana
|
|
|
Bertepuk tangan
dengan 2 pola
|
|
|
Dapat
mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
|
Menggerakkan
kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik
|
|
Mengekspresikan
diri secara bebas sesuai irama musik
|
|
|
Mengikuti
gerakan tari sederhana sesuai irama musik
|
|
|
Mengekspresikan
diri dalam gerak bervariasi
|
|
|
Dapat menyanyi
dan memainkan alat musik sederhana
|
Menyanyi 15 lagu
anak-anak
|
|
Bermain dengan
berbagai alat musik perkusi sederhana
|
|
|
Dapat
menampilkan sajak sederhana
|
Mengucapkan sajak
dengan ekspresi
|
|
Mengucapkan
syair dari berbagai lagu
|
|
|
Dapat melakukan
gerakan pantomime sederhana
|
Melakukan gerak
pantomime secara sederhana
|
|
STANDAR KOMPETENSI TK DAN RA
KELOMPOK B
A. PEMBENTUKKAN PERILAKU MELALUI PEMBIASAAN
MORAL
DAN NILAI-NILAI AGAMA , SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Dapat berdoa,
bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan dengan lebih tertib
|
|
Menyanyi
lagu-lagu keagamaan
|
|
|
Bersyair yang
bernafaskan agama
|
|
|
Menyebutkan
macam-macam agama yang dikenal
|
|
|
Terlibat dalam
upacara keagamaan
|
|
|
Terbiasa
melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya
|
Melaksanakan
kegiatan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya
|
|
Mengenal dan
menyayangi ciptaan Tuhan
|
Membedakan
ciptaan-ciptaan Tuhan
|
|
Berbuat baik
terhadap semua maakhluk Tuhan, missal: tidak mengganggu orang yang sedang
melakukan kegiatan, tidak menyakiti binatang, menyiram tanaman
|
|
|
Mempunyai
sahabat
|
|
|
Terbiasa
berperilaku sopan santun
|
Selalu memberi
dan membalas salam
|
|
Berbicara dengan
suara yang ramah dan teratur (tidak berteriak)
|
|
|
Selalu
mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu
|
|
|
Membedakan
perbuatan yang benar dan salah
|
Menyebutkan mana
yang salah dan benar pada suatu persoalan
|
|
Menunjukkan
perbuatan-perbuatan yang benar dan salah
|
|
|
Terbiasa untuk
disiplin
|
Ke sekolah tepat
waktu
|
|
Mentaati
peraturan yang ada
|
|
|
Terbiasa
bersikap/berperilaku saling hormat menghormati
|
Menghormati
orang tua dan orang yang lebih tua
|
|
Mendengarkan dan
memperhatikan teman bicara
|
|
|
Terbiasa
bersikap ramah
|
Berbahasa sopan
dan bermuka manis
|
|
Menyapa teman
dan orang lain
|
|
|
Menunjukkan
sikap kerjasama danpersatuan
|
Senang bermain
dengan teman (tidak bermain sendiri)
|
|
Dapat
melaksanakan tugas kelompok
|
|
|
Dapat memuji
teman/orang lain
|
|
|
Dapat
menunjukkan rasa percaya diri
|
Berani bertanya
secara sederhana
|
|
Mau mengemukakan
pendapat secara sederhana
|
|
|
Mampu mengambil
keputusan secara sederhana
|
|
|
Terbiasa
menunjukkan kepedulian
|
Senang menolong
|
|
Mau memohon dan
memberi maaf
|
|
|
Mengajak teman
untuk bermain/belajar
|
|
|
Terbiasa menjaga
kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri
|
Membersihkan
diri sendiri tanpa bantuan. Missal: menggosok gigi, mandi, buang air
|
|
Memelihara milik
sendiri
|
|
|
Terbiasa menjaga
lingkungan
|
Memelihara
lingkungan. Misalnya: tidak mencoret-coret tembok, membuang sampah pada
tempatnya, dll
|
|
Menghemat
pemakaian air dan listrik
|
|
|
Dapat
bertanggung jawab
|
Melaksanakan
kegiatan sendiri sampai selesai
|
|
Membersihkan
peralatan makan setelah digunakan
|
|
- Kemampuan Dasar
Kemampuan Bahasa
HASIL BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh materi
|
Dapat
mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya
dengan lafal yang benar
|
Membedakan dan
menirukan kembali bunyi/suara tertentu
|
|
Menirukan
kembali 4-5 urutan kata
|
|
|
Membedakan
kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (missal: kaki-kali) dan
