Rabu, 10 Oktober 2012

ANALISA Nomor Kemampuan Dasar GBPKB TK


Form ini memudahkan kita untuk menyiapkan materi KBM sesuai tema per minggu dari GBPKB TK 2004
STANDAR KOMPETENSI TK DAN RA
KELOMPOK A

A.  PEMBENTUKAN PERILAKU MELALUI PEMBIASAAN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA , SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

HASIL BELAJAR
INDIKATOR

CONTOH MATERI

Dapat berdoa dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan secara sederhana1
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan


Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana.


Dapat mengenal bermacam-macam agama
2
Menyebutkan tempat-tempat ibadah


Menyebutkan hari-hari besar agama



3 Mengenal ibadah secara sederhana menurut keyakinannya
Meniru pelaksanaan kegiatan ibadah secara sederhana


Menyebut waktu beribadah




3 Mengenal ibadah secara sederhana menurut keyakinannya
Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan. Misalnya: manusia, bumi, langit, tanaman, hewan

Memiliki sopan santun dan mengucapkan salam

5
Mengucapkan salam.



Selalu bersikap ramah



Berterima kasih jika memperoleh sesuatu



Meminta tolong dengan baik



Tidak mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan/melaksanakan ibadah



Mulai tumbuh disiplin diri6
Melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah



Mengikuti aturan permainan



Mulai dapat bersikap/berperilaku saling hormat menghormati7
Mau mengalah



Mendengarkan orang tua/teman berbicara

Bersikap ramah8
Berbahasa sopan dalam berbicara



Tidak lekas marah atau membentak-bentak



Tumbuhnya sikap kerja sama dan persatuan9
Mudah bergaul/berteman



Dapat/suka menolong teman



Saling membantu sesame teman



Mulai dapat menunjukkan rasa percaya diri 10
Mampu mengerjakan tugas sendiri



Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya



Mulai menunjukkan kepedulian 11
Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati



Mau membagi miliknya, misalnya: makanan, mainan, dll



Meminjamkan miliknya dengan senang hati.



Dapat menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri 12
Membersihkan diri sendiri dengan bantuan. Misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll

Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misalnya: berpakaian sendiri, makan sendiri, dll

Dapat menjaga lingkungan 13
Mengembalikan maianan pada tempatnya setelah digunakan.



Membuang sampah pada tempatnya.



Membantu membersihkan lingkungan



Mulai dapat menunjukkan emosi yang wajar dan mengendalikan tindakan dan perasaannya 14
Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis



Sabar menunggu giliran



Berhenti bermain pada waktunya



Dapat dibujuk





Tidak cengeng



Berlatih untuk selalu tertib dan patuh pada peraturan 15
Mau menerima tugas



Mengerjakan tugas sampai selesai



Mulai dapat menjaga keamanan diri sendiri  16
Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya



Mengenal dan menghindari obat-obatan yang berbahaya



Mulai dapat bertanggung jawab  17
Melaksanakan tugas yang diberikan guru



Mengetahui barang milik sendiri dan milik orang lain







B.  Kemampuan Dasar

Kemampuan Berbahasa

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
CONTOH MATERI
Dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya1
Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu



Menirukan kembali 3-4 urutan kata



Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misal: kaki-kali atau suku kata akhir yang sama. Missal: nama-sama, dll

Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana 2
Melakukan 2-3 perintah secara sederhana



Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara sederhana



Dapat berkomunikasi/ berbicara secara lisan3
Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana

Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana



Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana



Memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari meliputi kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan waktu4
Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya



Menunjukkan gerakan-gerakan, misalnya: duduk, jongkok, berlari, makan, melompat, menangis, senang, sedih, dll





 Menyebutkan posisi/ keterangan tempat Misal : di luar di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri, di kanan dsb

Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)



Dapat mengenal bentuk-bentuk symbol sederhana(pra menulis)5
Membuat berbagai macam coretan



Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya.

