RENCANA KEGIATAN HARIAN
|
KELOMPOK
|
:
|
B2
|
|
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
|
I/II
|
|
HARI/TANGGAL: Senin/
|
TEMA/SUB TEMA
|
:
|
Aku / Panca Indera
|
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
METODE
|
ALAT PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
||||||||||
PERKEMBANGAN
|
KARAKTER
|
||||||||||||||||
*
|
**
|
***
|
****
|
*
|
**
|
***
|
****
|
||||||||||
07.30-08.00
|
|
|
I
|
PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Disiplin
|
|
*Upacara Bendera
|
Bendera,tiang bendera
|
Penugasan
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Do’a dan Salam
|
Guru,murid
|
|
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
*Cerita pagi “bulu mataku lentik”
|
|
|
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
08.00-09.00
|
|
|
II
|
INTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Gemar membaca
|
Menyebutkan brbagai bunyi B.II.2.1.1
|
BAHASA : menyebutkan
macam panca indera
|
|
Tanya jawab
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Tanggung jaab
|
Membilang urutan dari 1-10 K.III.1.1.1
|
KOGNITIF : menghitung jumlah Indera
|
|
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Mandiri
|
Mencetak dg berbagai media FH 6.1.1.4
|
FISIK MOTORIK : mencetak dengan jari
|
Spidol,buku gbr
|
Penugasan
|
Hasil karya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Rasa ingin tahu
|
|
*Sains : mengamati mata teman dan
ibu guru
|
Guru,murid
|
Eksperimen
|
Pemngamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
09.00-09.15
|
|
|
III
|
ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Cuci tangan, berdo’a sebelum dan
sesudah makan
*Bermain
|
Sabun,air,lap
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
09.15-09.30
|
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Tanya jawab kegiatan hari ini dan Pesan Bu Guru
*Do’a dan salam
|
Guru,murid
|
Tanya jawab
|
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mengetahui
|
|
GURU KELAS
|
|||||||||||||||
Ka TK Tunas Asri
|
|
|
|||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||
Rahayu
Krustiningsih,S.Pd.,M.M Pd
Nip 196010071983122002
|
|
Harmin Pudji Prihani,S.Pd.I.,MM
|
|||||||||||||||
RENCANA KEGIATAN HARIAN
|
KELOMPOK
|
:
|
B2
|
|
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
|
I/II
|
|
HARI/TANGGAL: Selasa/
|
TEMA/SUB TEMA
|
:
|
Aku/ Panca Indera
|
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
METODE
|
ALAT PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
||||||||
PERKEMBANGAN
|
KARAKTER
|
||||||||||||||
*
|
**
|
***
|
****
|
*
|
**
|
***
|
****
|
||||||||
07.30-08.00
|
|
|
I
|
PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Do’a dan Salam
|
Guru,murid
|
Demontstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menghargai prestasi
|
|
*Cerita pagi
|
|
|
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
INTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
08.00-09.00
|
Tanggung jawab
|
Menyebutkan nama benda....... B.III.2.1.1
|
BAHASA : : menunjukkan panca indera sendiri/ teman
|
|
Penugasan
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membilang urutan dari 1-10 K.III.1.1.1
|
KOGNITIF : :
menghitung jumlah indera pada
gambar yang disediakan
|
Gbr panca indera
|
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menghargai prestasi
|
Menggambar orang dg lengkap proporsional FH.6.1.1.3
|
FISIK MOTORIK : Bernyanyi ‘ Mataku ada dua……’
Menggambar gambar
mata,hidung..