suku kata akhir yang sama. (missal: nama-sama) dll
|
|
|
Dapat
mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta
mengkomunikasikannya
|
Melakukan 3-5
perintah secara berurutan dengan benar
|
|
Mendengarkan dan
menceritakan kembali cerita secara urut
|
|
|
Dapat
berkomunikasi/ berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar
|
Menyebutkan nama
diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap
|
|
Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut
|
|
|
Memiliki
perbendaharaan kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
|
Bercerita
menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka
|
|
Menunjuk dan
menyebutkan gerakan-gerakan, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, dll
|
|
|
Menunjuk dan
memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/ keterangan tempat.
Misal: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri,
di kanan dsb
|
|
|
Membuat gambar
dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah
berbentuk huruf/kata
|
|
|
Mengelompokkan
kata-kata yang sejenis
|
|
|
Bercerita
tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan
bahasa yang jelas
|
|
|
Mengurutkan dan
menceritakan isi gambar seri (4-6 gambar)
|
|
|
Memahami bahwa
ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)
|
Membaca buku
cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku
dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalnya
|
|
Menghubungkan
dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya
|
|
C.
Kognitif
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Anak dapat
memehami benda di sekitarnya menurut bentuk, jenis dan ukuran
|
Mengelompokkan
benda dengan berbagai cara menurut cirri-ciri tertentu. Missal: menurut
warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
|
|
Menunjuk dan
mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna,
bentuk, ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu
|
|
|
Mengenal
perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat,
banyak-sedikit, tebal-tipis
|
|
|
Membedakan
macam-macam suara
|
|
|
Memasangkan
benda sesuai dengan pasangannya, jenisnya, persamaannya, dll
|
|
|
Menyebutkan dan
menceritakan perbedaan dua buah benda
|
|
|
Menunjukkan
kejanggalan suatu gambar
|
|
|
Menyusun benda
dari besar-kecil atau sebaliknya
|
|
|
Anak dapat
memahami konsep-konsep sains sederhana
|
Mencoba dan
menceritakan tentang apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses
pertumbuhan tanaman, balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukan ke
dalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda dijatuhkan
(gravitasi), benda-benda didekatkan dengan magnit, mengamati benda dengan
kaca pembesar, macam-macam rasa, mencium macam-macam bau, mendengar
macam-macam bunyi
|
|
Mengungkapkan
sebab akibat, misalnya: mengapa sakit gigi? Mengapa kita lapar? Dll
|
|
|
Mengungkapkan
asal mula/terjadinya sesuatu
|
|
|
Anak dapat
memahami bilangan
|
Membilang/menyebut
urutan bilangan dari 1 sampai 20
|
|
Membilang
(mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10
|
|
|
Membuat urutan
bilangan 1 – 10 dengan benda-benda
|
|
|
Menghubungkan/memasangkan
lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis)
|
|
|
Membedakan dan
membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak
dan lebih sedikit
|
|
|
Anak dapat memahami
bentuk geometri
|
Membuat
bentuk-bentuk geometri
|
|
Mengelompokkan
benda-benda tiga dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometi
(lingkaran, segitiga, segiempat)
|
|
|
Memasangkan
bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran-bola,
segiempat-balok).