Dapat menceritakan gambar (pra membaca)6
Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri



Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)



Menghubungkan gambar/benda dengan kata



Mengenal bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)7
Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana



Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan



Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya




C. Kognitif


HASIL BELAJAR
INDIKATOR
CONTOH MATERI
Anak dapat mengenali benda di sekitarnya menurut bentuk, jenis dan ukuran1
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll

Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, atau ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu

Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama

Mencari lokasi tempat asal suara




Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya



Anak dapat mengenal konsep-konsep sains sederhana2
Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan), balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, baud an suara

Anak dapat mengenal bilangan3
Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 10



Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 5

Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 5



Menghubungkan/memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 5 (anak tidak disuruh menulis)

Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit

Menyebutkan kembali benda-benda yang baru dilihatnya



Anak dapat mengenal bentuk geometri4

Menyebut dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri

Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat)



Menyebutkan dan menunjuk benda-benda yang berbentuk geometri



Anak dapat memecahkan masalah sederhana5
Mengerjakan “maze” (mencari jejak) yang sederhana



Menyusul kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (4-6 keping)



Anak dapat mengenal ukuran6
Mengukur panjang dengan langkah dan jengkal.



Menimbang benda dengan timbangan buatan



Mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras dll.




Anak dapat mengenal konsep waktu7
Menyatakan dan membedakan waktu (pagi, siang, malam)



Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu, bulan, dan tahun



Anak dapat mengenal konsep-konsep matematika sederhana8
Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda) dan pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 5

Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misal merah, putih, merah, putih, merah,……..



D.  Fisik dan Motorik

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
CONTOH MATERI
Dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Missal makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu

Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/ tanah liat

Menjiplak dan meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran



Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)



Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali sepatu



Menggunting bebas



Merobek bebas



Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus



Membuat lingkaran dan segiempat



Memegang pensil (belum sempurna)



Dapat menggerakkan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi
Menangkap dan melempar bola besar dari jarak kira-kira 1 – 2 meter



Memantulkan bola besar (diam di tempat)



Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak



Melambungkan dan menangkap kantong biji



Dapat menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan dan koordinasi
Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan berjinjit



Berjalan mundur dan kesamping pada garis lurus sejauh 1 – 2 meter



Meloncat dari ketinggian 20-30 cm



Memanjat dan bergantung



Berdiri diatas satu kaki selama 10 detik



Berlari sambil melompat



Menendang bola dengan terarah



Merayap dan merangkak lurus ke depan



Bermain dengan simpai (bebas, melompat dalam simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai, dll.

Menirukan berbagai gerakan binatang/hewan



Menirukan gerakan tanaman yang terkena angina (sepoi-sepoi dan angina kencang)



Naik sepeda roda dua (belum seimbang)




  1. Seni

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
CONTOH MATERI
Dapat menggambar sederhana
Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll)

Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat



Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proporsional)



Stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang, batang papaya, karet busa dll)

Dapat mewarnai sederhana
Mewarnai bentuk gambar sederhana
Mewarnai bentuk gambar sederhana
Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar

Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar



Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Meronce dengan manik-manik



Mencipta 2 bentuk bangunan dari balok
  1.  
Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometri



Mencipta bentuk dengan lidi




Menganyam dengan kertas




Membatik dengan jumputan



Mencocok dengan pola buatan guru



Permainan warna dengan berbagai media. Misalnya: krayon, cat air, dll



Melukis dengan jari (finger painting)



Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat



Menciptakan alat perkusi sederhana



Bertepuk tangan dengan 2 pola



Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
Menggerakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik


Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama musik



Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai irama musik



Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi



Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana
Menyanyi 15 lagu anak-anak

Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana



Dapat menampilkan sajak sederhana
Mengucapkan sajak dengan ekspresi
  1.  
Mengucapkan syair dari berbagai lagu



Dapat melakukan gerakan pantomime sederhana
Melakukan gerak pantomime secara sederhana

                                                                         