|
Buku gbr,krayon
|
penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rasa ingin tahu
|
|
EKSTRAKURIKULER :
* menari
* komputer
|
Radio,kaset,komputer
|
Demontrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.00-09.15
|
|
|
III
|
ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peduli lingkungan
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Cuci tangan, berdo’a sebelum dan
sesudah makan
*Bermain
|
Sabun,air,lap
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.15-09.30
|
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Tanya jawab kegiatan hari ini dan Pesan Bu Guru
*Do’a dan salam
|
Guru,murid
|
Tanya jawab
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
|
GURU KELAS
|
Ka TK Tunas Asri
|
|
|
|
|
|
Rahayu
Krustiningsih,S.Pd.,M.M Pd
Nip 196010071983122002
|
|
Harmin Pudji Prihani,S.Pd.I.,MM
|
RENCANA KEGIATAN HARIAN
|
KELOMPOK
|
:
|
B2
|
|
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
|
I/II
|
|
HARI/TANGGAL: Rabu/
|
TEMA/SUB TEMA
|
:
|
Aku/Panca Indera
|
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
METODE
|
ALAT PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
||||||||
PERKEMBANGAN
|
KARAKTER
|
||||||||||||||
*
|
**
|
***
|
****
|
*
|
**
|
***
|
****
|
||||||||
07.30-08.00
|
|
|
I
|
PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Do’a dan Salam
|
Guru,murid
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Cerita pagi
|
|
ceramah
|
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
INTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
08.00-09.00
|
Bersahabat
|
Menirukan 4-5 urutan katanB.I.1.1.2
|
BAHASA : memanggil nama
teman dan mengucap hallo
|
|
Latihan
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bersahabat
|
Membilang urutan dari 1-10 K.III.1.1.1
|
KOGNITIF : menghitung jari sendiri/teman
|
|
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mandiri
|
Mencetak dg berbagai media FH.6.1.1.4
|
FISIK MOTORIK : menjiplak telapak tangan kiri
|
Spidol,buku gbr
|
Penugasan
|
Hasil karya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KEAGAMAAN DAN BAHASA INGGRIS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.00-09.15
|
|
|
III
|
ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Toleransi
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Cuci tangan, berdo’a sebelum dan
sesudah makan
*Bermain
|
Sabun,air,lap
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.15-09.30
|
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Tanya jawab kegiatan hari ini dan Pesan Bu Guru
*Do’a dan salam
|
Guru,murid
|
Tanya jawab
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
|
GURU KELAS
|
Ka TK Tunas Asri
|
|
|
|
|
|
Rahayu Krustiningsih,S.Pd.,M.M
Pd
Nip 196010071983122002
|
|
Harmin Pudji Prihani,S.Pd.I.,MM
|
RENCANA KEGIATAN HARIAN
|
KELOMPOK
|
:
|
B2
|
|
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
|
I/II
|
|
HARI/TANGGAL:
KAMIS/
|
TEMA/SUB TEMA
|
:
|
AKU/PANCA INDERA
|
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
METODE
|
ALAT PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
||||||||
PERKEMBANGAN
|
KARAKTER
|
||||||||||||||
*
|
**
|
***
|
****
|
*
|
**
|
***
|
****
|
||||||||
07.30-08.00
|
|
|
I
|
PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Do’a dan Salam
|
Guru,murid
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Cerita pagi
|
|
Ceramah
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
INTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
08.00-09.00
|
Gemar membaca
|
Menirukan kembali 4-5 kataB.I.1.1.2
|
BAHASA : mengucap panca indera dengan
lantang
|
|
Latihan
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jujur
|
Mencoba dan mencertakan apa yang terjadi K.I.2.1.1
|
KOGNITIF : mencoba dan menceritakan mendengar dengan telinga ditutup
|
Kain penutup telinga
|
Eksperimen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mandiri
|
Membuat berbagai macam coretan FH.99.1.1.2
|
FISIK MOTORIK : membuat gambar/ garis bulu mata
|
Kertas,krayon, pensil
|
Penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.00-09.15
|
|
|
III
|
ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Cuci tangan, berdo’a sebelum dan
sesudah makan
*Bermain
|
Sabun,air,lap
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.15-09.30
|
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Tanya jawab kegiatan hari ini dan Pesan Bu Guru
*Do’a dan salam
|
Guru,murid
|
Tanya jawab
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
|
GURU KELAS
|
Ka TK Tunas Asri
|
|
|
|
|
|
Rahayu
Krustiningsih,S.Pd.,M.M Pd
Nip 196010071983122002
|
|
Harmin Pudji Prihani,S.Pd.I.,MM
|
RENCANA KEGIATAN HARIAN
|
KELOMPOK
|
:
|
B2
|
|