|
|
|
Menyusun
kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)
|
|
|
Mengerjakan
“maze” (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
|
|
|
Anak dapat
memahami ukuran
|
Mengukur panjang
dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran dll
|
|
Membedakan berat
benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
|
|
|
Mengisi dan
menyebutkan isi wadah (1 gelas, 1 botol, dll) dengan air, pasir, biji-bijian,
beras, dll
|
|
|
Anak dapat
memahami konsep waktu
|
Menyatakan waktu
yang dikaitkan dengan jam
|
|
Mengetahui
jumlah hari dalam satu minggu, satu bulan, dan mengetahui jumlah bulan dalam
satu tahun
|
|
|
Menceritakan
kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya. Misalnya: waktu tidur, waktu
makan, waktu sekolah, dll
|
|
|
Menggunakan
konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, kemarin, besok, dll)
|
|
|
Anak dapat
memahami konsep-konsep metematika sederhana
|
Menyebutkan
hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10
|
|
Memperkirakan
ururtan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan.
Missal: merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah,….,…….
|
|
|
Meniru pola
dengan menggunakan berbagai benda
|
|
D.
Fisik dan Motorik
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Dapat
menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
|
Mengurus dirinya
sendiri tanpa bantuan. Missal makan, mandi, menyisir rambut, memasang
kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu
|
|
Membuat berbagai
bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/ tanah liat,pasir
|
|
|
Meniru membuat
garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
|
|
|
Meniru melipat
kertas sederhana (7 lipatan)
|
|
|
Menjahit
bervariasi (jelujur dan silang) 15 lubang dengan tali raffia, benang wol
|
|
|
Menggunting
dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, gelombang,
zig zag, lingkaran, segiempat,segitiga)
|
|
|
Mencocok bentuk
|
|
|
Menyusun menara
kubus minimal 12 kubus
|
|
|
Membuat
lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi
|
|
|
Memegang pensil
dengan benar (antar ibu jari dan 2 jari)
|
|
|
Dapat
menggerakkan lengannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
|
Memantulkan bola
besar, bola sedang dan bola kecil (diam di tempat)
|
|
Melambungkan dan
menangkap kantong biji sambil berjalan/bergerak
|
|
|
Memantulkan bola
besar, bola sedang dan bola kecil sambil berjalan/bergerak
|
|
|
Menangkap,
melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (tennis) dengan memutar
badan, mengayunkan lengan dan melangkah
|
|
|
Dapat
menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, koordinasi
dan melatih keberanian
|
Berjalan maju
pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit,
berjalan dengan tumit sambil membawa beban
|
|
Berjalan mundur,
berjalan kesamping pada garis lurus sejauh 2-
|
|
|
Meloncat dari
ketinggian 30-
|
|
|
Memanjat,
bergantung dan berayun
|
|
|
Berdiri dengan
tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
|
|
|
Berlari sambil
melompat dengan seimbang tanpa jatuh
|
|
|
Menendang bola
ke depan dank e belakang
|
|
|
Merayap dan
merangkak dengan berbagai variasi
|
|
|
Bermain dengan
simpai (digelindingkan sambil berjalan dan berlari)
|
|
|
Senam fantasi
bentuk meniru, misalnya: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan
tanaman yang terkena angina (sepoi-sepoi dan angina kencang dan kencang
sekali) dengan lincah
|
|
|
naik
otopet,sepeda roda dua
|
|
E.