STANDAR KOMPETENSI TK DAN RA
KELOMPOK B

A.  PEMBENTUKKAN PERILAKU MELALUI PEMBIASAAN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA , SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat berdoa, bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan dengan lebih tertib

Menyanyi lagu-lagu keagamaan



Bersyair yang bernafaskan agama



Menyebutkan macam-macam agama yang dikenal



Terlibat dalam upacara keagamaan



Terbiasa melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya
Melaksanakan kegiatan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya

Mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan
Membedakan ciptaan-ciptaan Tuhan



Berbuat baik terhadap semua maakhluk Tuhan, missal: tidak mengganggu orang yang sedang melakukan kegiatan, tidak menyakiti binatang, menyiram tanaman

Mempunyai sahabat



Terbiasa berperilaku sopan santun
Selalu memberi dan membalas salam



Berbicara dengan suara yang ramah dan teratur (tidak berteriak)



Selalu mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu



Membedakan perbuatan yang benar dan salah
Menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan



Menunjukkan perbuatan-perbuatan yang benar dan salah



Terbiasa untuk disiplin
Ke sekolah tepat waktu



Mentaati peraturan yang ada



Terbiasa bersikap/berperilaku saling hormat menghormati
Menghormati orang tua dan orang yang lebih tua



Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara



Terbiasa bersikap ramah
Berbahasa sopan dan bermuka manis



Menyapa teman dan orang lain



Menunjukkan sikap kerjasama danpersatuan
Senang bermain dengan teman (tidak bermain sendiri)



Dapat melaksanakan tugas kelompok



Dapat memuji teman/orang lain



Dapat menunjukkan rasa percaya diri
Berani bertanya secara sederhana



Mau mengemukakan pendapat secara sederhana



Mampu mengambil keputusan secara sederhana



Terbiasa menunjukkan kepedulian
Senang menolong



Mau memohon dan memberi maaf



Mengajak teman untuk bermain/belajar



Terbiasa menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri
Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan. Missal: menggosok gigi, mandi, buang air



Memelihara milik sendiri



Terbiasa menjaga lingkungan
Memelihara lingkungan. Misalnya: tidak mencoret-coret tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll

Menghemat pemakaian air dan listrik



Dapat bertanggung jawab
Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai



Membersihkan peralatan makan setelah digunakan







  1. Kemampuan Dasar

Kemampuan Bahasa

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya dengan lafal yang benar
Membedakan dan menirukan kembali bunyi/suara tertentu

Menirukan kembali 4-5 urutan kata



Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (missal: kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama. (missal: nama-sama) dll

Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta mengkomunikasikannya
Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar



Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut



Dapat berkomunikasi/ berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar
Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap

Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut



Memiliki perbendaharaan kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka



Menunjuk dan menyebutkan gerakan-gerakan, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, dll

Menunjuk dan memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/ keterangan tempat. Misal: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri, di kanan dsb

Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata

Mengelompokkan kata-kata yang sejenis



Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas

Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4-6 gambar)



Memahami bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)
Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalnya

Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya



C. Kognitif


HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Anak dapat memehami benda di sekitarnya menurut bentuk, jenis dan ukuran
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut cirri-ciri tertentu. Missal: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.

Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk, ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu

Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, tebal-tipis

Membedakan macam-macam suara



Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenisnya, persamaannya, dll



Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda



Menunjukkan kejanggalan suatu gambar



Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya



Anak dapat memahami konsep-konsep sains sederhana
Mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman, balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda dijatuhkan (gravitasi), benda-benda didekatkan dengan magnit, mengamati benda dengan kaca pembesar, macam-macam rasa, mencium macam-macam bau, mendengar macam-macam bunyi

Mengungkapkan sebab akibat, misalnya: mengapa sakit gigi? Mengapa kita lapar? Dll

Mengungkapkan asal mula/terjadinya sesuatu



Anak dapat memahami bilangan
Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20



Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10



Membuat urutan bilangan 1 – 10 dengan benda-benda



Menghubungkan/memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis)





Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit

Anak dapat memahami bentuk geometri
Membuat bentuk-bentuk geometri



Mengelompokkan benda-benda tiga dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometi (lingkaran, segitiga, segiempat)

Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran-bola, segiempat-balok).

Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)



Mengerjakan “maze” (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)



Anak dapat memahami ukuran
Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran dll



Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)



Mengisi dan menyebutkan isi wadah (1 gelas, 1 botol, dll) dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll

Anak dapat memahami konsep waktu
Menyatakan waktu yang dikaitkan dengan jam



Mengetahui jumlah hari dalam satu minggu, satu bulan, dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun

Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya. Misalnya: waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah, dll

Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, kemarin, besok, dll)



Anak dapat memahami konsep-konsep metematika sederhana
Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10



Memperkirakan ururtan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan. Missal: merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah,….,…….

Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda








D. Fisik dan Motorik


HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan. Missal makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu

Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/ tanah liat,pasir

Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran



Meniru melipat kertas sederhana (7 lipatan)



Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) 15 lubang dengan tali raffia, benang wol



Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, gelombang, zig zag, lingkaran, segiempat,segitiga)

Mencocok bentuk



Menyusun menara kubus minimal 12 kubus



Membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi



Memegang pensil dengan benar (antar ibu jari dan 2 jari)



Dapat menggerakkan lengannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil (diam di tempat)



Melambungkan dan menangkap kantong biji sambil berjalan/bergerak



Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil sambil berjalan/bergerak



Menangkap, melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (tennis) dengan memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah

Dapat menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, koordinasi dan melatih keberanian
Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban

Berjalan mundur, berjalan kesamping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban

Meloncat dari ketinggian 30-50 cm





Memanjat, bergantung dan berayun



Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang



Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh



Menendang bola ke depan dank e belakang



Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi



Bermain dengan simpai (digelindingkan sambil berjalan dan berlari)



Senam fantasi bentuk meniru, misalnya: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman yang terkena angina (sepoi-sepoi dan angina kencang dan kencang sekali) dengan lincah

naik otopet,sepeda roda dua






E. Seni

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat menggambar sederhana
Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan-bahan alam) dengan rapi

Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat



Menggambar orang dengan lengkap dan proporsional



Mencetak dengan berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapi

Dapat mewarnai sederhana
Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi



Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbagai media



Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Meronce dengan manik-manik sesuai pola (2 pola)





Meronce dengan berbagai media. Missal: bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll

Menciptakan 3 bentuk bangunan dari balok



Menciptakan bentuk dengan lidi



Menganyam dengan berbagai media, missal kain perca, daun, sedotan, kertas, dll

Membatik dan jumputan



Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan dll)

Membuat gambar dengan teknik mozaik, dengan memakai berbagai bentuk/bahan (segiempat,segitiga, lingkaran, dll)

Membuat mainan dengan teknik menggunting, melipat dan menempel



Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri



Permainan warna dengan berbagai media. Misalnya: krayon, cat air, dll



Melukis dengan jari(finger painting)



Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan,dll)



Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat membentuk irama



Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun-daunan, dll



Mencipta alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama

Bertepuk tangan dengan 3 pola



Bertepuk tangan membentuk irama



Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur



Bergerak bebas dengan irama musik



Menari menurut musik yang didengar



Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah



Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana
Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak



Menyanyi lagu anak sambil bermain musik



Dapat menampilkan sajak sederhana dengan gaya
Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misalnya: perubahan intonasi, perubahan gerak dan penghayatan

Membuat sajak sederhana



Dapat mengekspresikan gerakan berdasarkan cerita dan lagu
Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita



Mengucapkan syair lagu sambil diiringi senandung lagunya



Dapat melakukan gerakan pantomim
Mengkomunikasikan gagasan melalui gerak tubuh



Menceritakan gerak pantomime ke dalam bahasa lisan.


  1.  





