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
|
I/II
|
|
HARI/TANGGAL: JUMAT/
|
TEMA/SUB TEMA
|
:
|
AKU/PANCA INDERA
|
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
METODE
|
ALAT PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
||||||||
PERKEMBANGAN
|
KARAKTER
|
||||||||||||||
*
|
**
|
***
|
****
|
*
|
**
|
***
|
****
|
||||||||
07.30-08.00
|
|
|
I
|
PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Do’a dan Salam
|
Guru,murid
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Cerita pagi
|
|
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
INTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
08.00-09.00
|
Gemar membaca
|
Mengulang kalimat yang didengarnya B.I.2.1.2
|
BAHASA : Mengucapkan
syair Panca Indera
|
Guru,murid
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kerja keras
|
Membilang urutan dari 1-10 K.III.1.1.1
|
KOGNITIF : menghitung jumlah tepuk ibu guru
|
|
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
mandiri
|
Membuat mainan dg teknik 3M FH.8.2.4
|
FISIK MOTORIK : menggunting gbr mata
|
Gbrr,gunting,lem, buku
gbr
|
Penugasan
|
Hasil karya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Religius
|
|
KEGIATAN KEAGAMAAN : ISLAM DAN KRISTEN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.00-09.15
|
|
|
III
|
ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disipli
Peduli sosial
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Cuci tangan, berdo’a sebelum dan
sesudah makan
*Bermain
|
Sabun,air,lap
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.15-09.30
|
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Tanya jawab kegiatan hari ini dan Pesan Bu Guru
*Do’a dan salam
|
Guru,murid
|
Tanya jawab
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
|
GURU KELAS
|
Ka TK Tunas Asri
|
|
|
|
|
|
Rahayu
Krustiningsih,S.Pd.,M.M Pd
Nip 196010071983122002
|
|
Harmin Pudji Prihani,S.Pd.I.,MM
|
RENCANA KEGIATAN HARIAN
|
KELOMPOK
|
:
|
B2
|
|
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
|
I/II
|
|
HARI/TANGGAL:
SABTU/
|
TEMA/SUB TEMA
|
:
|
AKU/PANCA INDERA
|
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
METODE
|
ALAT PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
||||||||
PERKEMBANGAN
|
KARAKTER
|
||||||||||||||
*
|
**
|
***
|
****
|
*
|
**
|
***
|
****
|
||||||||
07.30-08.00
|
|
|
I
|
PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Do’a dan Salam
|
Guru,murid
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Cerita pagi semut
suka gula
|
|
Bercakap-cakap
|
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
INTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
08.00-09.00
|
Kerja keras
|
Mengulang kalimat yang didengarnya B.I.2.1.2
|
BAHASA : mengucap macam rasa
|
|
Latihan
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menunjuk kejanggalan pada suatu gambar K.I.6.1.3
|
KOGNITIF : mencoba macam rasa, menandai gambar yang
memiliki rasa manis
|
Kopi,gula,asam,teh
|
Eksperimen
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menghargai prestasi
|
Meronce dua pola dg berbagai media FH 7.1.5
|
FISIK MOTORIK : meronce dengan
sedotan (5 buah) disela huruf m-a-t-a
|
Bentuk gerometri
bertulis m a t a
|
Penugasan
|
Hasil karya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.00-09.15
|
|
|
III
|
ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Cuci tangan, berdo’a sebelum dan
sesudah makan
*Bermain
|
Sabun,air,lap
|
Demonstrasi
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09.15-09.30
|
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
Berdoa sblm &ssdh melaks.keg sesuai keyakinan NAM
2.1.1
|
*Tanya jawab kegiatan hari ini dan Pesan Bu Guru
*Do’a dan salam
|
Guru,murid
|
Tanya jawab
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
|
GURU KELAS
|
Ka TK Tunas Asri
|
|
|
|
.
|
|
Rahayu
Krustiningsih,S.Pd.,M.M Pd
Nip 196010071983122002
|
|
Harmin Pudji Prihani,S.Pd.I.,MM
|
Lanjutkan ke minggu berikutnya masih dengan tema Panca Indera, silakan...... tks kunjungannya
Contoh RKH-x tlg kirim k alamat email sy ya?
BalasHapusAq jg bth RKM & Matrikx. Bisa ya? Serta contoh penilaian berkarakter yang d masukkan berupa rangkuman penilaian n agenda harian anak didik. Thanks sebelumx ya?
BalasHapusthanks bgt. artikelnya keren. aku terbantu
BalasHapusTerimaksih banget... Boleh gk minta artikelnya ni kirim lwt email saya...
BalasHapusMantap.bu..sy baru mendirikan TK.bisa tlg bantuannya contoh rkh.rkm.dan rendah.tahunan.makasih bu.ini email-nya hartatisusi 221@yahoo.co.id
BalasHapusAlhamdulillaah . saya terbantu Bu . dengan RKH ini
BalasHapusTrims ibu-ibu semuanya
Alhmdlh... Thanks bu...
BalasHapusboleh minta artikelnya ngga bu, kirim email
BalasHapus