Seni
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Dapat menggambar
sederhana
|
Menggambar bebas
dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan
bahan-bahan alam) dengan rapi
|
|
Menggambar bebas
dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat
|
|
|
Menggambar orang
dengan lengkap dan proporsional
|
|
|
Mencetak dengan
berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam)
dengan lebih rapi
|
|
|
Dapat mewarnai
sederhana
|
Mewarnai bentuk
gambar sederhana dengan rapi
|
|
Mewarnai benda
tiga dimensi dengan berbagai media
|
|
|
Dapat
menciptakan sesuatu dengan berbagai media
|
Meronce dengan
manik-manik sesuai pola (2 pola)
|
|
Meronce dengan
berbagai media. Missal: bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll
|
|
|
Menciptakan 3
bentuk bangunan dari balok
|
|
|
Menciptakan
bentuk dengan lidi
|
|
|
Menganyam dengan
berbagai media, missal kain perca, daun, sedotan, kertas, dll
|
|
|
Membatik dan
jumputan
|
|
|
Membuat gambar
dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa,
biji-bijian, kain perca, batu-batuan dll)
|
|
|
Membuat gambar
dengan teknik mozaik, dengan memakai berbagai bentuk/bahan (segiempat,segitiga,
lingkaran, dll)
|
|
|
Membuat mainan
dengan teknik menggunting, melipat dan menempel
|
|
|
Mencocok dengan
pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri
|
|
|
Permainan warna
dengan berbagai media. Misalnya: krayon, cat air, dll
|
|
|
Melukis dengan
jari(finger painting)
|
|
|
Melukis dengan
berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan,dll)
|
|
|
Membuat berbagai
bunyi dengan berbagai alat membentuk irama
|
|
|
Membuat berbagai
bentuk dari kertas, daun-daunan, dll
|
|
|
Mencipta alat
perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
|
|
|
Bertepuk tangan
dengan 3 pola
|
|
|
Bertepuk tangan
membentuk irama
|
|
|
Dapat
mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
|
Mengekspresikan
berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik dengan
lentur
|
|
Bergerak bebas
dengan irama musik
|
|
|
Menari menurut
musik yang didengar
|
|
|
Mengekspresikan
diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah
|
|
|
Dapat menyanyi
dan memainkan alat musik sederhana
|
Menyanyi lebih
dari 20 lagu anak-anak
|
|
Menyanyi lagu
anak sambil bermain musik
|
|
|
Dapat
menampilkan sajak sederhana dengan
|
Mengucapkan
sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misalnya: perubahan intonasi,
perubahan gerak dan penghayatan
|
|
Membuat sajak
sederhana
|
|
|
Dapat mengekspresikan
gerakan berdasarkan cerita dan lagu
|
Mengekspresikan
gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita
|
|
Mengucapkan
syair lagu sambil diiringi senandung lagunya
|
|
|
Dapat melakukan
gerakan pantomim
|
Mengkomunikasikan
gagasan melalui gerak tubuh
|
|
Menceritakan
gerak pantomime ke dalam bahasa lisan.
|
|
STANDAR KOMPETENSI TK DAN RA
KELOMPOK B
A. PEMBENTUKKAN PERILAKU MELALUI PEMBIASAAN
MORAL
DAN NILAI-NILAI AGAMA , SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Dapat berdoa,
bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan dengan lebih tertib
|
|
Menyanyi
lagu-lagu keagamaan
|
|
|
Bersyair yang
bernafaskan agama
|
|
|
Menyebutkan
macam-macam agama yang dikenal
|
|
|
Terlibat dalam
upacara keagamaan
|
|
|
Terbiasa
melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya
|
Melaksanakan
kegiatan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya
|
|
Mengenal dan
menyayangi ciptaan Tuhan
|
Membedakan
ciptaan-ciptaan Tuhan
|
|
Berbuat baik terhadap
semua maakhluk Tuhan, missal: tidak mengganggu orang yang sedang melakukan
kegiatan, tidak menyakiti binatang, menyiram tanaman