STANDAR KOMPETENSI TK DAN RA
KELOMPOK B

A.  PEMBENTUKKAN PERILAKU MELALUI PEMBIASAAN
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA , SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat berdoa, bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan dengan lebih tertib

Menyanyi lagu-lagu keagamaan



Bersyair yang bernafaskan agama



Menyebutkan macam-macam agama yang dikenal



Terlibat dalam upacara keagamaan



Terbiasa melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya
Melaksanakan kegiatan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya

Mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan
Membedakan ciptaan-ciptaan Tuhan



Berbuat baik terhadap semua maakhluk Tuhan, missal: tidak mengganggu orang yang sedang melakukan kegiatan, tidak menyakiti binatang, menyiram tanaman

Mempunyai sahabat



Terbiasa berperilaku sopan santun
Selalu memberi dan membalas salam



Berbicara dengan suara yang ramah dan teratur (tidak berteriak)



Selalu mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu



Membedakan perbuatan yang benar dan salah
Menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan



Menunjukkan perbuatan-perbuatan yang benar dan salah



Terbiasa untuk disiplin
Ke sekolah tepat waktu



Mentaati peraturan yang ada



Terbiasa bersikap/berperilaku saling hormat menghormati
Menghormati orang tua dan orang yang lebih tua



Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara



Terbiasa bersikap ramah
Berbahasa sopan dan bermuka manis



Menyapa teman dan orang lain



Menunjukkan sikap kerjasama danpersatuan
Senang bermain dengan teman (tidak bermain sendiri)



Dapat melaksanakan tugas kelompok



Dapat memuji teman/orang lain



Dapat menunjukkan rasa percaya diri
Berani bertanya secara sederhana



Mau mengemukakan pendapat secara sederhana



Mampu mengambil keputusan secara sederhana



Terbiasa menunjukkan kepedulian
Senang menolong



Mau memohon dan memberi maaf



Mengajak teman untuk bermain/belajar



Terbiasa menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri
Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan. Missal: menggosok gigi, mandi, buang air



Memelihara milik sendiri



Terbiasa menjaga lingkungan
Memelihara lingkungan. Misalnya: tidak mencoret-coret tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll

Menghemat pemakaian air dan listrik



Dapat bertanggung jawab
Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai



Membersihkan peralatan makan setelah digunakan







  1. Kemampuan Dasar

Kemampuan Bahasa

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa dan mengucapkannya dengan lafal yang benar
Membedakan dan menirukan kembali bunyi/suara tertentu

Menirukan kembali 4-5 urutan kata



Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (missal: kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama. (missal: nama-sama) dll

Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta mengkomunikasikannya
Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar



Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut



Dapat berkomunikasi/ berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar
Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap

Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan urut



Memiliki perbendaharaan kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka



Menunjuk dan menyebutkan gerakan-gerakan, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, dll

Menunjuk dan memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/ keterangan tempat. Misal: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri, di kanan dsb

Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata

Mengelompokkan kata-kata yang sejenis



Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas

Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4-6 gambar)



Memahami bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)
Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalnya

Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya



C. Kognitif


HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Anak dapat memehami benda di sekitarnya menurut bentuk, jenis dan ukuran
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut cirri-ciri tertentu. Missal: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.

Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk, ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu

Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, tebal-tipis

Membedakan macam-macam suara



Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenisnya, persamaannya, dll



Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda



Menunjukkan kejanggalan suatu gambar



Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya



Anak dapat memahami konsep-konsep sains sederhana
Mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman, balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda dijatuhkan (gravitasi), benda-benda didekatkan dengan magnit, mengamati benda dengan kaca pembesar, macam-macam rasa, mencium macam-macam bau, mendengar macam-macam bunyi

Mengungkapkan sebab akibat, misalnya: mengapa sakit gigi? Mengapa kita lapar? Dll

Mengungkapkan asal mula/terjadinya sesuatu



Anak dapat memahami bilangan
Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20



Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10



Membuat urutan bilangan 1 – 10 dengan benda-benda



Menghubungkan/memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis)





Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit

Anak dapat memahami bentuk geometri
Membuat bentuk-bentuk geometri



Mengelompokkan benda-benda tiga dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometi (lingkaran, segitiga, segiempat)

Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran-bola, segiempat-balok).

Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan)



Mengerjakan “maze” (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)



Anak dapat memahami ukuran
Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran dll



Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)



Mengisi dan menyebutkan isi wadah (1 gelas, 1 botol, dll) dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll

Anak dapat memahami konsep waktu
Menyatakan waktu yang dikaitkan dengan jam



Mengetahui jumlah hari dalam satu minggu, satu bulan, dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun

Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya. Misalnya: waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah, dll

Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, kemarin, besok, dll)



Anak dapat memahami konsep-konsep metematika sederhana
Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10



Memperkirakan ururtan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan. Missal: merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah,….,…….

Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda








D. Fisik dan Motorik


HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan. Missal makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu

Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/ tanah liat,pasir

Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran



Meniru melipat kertas sederhana (7 lipatan)



Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) 15 lubang dengan tali raffia, benang wol



Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, gelombang, zig zag, lingkaran, segiempat,segitiga)

Mencocok bentuk



Menyusun menara kubus minimal 12 kubus



Membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi



Memegang pensil dengan benar (antar ibu jari dan 2 jari)



Dapat menggerakkan lengannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi
Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil (diam di tempat)



Melambungkan dan menangkap kantong biji sambil berjalan/bergerak



Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil sambil berjalan/bergerak



Menangkap, melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (tennis) dengan memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah

Dapat menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, koordinasi dan melatih keberanian
Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban

Berjalan mundur, berjalan kesamping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban

Meloncat dari ketinggian 30-50 cm





Memanjat, bergantung dan berayun



Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang



Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh



Menendang bola ke depan dank e belakang



Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi



Bermain dengan simpai (digelindingkan sambil berjalan dan berlari)



Senam fantasi bentuk meniru, misalnya: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman yang terkena angina (sepoi-sepoi dan angina kencang dan kencang sekali) dengan lincah

naik otopet,sepeda roda dua






E. Seni

HASIL BELAJAR
INDIKATOR
Contoh materi
Dapat menggambar sederhana
Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan-bahan alam) dengan rapi

Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat



Menggambar orang dengan lengkap dan proporsional



Mencetak dengan berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapi

Dapat mewarnai sederhana
Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi



Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbagai media



Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Meronce dengan manik-manik sesuai pola (2 pola)





Meronce dengan berbagai media. Missal: bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll

Menciptakan 3 bentuk bangunan dari balok



Menciptakan bentuk dengan lidi



Menganyam dengan berbagai media, missal kain perca, daun, sedotan, kertas, dll

Membatik dan jumputan



Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan dll)

Membuat gambar dengan teknik mozaik, dengan memakai berbagai bentuk/bahan (segiempat,segitiga, lingkaran, dll)

Membuat mainan dengan teknik menggunting, melipat dan menempel



Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri



Permainan warna dengan berbagai media. Misalnya: krayon, cat air, dll



Melukis dengan jari(finger painting)



Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan,dll)



Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat membentuk irama



Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun-daunan, dll



Mencipta alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama

Bertepuk tangan dengan 3 pola



Bertepuk tangan membentuk irama



Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur



Bergerak bebas dengan irama musik



Menari menurut musik yang didengar



Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi dengan lentur dan lincah



Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana
Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak



Menyanyi lagu anak sambil bermain musik



Dapat menampilkan sajak sederhana dengan gaya
Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misalnya: perubahan intonasi, perubahan gerak dan penghayatan

Membuat sajak sederhana



Dapat mengekspresikan gerakan berdasarkan cerita dan lagu
Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita



Mengucapkan syair lagu sambil diiringi senandung lagunya



Dapat melakukan gerakan pantomim
Mengkomunikasikan gagasan melalui gerak tubuh



Menceritakan gerak pantomime ke dalam bahasa lisan.


  1.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tks telah berkunjung,semoga bermanfaat.