|
|
|
Mempunyai
sahabat
|
|
|
Terbiasa
berperilaku sopan santun
|
Selalu memberi
dan membalas salam
|
|
Berbicara dengan
suara yang ramah dan teratur (tidak berteriak)
|
|
|
Selalu
mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu
|
|
|
Membedakan
perbuatan yang benar dan salah
|
Menyebutkan mana
yang salah dan benar pada suatu persoalan
|
|
Menunjukkan
perbuatan-perbuatan yang benar dan salah
|
|
|
Terbiasa untuk
disiplin
|
Ke sekolah tepat
waktu
|
|
Mentaati
peraturan yang ada
|
|
|
Terbiasa
bersikap/berperilaku saling hormat menghormati
|
Menghormati
orang tua dan orang yang lebih tua
|
|
Mendengarkan dan
memperhatikan teman bicara
|
|
|
Terbiasa
bersikap ramah
|
Berbahasa sopan
dan bermuka manis
|
|
Menyapa teman
dan orang lain
|
|
|
Menunjukkan
sikap kerjasama danpersatuan
|
Senang bermain
dengan teman (tidak bermain sendiri)
|
|
Dapat
melaksanakan tugas kelompok
|
|
|
Dapat memuji
teman/orang lain
|
|
|
Dapat
menunjukkan rasa percaya diri
|
Berani bertanya
secara sederhana
|
|
Mau mengemukakan
pendapat secara sederhana
|
|
|
Mampu mengambil
keputusan secara sederhana
|
|
|
Terbiasa
menunjukkan kepedulian
|
Senang menolong
|
|
Mau memohon dan
memberi maaf
|
|
|
Mengajak teman
untuk bermain/belajar
|
|
|
Terbiasa menjaga
kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri
|
Membersihkan
diri sendiri tanpa bantuan. Missal: menggosok gigi, mandi, buang air
|
|
Memelihara milik
sendiri
|
|
|
Terbiasa menjaga
lingkungan
|
Memelihara
lingkungan. Misalnya: tidak mencoret-coret tembok, membuang sampah pada
tempatnya, dll
|
|
Menghemat
pemakaian air dan listrik
|
|
|
Dapat
bertanggung jawab
|
Melaksanakan
kegiatan sendiri sampai selesai
|
|
Membersihkan
peralatan makan setelah digunakan
|
|
- Kemampuan Dasar
Kemampuan Bahasa
HASIL BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh materi
|
Dapat
mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya
dengan lafal yang benar
|
Membedakan dan
menirukan kembali bunyi/suara tertentu
|
|
Menirukan
kembali 4-5 urutan kata
|
|
|
Membedakan
kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (missal: kaki-kali) dan
suku kata akhir yang sama. (missal: nama-sama) dll
|
|
|
Dapat
mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta
mengkomunikasikannya
|
Melakukan 3-5
perintah secara berurutan dengan benar
|
|
Mendengarkan dan
menceritakan kembali cerita secara urut
|
|
|
Dapat
berkomunikasi/ berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar
|
Menyebutkan nama
diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap
|
|
Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut
|
|
|
Memiliki
perbendaharaan kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
|
Bercerita
menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka
|
|
Menunjuk dan
menyebutkan gerakan-gerakan, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, dll
|
|
|
Menunjuk dan
memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/ keterangan tempat.
Misal: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri,
di kanan dsb
|
|
|
Membuat gambar
dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah
berbentuk huruf/kata
|
|
|
Mengelompokkan
kata-kata yang sejenis
|
|
|
Bercerita
tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan
bahasa yang jelas
|
|
|
Mengurutkan dan
menceritakan isi gambar seri (4-6 gambar)
|
|
|
Memahami bahwa
ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)
|
Membaca buku
cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku
dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalnya
|
|
Menghubungkan
dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya
|
|
C.
Kognitif
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Anak dapat
memehami benda di sekitarnya menurut bentuk, jenis dan ukuran
|
Mengelompokkan
benda dengan berbagai cara menurut cirri-ciri tertentu. Missal: menurut
warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
|
|
Menunjuk dan
mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna,
bentuk, ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu
|
|
|
Mengenal
perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat,
banyak-sedikit, tebal-tipis
|
|
|
Membedakan
macam-macam suara
|
|
|
Memasangkan
benda sesuai dengan pasangannya, jenisnya, persamaannya, dll
|
|
|
Menyebutkan dan
menceritakan perbedaan dua buah benda
|
|
|
Menunjukkan
kejanggalan suatu gambar
|
|
|
Menyusun benda
dari besar-kecil atau sebaliknya
|
|
|
Anak dapat
memahami konsep-konsep sains sederhana
|
Mencoba dan
menceritakan tentang apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses
pertumbuhan tanaman, balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukan ke
dalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda dijatuhkan
(gravitasi), benda-benda didekatkan dengan magnit, mengamati benda dengan
kaca pembesar, macam-macam rasa, mencium macam-macam bau, mendengar
macam-macam bunyi
|
|
Mengungkapkan
sebab akibat, misalnya: mengapa sakit gigi? Mengapa kita lapar? Dll
|
|
|
Mengungkapkan
asal mula/terjadinya sesuatu
|
|
|
Anak dapat
memahami bilangan
|
Membilang/menyebut
urutan bilangan dari 1 sampai 20
|
|
Membilang
(mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10
|
|
|
Membuat urutan
bilangan 1 – 10 dengan benda-benda
|
|
|
Menghubungkan/memasangkan
lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis)
|
|
|
Membedakan dan
membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak
dan lebih sedikit
|
|
|
Anak dapat
memahami bentuk geometri
|
Membuat
bentuk-bentuk geometri
|
|
Mengelompokkan
benda-benda tiga dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometi
(lingkaran, segitiga, segiempat)
|
|
|
Memasangkan
bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama
(lingkaran-bola, segiempat-balok).
|
|
|
Menyusun
kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)
|
|
|
Mengerjakan
“maze” (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
|
|
|
Anak dapat
memahami ukuran
|
Mengukur panjang
dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran dll
|
|
Membedakan berat
benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
|
|
|
Mengisi dan
menyebutkan isi wadah (1 gelas, 1 botol, dll) dengan air, pasir, biji-bijian,
beras, dll
|
|
|
Anak dapat
memahami konsep waktu
|
Menyatakan waktu
yang dikaitkan dengan jam
|
|
Mengetahui
jumlah hari dalam satu minggu, satu bulan, dan mengetahui jumlah bulan dalam
satu tahun
|
|
|
Menceritakan
kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya. Misalnya: waktu tidur, waktu
makan, waktu sekolah, dll
|
|
|
Menggunakan
konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, kemarin, besok, dll)
|
|
|
Anak dapat
memahami konsep-konsep metematika sederhana
|
Menyebutkan
hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10
|
|
Memperkirakan
ururtan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan.
Missal: merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah,….,…….
|
|
|
Meniru pola
dengan menggunakan berbagai benda
|
|
D.
Fisik dan Motorik
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Dapat
menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
|
Mengurus dirinya
sendiri tanpa bantuan. Missal makan, mandi, menyisir rambut, memasang
kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu
|
|
Membuat berbagai
bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/ tanah liat,pasir
|
|
|
Meniru membuat
garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
|
|
|
Meniru melipat
kertas sederhana (7 lipatan)
|
|
|
Menjahit
bervariasi (jelujur dan silang) 15 lubang dengan tali raffia, benang wol
|
|
|
Menggunting
dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, gelombang,
zig zag, lingkaran, segiempat,segitiga)
|
|
|
Mencocok bentuk
|
|
|
Menyusun menara
kubus minimal 12 kubus
|
|
|
Membuat
lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi
|
|
|
Memegang pensil
dengan benar (antar ibu jari dan 2 jari)
|
|
|
Dapat
menggerakkan lengannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
|
Memantulkan bola
besar, bola sedang dan bola kecil (diam di tempat)
|
|
Melambungkan dan
menangkap kantong biji sambil berjalan/bergerak
|
|
|
Memantulkan bola
besar, bola sedang dan bola kecil sambil berjalan/bergerak
|
|
|
Menangkap,
melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (tennis) dengan memutar
badan, mengayunkan lengan dan melangkah
|
|
|
Dapat
menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, koordinasi
dan melatih keberanian
|
Berjalan maju
pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit,
berjalan dengan tumit sambil membawa beban
|
|
Berjalan mundur,
berjalan kesamping pada garis lurus sejauh 2-
|
|
|
Meloncat dari
ketinggian 30-
|
|
|
Memanjat,
bergantung dan berayun
|
|
|
Berdiri dengan
tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
|
|
|
Berlari sambil
melompat dengan seimbang tanpa jatuh
|
|
|
Menendang bola
ke depan dank e belakang
|
|
|
Merayap dan
merangkak dengan berbagai variasi
|
|
|
Bermain dengan
simpai (digelindingkan sambil berjalan dan berlari)
|
|
|
Senam fantasi
bentuk meniru, misalnya: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan
tanaman yang terkena angina (sepoi-sepoi dan angina kencang dan kencang
sekali) dengan lincah
|
|
|
naik
otopet,sepeda roda dua
|
|
E.
Seni
HASIL
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Contoh
materi
|
Dapat menggambar
sederhana
|
Menggambar bebas
dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan
bahan-bahan alam) dengan rapi
|
|
Menggambar bebas
dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat
|
|
|
Menggambar orang
dengan lengkap dan proporsional
|
|
|
Mencetak dengan
berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam)
dengan lebih rapi
|
|
|
Dapat mewarnai
sederhana
|
Mewarnai bentuk
gambar sederhana dengan rapi
|
|
Mewarnai benda
tiga dimensi dengan berbagai media
|
|
|
Dapat
menciptakan sesuatu dengan berbagai media
|
Meronce dengan
manik-manik sesuai pola (2 pola)
|
|
Meronce dengan
berbagai media. Missal: bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll
|
|
|
Menciptakan 3
bentuk bangunan dari balok
|
|
|
Menciptakan
bentuk dengan lidi
|
|
|
Menganyam dengan
berbagai media, missal kain perca, daun, sedotan, kertas, dll
|
|
|
Membatik dan
jumputan
|
|
|
Membuat gambar
dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa,
biji-bijian, kain perca, batu-batuan dll)
|
|
|
Membuat gambar
dengan teknik mozaik, dengan memakai berbagai bentuk/bahan
(segiempat,segitiga, lingkaran, dll)
|
|
|
Membuat mainan
dengan teknik menggunting, melipat dan menempel
|
|
|
Mencocok dengan
pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri
|
|
|
Permainan warna
dengan berbagai media. Misalnya: krayon, cat air, dll
|
|
|
Melukis dengan
jari(finger painting)
|
|
|
Melukis dengan
berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan,dll)
|
|
|
Membuat berbagai
bunyi dengan berbagai alat membentuk irama
|
|
|
Membuat berbagai
bentuk dari kertas, daun-daunan, dll
|
|
|
Mencipta alat
perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
|
|
|
Bertepuk tangan
dengan 3 pola
|
|
|
Bertepuk tangan
membentuk irama
|
|
|
Dapat
mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
|
Mengekspresikan
berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik
dengan lentur
|
|
Bergerak bebas
dengan irama musik
|
|
|
Menari menurut
musik yang didengar
|
|
|
Mengekspresikan
diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah
|
|
|
Dapat menyanyi dan
memainkan alat musik sederhana
|
Menyanyi lebih
dari 20 lagu anak-anak
|
|
Menyanyi lagu
anak sambil bermain musik
|
|
|
Dapat
menampilkan sajak sederhana dengan
|
Mengucapkan
sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misalnya: perubahan intonasi, perubahan
gerak dan penghayatan
|
|
Membuat sajak
sederhana
|
|
|
Dapat
mengekspresikan gerakan berdasarkan cerita dan lagu
|
Mengekspresikan
gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita
|
|
Mengucapkan
syair lagu sambil diiringi senandung lagunya
|
|
|
Dapat melakukan
gerakan pantomim
|
Mengkomunikasikan
gagasan melalui gerak tubuh
|
|
Menceritakan
gerak pantomime ke dalam bahasa lisan.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.